Kawaii Beauty Japan

Health

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Mengonsumsi Obat-obatan

Masih berpikir bahwa penyakit asam urat hanya untuk orang lanjut usia? Kenyataannya, sekarang ini di usia 30-an sudah banyak yang mengalami gejalanya lho, ladies!

Inka Rahmawati

Penyakit asam urat disebabkan oleh menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal. Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman yang mengandung alkohol.

Ciri yang paling mudah dikenali saat asam urat adalah sendi yang terasa nyeri dan meradang. Penyakit asam urat biasanya menyerang sendi kaki dan rasa sakitnya hanya disatu bagian pada awalnya.

Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat, Apakah bisa?

Tujuan pengobatan asam urat sebenarnya adalah mengurangi kadar purin sampai ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah wajar. Ketika baru merasakan gejala asam urat ringan, ada baiknya mencoba mengatasinya sendiri dengan merubah gaya hidup yang lebih sehat.

Gaya Hidup Sehat yang Seperti Apa?

Intinya adalah melakukan gaya hidup sehat yang bertujuan agar kadar purin di dalam tubuh berada pada batas wajar dan tetap stabil, sehingga purin dapat dikeluarkan oleh ginjal.

Kurangi Makanan Mengandung Purin

Cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan

Pertama, kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin yang berupa protein hewani seperti udang, kuning telur, daging, kepiting, otak dan jeroan. Dan sebagai penggantinya kamu bisa memilih protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.

Konsumsi Makanan dengan Vitamin, Mineral dan Serat Tinggi

Cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan

Cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan yang kedua adalah dengan perbanyak makanan yang mengandung vitamin, mineral dan serat. Sayuran dan buah segar sangat baik untuk penderita asam urat. Yuk, konsumsi buah dan sayur lebih rutin lagi, ladies!

Minum Air Putih

Rutin minum air putih adalah salah satu cara mengatasi asam urat

Ketiga, perbanyak air putih. Minimal adalah 2 liter per hari. Selain membantu melancarkan aktivitas ginjal dan kandung kemih dalam membuang purin, cara ini juga sangat baik untuk detoks tubuh.

Olahraga Secara Teratur

Olahragalah secara teratur untuk atasi asam urat

Cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan yang terakhir berolahraga dengan teratur. Jika asam urat yang diderita telah parah, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat, cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Selain melakukan gaya hidup sehat, kamu juga bisa mencoba beberapa minuman segar yang bisa menjadi obat asam urat. Minuman ini mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh lho ladies! Beberapa bahan yang mampu mengobati penyakit asam urat adalah jahe, ceri dan pisang.

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Minuman Alami

Ini dia ladies, kreasi minuman segar yang bisa menjadi alternatif cara mengatasi asam urat tanpa obat-obatan. Check this out!

Es Teh Jahe dan Buah-buahan

Bahan-bahan :

  • Teh jahe organik
  • Air
  • 1-2 sdm lemon segar atau air jeruk nipis
  • 1/4 cangkir jus jeruk organik

Cara membuat: Seduh teh jahe organik dengan air panas atau hangat, kemudian dinginkan. Tambahkan lemon atau air jeruk nipis dan jus jeruk organik. Kamu juga bisa menambahkan es sesuai selera untuk menambah kesegarannya!

Jus Ceri Segar

Bahan-bahan :

  • 1 mangkok jus ceri
  • 1/2 mangkuk susu kedelai atau 4-6 ons yogurt

Cara membuat: Blender jus ceri bersama susu atau yogurt. Tambahkan es batu ke dalam blender sesuai selera. Tunggu hingga halus dan jus telah siap dinikmati.

The Very-Berry-Banana Smoothie

Bahan-bahan :

  • 2 buah pisang berukuran sedang-besar
  • 2 cangkir berry beku (stroberi, blackberi blueberi atau raspberi)
  • 1-2 cangkir kale
  • 2-3 sendok makan biji labu mentah
  • 1/2 sampai 1 cangkir air

Cara membuat: Campurkan semua bahan ke dalam blender sampai halus. Mudah kan ladies!

Yuk ladies, segera dicoba kreasi minumannya! Sehat itu mudah lho, ladies! Jalankan gaya hidup sehat dengan konsisten dan kamu akan rasakan hasil yang luar biasa.

Tagged in:
Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait