Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Masih Muda Tapi Sudah Pikun? Cegah dengan 6 Tips Ini!

Duh, kok jadi sering lupa ya. Berikut 6 tips yang dapat membantumu mengatasi penyakit sering lupa!

Leonita Nerisa

Semakin bertambahnya umur, rasanya kita semakin sulit untuk menghafal sesuatu ya, ladies. Materi presentasi dan rencana-rencana kegiatan dengan mudahnya kita lupakan begitu saja. Tentunya ini hal yang sangat mengganggu aktivitasmu, kan? Tenang, hal ini masih bisa dicegah, lho! Berikut adalah 6 tips untuk membantu kamu menghafal sesuatu dengan cepat dan tidak mudah lupa.

1. Relaks dan Tenang

Sebelum menghafalkan materi, tenangkan dirimu.Lupakan hal-hal yang dapat memenuhi otak. Bila dirasa sulit, coba beberapa teknik relaksasi seperti memejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam. Ingatan bisa tersimpan lebih lama ketika seseorang sedang dalam kondisi santai.

2. Repetisi

Teknik yang sering direkomendasikan ini memang terjamin keampuhannya! Mengulang-ulang sesuatu memang cara paling efektif untuk menamankan informasi ke dalam ingatan. Teknik repetisi ini bisa berupa menuliskan sesuatu secara berulang-ulang, merekam dan didengar berulang-ulang dan tentunya diucapkan berulang-ulang.

3. Banyak Minum

Benar adanya bahwa dehidrasi bisa membuat kita kehilangan konsentrasi, ladies! Sering-sering minum segelas air agar pikiran kita bisa bekerja lebih baik. Untuk meningkatkan daya ingat, kamu juga bisa minum jus apel. Tetapi, hindari minuman bersoda ya. Minuman bersoda memang bisa mengingkatkan kemampuan otak, tetapi setelahnya dapat membuat tubuh merasa lelah.

4. Tidur yang Cukup

Pasti pernah kan materi tidak masuk-masuk ke otak karena ngantuk. Sebaiknya, jika kamu sudah merasa mengantuk, lebih baik beristirahat sebentar daripada dipaksakan. Selain itu, selama tidur, otak menyimpan memori tentang informasi yang baru diperoleh. Jadi, sehabis membaca materi penting, segeralah tidur agar otak bisa berkerja maksimal untuk mengingat materi tersebut.

5. Teratur Berolahraga

Apabila kadar okisgen di otak rendah, konsentrasi juga akan terganggu. Dengan begitu, tentunya akan sulit untuk mengingat informasi lama dan menambah informasi baru. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Pastikan kamu berolahraga setiap hari sekitar 30-40 menit. Tidak perlu olahraga yang berat atau sampai pergi ke tempat gym. Jogging, senam pemanasan dan pendinginan di rumah saja sudah cukup kok.

6. Makanan yang Meningkatkan Daya Ingat

Daripada menggunakan obat yang dapat meningkatkan daya ingat, sebaiknya kamu memakan makanan yang dapat meningkatkan daya ingat. Makanan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat adalah ikan, kacang-kacangan, telur, buah beri, dan cokelat. Selain enak, makanan ini juga tentunya lebih sehat dan tanpa efek samping.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy