Kawaii Beauty Japan

Health

Merasa Kesepian Berdampak Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanya!

Kesepian tak sekadar masalah hati, melainkan juga masalah kesehatan bagi tubuhmu, ladies.

Melisa

Apakah kamu sering merasa kesepian, ladies?

Hidup ini terlalu indah untuk merasa kesepian. Selain karena kamu masih punya keluarga dan sahabat yang begitu perhatian padamu, kesepian rupanya juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lho.
Beberapa gangguan kesehatan berikut ini bisa dialami oleh orang-orang yang sering merasa kesepian:

Lebih Mudah Merasa Sedih dan Depresi

Menurut John Cacioppo, seorang psikolog sosial dari University of Chicago, perasaan kesepian bisa membuat seseorang mudah bersedih dan depresi. Ketika kamu sedang kesepian, maka otak akan lebih aktif memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan stres. Akibatnya, kamu pun lebih mudah depresi bahkan stres. Sementara lebih sering berkomunikasi dengan orang lain justru bisa membuat gejala stres dan depresi jadi berkurang.

Kamu Jadi Kurang Memperhatikan Dirimu Sendiri

Orang yang merasa kesepian biasanya tidak terlalu peduli dengan makanan yang ia konsumsi. Sehingga orang yang kesepian cenderung menyantap sembarang makanan seperti makanan siap saji, makanan yang tinggi kandungan lemak dan gula serta makan dengan porsi yang sangat besar atau sangat kecil. Hal ini tentu sangat mempengaruhi keseimbangan metabolisme sekaligus pemenuhan nutrisi harian bagi tubuh.

Di samping itu, menurut hasil studi yang diterbitkan di Journal Health Psychology pada tahun 2009, orang-orang yang kesepian juga melakukan aktivitas fisik yang lebih sedikit dari orang yang tidak kesepian. Menghabiskan waktu di depan televisi atau asyik bermain gadget mungkin menjadi pilihan yang buruk untuk mengusir rasa sepi.

Sistem Kekebalan Tubuh Jadi Melemah

Fakta ini diungkapkan oleh penelitian yang diadakan Ohio State University pada tahun 2013. Tubuh akan memproduksi protein yang memicu peradangan ketika seseorang sedang kesepian dan merasa stres. Sehingga hal ini akan berdampak pada risiko timbulnya sejumlah penyakit seperti althritis, diabetes tipe 2 bahkan alzheimer. 

Rentan Terserang Penyakit Jantung

Konsumsi makanan yang kurang sehat, aktivitas fisik yang sangat jarang serta pengaruh stres tentu bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal inilah yang terjadi pada orang-orang kesepian. Kadar hormon kortisol yang tinggi akan membuat penumpukan kadar kolesterol dalam darah. Hingga pada akhirnya kolesterol tersebut berpotensi menyumbat pembuluh darah dan menimbulkan gangguan kesehatan jantung. 
Risiko penyakit jantung ini rupanya ditemukan dengan persentase yang lebih tinggi pada orang-orang kesepian dibandingkan dengan orang yang hidup bahagia tanpa rasa kesepian. Wah, seram sekali, ya!

Ternyata merasa kesepian memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang, yuk nikmati hidup dan mulailah berbagi cerita dengan orang-orang yang kita cintai. Ada banyak alasan untuk bersyukur dan berbahagia setiap hari. Jadi, usirlah rasa kesepian dengan melakukan aktivitas yang kamu gemari mulai sekarang.

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait