Foto Sering Mengalami Halusinasi “Getaran Palsu” pada Ponselmu? Hati-hati!

Sering Mengalami Halusinasi “Getaran Palsu” pada Ponselmu? Hati-hati!

Foto Meydiana Widyaningsih
Kalau kamu sering mengalami kalau ponselmu bergetar atau mengeluarkan suara padahal tidak ada notifikasi pesan atau panggilan baru, bisa jadi kamu menderita sebuah sindrom!

Mungkin sebagian diantara kamu pernah atau bahkan sering mengalami gejala dimana kamu merasakan kalau ponselmu bergetar atau seperti mengeluarkan nada notifikasi, padahal setelah kamu periksa tidak ada notifikasi pesan atau panggilan baru yang muncul. Ternyata gejala psikologis seperti ini sangat umum terjadi yaitu hampir 90% pengguna ponsel mengalami gejala ini atau lebih dikenal sebagai Phantom Vibration Syndrome (PVS).

Beberapa peneliti mengatakan bahwa gejala sindrom seperti cukup menarik perhatian mereka sehingga dilakukan analisa bagaimana PVS ini bisa terjadi. Berdasarkan hasil penelitian sejauh ini, PVS bisa terjadi karena tubuh sudah terbiasa "terlatih" untuk menerima sensasi apapun yang dirasakan oleh tubuh seperti getaran pada ponsel.

PVS juga sering terjadi karena tidak lepas dari dampak teknologi terhadap perilaku dan kebiasaan manusia itu sendiri. Menurut peneliti, manusia yang sering mengecek ponselnya setiap waktu memiliki kecenderungan mudah sekali gelisah atau khawatir terlambat menjawab sebuah pesan atau mengangkat sebuah panggilan masuk karena tubuh sudah terbiasa merasakan getaran ponsel, padahal bisa saja itu hanya disebabkan oleh adanya pergerakan urat syaraf.

Ponsel yang dibawa kemanapun kamu pergi juga akan dikenali otak sebagai bagian dari tubuh kamu, termasuk respon getar yang dikeluarkan oleh ponselmu. Inilah yang menyebabkan tubuh jadi terlatih untuk mengenali getaran dari ponsel sebagai bentuk notifikasi pesan atau panggilan masuk.

Para ahli psikologi mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari Phantom Vibration Syndrome atau PVS ini, karena gejala ini lebih cenderung terjadi akibat respon dan adaptasi tubuh terhadap penggunaan ponsel saja.


Jadi, mulai sekarang kurangi penggunaan ponsel yang berlebihan agar terhindar dari PVS ini ya, ladies!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini