Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

2016 Masih Galau Jodoh? Mungkin Sebenarnya Sudah Ada di Sekitarmu!

Yuk, jadi pribadi yang lebih baik dan bertemanlah dengan banyak orang. Siapa tahu salah satunya adalah Mr. Right-mu!

Melisa

Galau karena sahabat sudah mulai menikah satu per satu? Galau karena kamu masih saja belum dipertemukan dengan jodohmu?

Ah, sudah bukan zamannya lagi lho, ladies. Kamu tak perlu terlalu larut dalam keresahan karena belum punya pasangan. Faktanya, banyak hal yang bisa terjadi di kemudian hari tanpa kamu sadari. Hal yang paling penting adalah menjalin hubungan baik dengan semua orang yang kamu kenal. Sebab menurut teori six degrees of separation, semua orang di dunia ini terhubung satu sama lain dengan jarak hanya 6 orang saja lho.

Apa Itu Six Degrees of Separation?

Six degrees of separation adalah sebuah teori unik yang pertama kali dicetuskan oleh seorang penulis berkebangsaan Hungaria bernama Frigyes Karinthy. Pada tahun 1929, Frigyes menulis sebuah cerita singkat berjudul “Chains” yang mengungkapkan kalau dunia ternyata sempit dan mungkin kita berhubungan dengan orang lain yang tidak kita kenal melalui perantaraan orang-orang di sekitar kita.

Pada tahun 1967, penelitian tentang six degrees of separation juga dilakukan oleh seorang ilmuwan bernama Stanley Milgram yang menyebut eksperimennya dengan nama “small world problem”. Kala itu Stanley memilih orang-orang secara acak dari bagian Timur Tengah untuk mengirimkan paket ke Massachusetts. Identitas berupa nama penerima, pekerjaan, dan lokasi sudah diberikan bersamaan dengan paket.

Selanjutnya, tugas orang-orang dari Timur Tengah tersebut adalah memikirkan kenalannya yang berada di Massachusetts atau daerah sekitarnya di Amerika Serikat. Mereka pun harus mengirimkan paket tersebut ke orang yang mereka kenal. Begitu seterusnya hal tersebut dilakukan hingga paket benar-benar sampai ke orang yang dituju. Unik sekali, ya.

Lantas Apa Hubungannya dengan Jodoh?

Percaya atau tidak, berdasarkan teori six degrees of separation, berarti kamu terhubung dengan semua orang di dunia ini dengan jarak tak lebih dari 6 orang. Misalnya, kamu secara tak langsung terhubung dengan presiden RI saat ini karena ada temanmu yang punya kenalan di instansi pemerintahan. Atau kamu secara tak langsung terhubung dengan artis Holywood karena ada saudaramu yang temannya berprofesi sebagai make up artist di Hollywood. Jumlah rantai relasi tersebut bisa berjumlah 6 orang atau bahkan kurang dari itu.

Jadi, bukan hal yang mustahil kalau jodohmu saat ini sebenarnya berada di sekitarmu. Mungkin kamu belum mengenalnya, tetapi teman atau kerabatmu adalah orang yang bisa menjadi perantara pertemuanmu dengan sang pujaan hatimu. Tak sedikit kisah mengenai perkenalan dan jodoh yang tidak disangka-sangka. Mungkin kamu tidak menyangka bahwa kelak jodohmu adalah kenalan sepupumu, temannya temanmu, saudara jauh tetanggamu atau siapa pun yang masih memiliki hubungan dengan orang-orang yang kamu kenal.

Menarik sekali ya pembahasan tentang six degrees of separation, ladies. Mulai saat ini hal yang patut kamu lakukan adalah menjalin hubungan baik dengan semua orang tanpa terkecuali. Percayalah bahwa tidak ada kebaikan yang sia-sia. Selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha. Termasuk berusaha menemukan jodoh dengan cara yang tepat. 

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy