Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Cara Mengatasi Insomnia Dalam 1 Menit dengan Pernapasan 4-7-8

Insomnia? Siapa takut! Cobalah cara mengatasi insomnia dengan melakukan pernapasan ini dan kamu bisa mendapatkan tidur berkualitas hanya dalam waktu yang sangat singkat!

Wikan Saputri

Mengonsumsi makanan yang kurang sehat, jarang berolahraga, dan stres seringkali membuat kita susah untuk tidur. Gangguan susah tidur ini biasa disebut insomnia. Jika sudah berada pada tingkat akut, insomnia ini memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Selain menyebabkan sulit tidur, efek dari insomnia ini juga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Karena kurang tidur, konsentrasi mejadi menurun, selalu gelisah, dan kelelahan yang berkepanjangan karena kurangnya istirahat.

Berbagai cara mengatasi insomnia yang dilakukan orang-orang, mulai dari mandi air hangat, minum susu, hingga mengerjakan rumus matematika yang sangat rumit. Namun hal semua hal itu tidak berhasil, dan solusi terakhir yang dipilih biasanya adalah mengonsumsi obat tidur atau obat penenang. Padahal seperti yang kita ketahui, kedua jenis obat ini selalu menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Cepat

Lalu bagaimana sih cara mengatasi insomnia tanpa menggunakan obat-obatan tersebut? Yuk simak ulasan berikut!

Seorang ilmuan asal Arizona yang bernama Dr. Andrew Weil telah menemukan sebuah metode pernapasan yang dapat membantu mengatasi insomnia bahkan pada tingkatan insomnia akut. Metode pernapasan ini disebut pernapasan 4-7-8. Selain dapat mengatasi insomnia hanya dalam waktu yang sangat singkat, metode pernapasan 4-7-8 ini juga dapat menimbulkan sensasi tenang dalam tubuh yang disebabkan karena metode ini memungkinkan oksigen mengisi paru-paru dengan lebih baik.

Metode Pernapasan 4-7-8, Cara Mengatasi Insomnia Dalam 1 Menit

Metode pernapasan 4-7-8 ini terinspirasi dari kebiasaan kuno bangsa Indian yang disebut pranayama, yang berarti aturan bernapas. Doctor lulusan Harvard ini mengatakan bahwa metode pernapasan 4-7-8 ini merupakan obat penenang alami tanpa efek samping yang tidak membutuhkan alat sama sekali. Selain itu ia juga mengatakan bahwa pernapasan 4-7-8 ini dapat membantu kita untuk terhubung dengan tubuh kita dan menghilangkan pikiran-pikiran berat yang membuat kita susah tidur.

Cara untuk melakukan pernapasan 4-7-8 ini pun sangat mudah, yaitu dengan menghembuskan napas dan mengeluarkan suara wooosh! Selanjutnya tutup mulut dan hirup napas melalui hidung dalam hitungan 4 kali atau dalam waktu 4 detik. Lalu tahan napas selama 7 detik, kemudian hembuskan napas dengan bersuara wooosh selama 8 detik. Lakukan pernapasan 4-7-8 ini minimal 3 kali sebelum tidur. Lakukan selama satu minggu hingga tubuhmu terbiasa untuk dapat tertidur tenang dalam waktu kurang dari 1 menit.

So, tak perlu takut lagi dengan insomnia, tak perlu lagi mengonsumsi obat tidur dan obat penenang karena dengan pernapasan 4-7-8 ini insomnia dapat teratasi dengan mudah dan tanpa efek samping. Bagaimana, ladies? Tertarik untuk mencoba?

Tagged in:
Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy