Foto Inilah Uniknya Merayakan Valentine di Berbagai Negara!

Inilah Uniknya Merayakan Valentine di Berbagai Negara!

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Happy Valentine’s Day, Ladies! Apa rencanamu untuk merayakan valentin tahun ini? Yuk, simak lebih lengkap tentang perayaan valentin di berbagai negara yang satu ini!

Siapa yang tidak tahu hari Valentine? Umumnya, seseorang akan memberikan sebuah kejuatan romantis atau simbol kasih sayangnya berupa bunga, coklat atau kartu ucapan kepada pasangannya.

Sebenarnya terdapat berbagai versi mengenai asal mula hari Valentine. Salah satu kisah yang terkenal adalah mengenai seorang pendeta, St. Valentine yang menolak keputusan kaisar mengenai larangan pernikahan. Kemudian ia dijatuhi hukuman mati. Sebelum hari penghukuman, yaitu 14 Februari, St. Valentine menulis sebuah pesan untuk gadis putri sipir. Ia menuliskan, "Dengan Cinta dari Valentinemu." Karena perjuangannya dan isi pesannya yang mengharukan, hingga kini 14 Februari dijadikan sebagai hari Valentine.

Ternyata, di setiap negara, hari Valentine dirayakan dengan cara yang berbeda-beda. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Perancis

Di Perancis, selain merayakan Valentine dengan kartu ucapan, para wanita dan pria akan masuk rumah dan saling berhadapan untuk saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya. Hal ini dilakukan secara berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Selanjutnya, akan ada acara api unggun di mana wanita akan membakar foto pria yang telah meninggalkannya dan memakinya. Karena acara ini seringkali disalahgunakan, pemerintah Perancis menetapkan tidak ada lagi acara ini. Sayang sekali ya, ladies!

Denmark

14 Februari adalah salah satu hari yang paling ditunggu oleh masyarakat Denmark. Valentine di Denmark sangatlah unik. Berikut adalah beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Denmark:

  • Lover Card, yaitu kartu transparan yang jika didekatkan pada lampu akan muncul gambar pengirim dengan hadiah di tangannya. Selain itu, ada juga yang dibuat mengeluarkan musik,
  • Bunga Putih. Jika pada umumnya seseorang memberikan bunga mawar merah di hari Valentine, masyarakat Denmark justru memberikan bunga putih alias snowdrop kepada keluarga, sahabat atau pasangan sebagai simbol kasih sayang,
  • Joke Letter. Pria Denmark memiliki kebiasaan memberikan puisi lucu (Gaekkebrev) pada wanita yang disukai. Pada puisi ini, tidak dicantumkan nama pengirimnya. Tetapi mereka mencantumkan sebuah petunjuk yang harus ditebak oleh wanita siapa pengirimnya. Jika benar, maka selanjutnya acara kencan romantislah sebagai hadiahnya. So sweet ya, ladies!

Inggris

Ada yang unik tentang perayaan Valentine di Inggris. Saat hari Valentine tiba, bukan hanya sebuah kartu ucapan yang romantis saja sebagai peringatannya, namun majalah dan surat kabar akan banyak sekali yang menerbitkan soneta dan puisi romantis.

Slovenia

Hari Valentine adalah hari pertama masyarakat Slovenia mulai menggarap kebun dan ladang mereka. Pepatah  masyarakat Slovenia, yaitu  "Valentine merupakan hari suci pertama di musim semi". Jika hari Valentine di dunia identik dengan tanggal 14 Februari, namun di Slovenia Valentine dirayakan setiap tanggal 12 Maret.

Italia

Di Italia, hari Valentine dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi. Para pasangan muda berkumpul di taman terbuka sambil mendengarkan musik dan pembacaan puisi romantis. Tapi tradisi ini sudah lama sekali tidak dilakukan lagi oleh masyakat Italia.

Jepang

Hari Valentine di Jepang dilanjutkan pada bulan berikutnya, 14 Maret, atau yang disebut dengan White Day. Pada hari Valentine, ada beberapa tipe cokelat yang akan diberikan wanita Jepang pada pria. Semua tergantung dengan perasaan wanita terhadap pria tersebut. Ada honmei-choco, yang diberikan pada 1 pria yang ia sayangi, dan ada juga giri-choco atau cokelat kewajiban, yang diberikan pada teman pria, rekan kerja atau keluarga.

Kemudian pada White Day, pria Jepang diwajibkan untuk membalas cokelat yang mereka terima pada hari Valentine dengan kado atau cokelat putih. Namun, saat White Day ada aturan yang bernama sanbai gaeshi, yang berarti pria harus mengembalikan hadiah yang diterimanya paling tidak 2-3 kali lipat dari yang diterima. Tidak mengembalikan hadiah, menunjukkan ia adalah orang yang egois. Sedangkan mengembalikan hadiah dengan nilai yang sama dianggap sebagai cara untuk mengakhiri hubungan, atau lambang bahwa pria tidak menyukai wanita yang memberinya cokelat tersebut.

Skotlandia

Di Skotlandia perayaan hari valentine dilakukan dengan sebuah festival. Pengujung festival haruslah mereka yang belum menikah. Masing-masing pengunjung menuliskan nama di kertas kecil, lalu menggulungnya untuk dikumpulkan. Tiap orang mengambil satu-satu gulungan kertas tersebut. Nama pada kertas yang diambil adalah sebagai pasangannya, meskipun terkadang mereka merasa tidak cocok.

Ada satu tradisi unik lain di Skotlandia, yaitu menjadikan pria atau wanita lajang yang pertama kali berjalan di sampingnya saat di tempat umum sebagai pasangan Valentinenya. Apakah kamu berani mencoba cara ini untuk mencari pasangan Valentinmu, ladies?

Cina

Dalam kalender Cina, hari Valentine dikenal sebagai Qi Xi Jie. Saat Valentine tiba, masyarakat Cina akan berkunjung ke kuil jodoh untuk berdoa dan meminta kebahagiaan pernikahan atau hubungan cintanya. Sementara perempuan yang belum menikah akan berdoa kepada Vega, dewi yang membantu merajut kisah cinta agar cepat bertemu jodoh di malam harinya.

Finlandia

Di Finlandia, Valentine dirayakan sebagai hari persahabatan. Masyarakat Finlandia menyebut Valentine sebagai “Ystavanpaiva” atau hari teman. Pada hari ini mereka akan mengirimkan kartu dan hadiah untuk sahabat satu sama lain. Meskipun dikenal dengan hari teman, banyak juga para pasangan yang menjadikan hari ini sebagai hari pertunangan atau pernikahan.

Wales

Wales merayakan hari kasih sayang pada 25 Januari atau disebut juga hari Dwynwen. Secara tradisional, hari kasih sayang ini dirayakan dengan memberi hadiah berupa sebuah sendok cinta yang terbuat dari kayu kepada orang yang disayangi. Pada bagian sendok cinta akan terdapat ukiran sepasang nama yang berhias simbol hati atau lonceng pada pegangannya.

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani