Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Kefir, Produk Turunan Susu dengan Segudang Manfaat Kecantikan

Masker kefir yang memiliki manfaat untuk mencerahkah kulit sedang ramai diperbincangkan di Instagram, lho. Mau mencoba membuatnya sendiri?

Melisa

Apakah kamu termasuk pengguna Instagram yang eksis, ladies?

Kalau kamu sering mengikuti perkembangan Instagram, pasti kamu pernah mendengar informasi tentang masker kefir. Jenis masker yang satu ini sedang menjadi tren di kalangan wanita Indonesia karena diyakini punya segudang manfaat untuk kecantikan. Tetapi apakah kamu sudah tahu tentang apa itu kefir dan kandungan yang terdapat di dalamnya?

Kefir Masih Ada Hubungannya dengan Yogurt

Kefir memang mirip seperti yogurt karena keduanya sama-sama produk turunan susu. Namun perbedaannya, kefir mengandung sedikit soda dan proses pembuatannya menggunakan bubuk kefir sebagai bahan utama. Penambahan bubuk kefir dalam susu sapi, kambing atau domba akan membuat susu berubah menjadi kekuningan dan citarasanya pun menjadi asam. Karena bubuk kefir tersebut mengandung bakteri Streptococcus sp. dan Lactobacilli yang membantu proses fermentasi susu.

Kata kefir sendiri berasal dari Bahasa Turki “ke’if” yang artinya enak. Selain menjadi minuman populer di Turki, masyarakat Eropa Timur juga terbiasa mengonsumsi kefir sejak abad pertengahan. Tidak cuma memiliki rasa yang segar, kefir juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Membuat Masker Wajah dari Bahan Kefir    

Kandungan bakteri Lactobacilli pada kefir dapat membantu menjaga keseimbangan asam dan basa pada permukaan wajah. pH wajah yang seimbang akan membuat wajah jadi tampak segar dan meminimalkan risiko keriput, kusam serta penuaan dini. 

Kefir juga mengandung asam amino yang berperan sebagai antioksidan untuk kulit. Sehingga wajahmu akan tampak selalu kencang dan segar jika menggunakan masker kefir alami. Mencampurkan bahan-bahan alami seperti buah-buahan, madu atau telur akan menghasilkan masker kefir alami yang kaya manfaat untuk perawatan wajah.

Masker Kefir untuk Wajah Kering dan Wajah Berminyak

Varian masker kefir bisa kamu buat sendiri di rumah sesuai dengan karakter kulit wajahmu. Untuk wajah berminyak, campurkan 2 sendok makan kefir, 1 sendok makan madu dan putih telur secukupnya. Gunakan campuran tersebut pada wajah selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
Sementara untuk kulit kering, kefir bisa dicampurkan dengan 1 sendok teh minyak zaitun dan kuning telur. Khasiat kefir akan berpadu dengan manfaat kuning telur dan minyak zaitun sehingga wajahmu jadi lebih lembut dan tidak terasa kering lagi.

Jika kamu punya persediaan kefir di kulkas, kamu bisa segera memanfaatkanny untuk membuat masker wajah alami. Gunakan masker wajah homemade secara teratur dan bersiaplah mengagumi keindahan kulit wajahmu.

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait