Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Tips Merawat Kontak Lensa yang Baik dan Benar

Kamu suka pakai kontak lens? Yuk pelajari cara merawat kontak lens agar tetap nyaman dipakai dimatamu!

Yenni Octavia

Lelah dengan kacamata yang menggantung di pangkal hidung dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan kontak lensa? Tenang saja. Karena kontak lensa yang secara langsung menempel pada mata lebih beresiko menimbulkan luka pada mata apabila tidak diperhatikan penggunaannya. Untuk menghindari iritasi maupun kerusakan pada mata, simak tips-tips menggunakan kontak lensa berikut ini:

  • Gunakan kontak lensa kamu dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Bila waktu maksimal pemakaian kontak lensa kamu hanya sebulan, gunakanlah hanya untuk sebulan. Jangan merasa kamu telah berhemat dengan menggunakan kontak lensa tersebut lebih lama. Harga yang kamu hemat tak sebanding dengan harga perawatan matamu ketika iritasi parah karena pemakaian kontak lensa yang telah melebihi batas waktu pakai.

  • Pastikan tanganmu bersih sebelum menyentuh kontak lensa untuk mengeluarkan atau memasangnya pada pada mata kamu. Tangan mungkin bisa terlihat bersih, tapi kamu tidak tahu kotoran tak terlihat seperti apa yang sedang menempel di tangan kamu. Jadi lebih baik bagimu untuk mencucinya terlebih dahulu dengan menggunakan sabun berfomula lembut. Sebisa mungkin yang tidak menggunakan wewangian atau alkohol terlalu banyak.

  • Berhati-hatilah agar tidak menggunakan kontak lensa kamu dengan terbalik. Cara melihatnya adalah taruh lensa pada ujung jarimu hingga membentuk setengah lingkaran. Lalu perhatikan bagian pinggir lingkarannya. Apabila sedikit melebar keluar, artinya itu terbalik. Apabila membentuk huruf U sempurna, itu berarti posisi kontak lensa kamu sudah benar.

  • Ketika bepergian, bawalah peralatan kontak lensa lengkap bersama kamu. Kotak lensa, kacamata, obat tetes, dan air larutan kontak. Peralatan ini sangat berguna untuk sewaktu-waktu digunakan, misalnya ketika matamu terlalu kering sementara kamu masih membutuhkan kontak lensa, kamu membutuhkan obat tetes kontak lensa. Atau ketika kamu terpaksa harus melepas kontak lensa, kamu membutuhkan kotaknya dan kacamatamu untuk dipakai sementara.

  • Apabila ini adalah kali pertama kamu menggunakan kontak lensa, bersabarlah. Kamu harus membiasakan matamu dengan keberadaan kontak lensa di mata kamu dan rutinitas memasang-lepas lensa. Pastikan kamu melepas lensa setelah pulang sekolah/kerja agar matamu dapat beristirahat.

Dalam menggunakan kontak lensa, memang dibutuhkan perhatian lebih. Agak sedikit merepotkan dan membutuhkan banyak langkah. Tapi apabila kamu melakukannya dengan baik sesuai petunjuk, kontak lensamu akan dapat tahan hingga batas waktu pemakaian maksimal, dan matamu juga terhindar dari bahaya iritasi bahkan luka parah. Hari gini takut pakai kontak lensa? Yuk!

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy