Foto Hatsumode: Tradisi Mengunjungi Kuil Pertama Kali Saat Tahun Baru

Hatsumode: Tradisi Mengunjungi Kuil Pertama Kali Saat Tahun Baru

Foto Meydiana Widyaningsih
Dalam rangka menyambut tahun baru, masyarakat Jepang mempunyai tradisi unik yang rutin dilakukan yaitu mengunjungi kuil atau disebut juga Hatsumode. Seperti apa sih tradisi Hatsumode itu?

Ada beragam jenis tradisi dan budaya yang dilakukan oleh berbagai masyarakat di dunia dalam rangka menyambut tahun baru, tidak terkecuali masyarakat Jepang. Kalau biasanya di Indonesia, masyarakat merayakan tahun baru dengan pesta kembang api. Nah,ternyata kalau di Jepang dalam rangka menyambut tahun baru, masyarakat Jepang berbondong-bondong akan berkunjung ke kuil atau lebih dikenal dengan istilah Hatsumode.

Hatsumode: Tradisi Mengunjungi Kuil Pertama Kali Saat Tahun Baru

Hatsumode adalah budaya tradisional Jepang dimana masyarakat Jepang akan pergi berkunjung ke kuil untuk pertama kalinya dalam tahun baru. Biasanya Hatsumode dilakukan pada tanggal di awal bulan Januari yaitu sekitar tanggal 1-3 Januari dimana masyarakat Jepang akan pergi beramai-ramai mengunjungi kuil dan berdoa untuk kebaikan dan keberuntungan mereka di tahun yang baru.

Lalu, kira-kira apa saja yang dilakukan masyarakat Jepang pada saat Hatsumode ya? Hal yang utama mereka lakukan pada saat Hatsumode adalah berdoa di kuil. Tata cara berdoa yang mereka lakukan tidaklah sulit, yaitu cukup melemparkan koin ke dalam kotak persembahan kemudian berdoa.

Selain berdoa, masyarakat Jepang juga biasanya akan mengambil kertas ramalan dan doa yang berisikan tentang hal-hal yang akan terjadi selama satu tahun serta doa-doa pembawa keberuntungan dan kebaikan. Mereka juga bisa menulis permohonan di dalam papan kayu bermotif kemudian menggantungnya di dalam kuil agar permohonan tersebut bisa terkabul. Di sekitar lingkungan kuil, mereka juga bisa membeli jimat keberuntungan dengan berbagai bentuk.

Meskipun tidak semua masyarakat Jepang beragama Shinto atau Buddha, tetapi hampir semuanya akan berkunjung ke kuil dan melakukan hatsumode di tahun baru. Disarankan untuk selalu menggunakan pakaian yang rapi dan sopan sebagai rasa hormat terhadap kuil.

Untuk kamu yang belum pernah ke Jepang, tidak ada salahnya menjadikan Jepang sebagai destinasi wisata kamu di tahun baru berikutnya sehingga kamu bisa mencoba Hatsumode disana. Unik dan menyenangkan, bukan?

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini