Foto Jangan Pernah Berjalan Sambil Bermain Smartphone Kalau Tidak Mau Hal Ini Terjadi!

Jangan Pernah Berjalan Sambil Bermain Smartphone Kalau Tidak Mau Hal Ini Terjadi!

Zaman sekarang, smartphone adalah hal yang penting bagi semua orang, sampai-sampai tidak bisa lepas sedetikpun. Menggunakannya sambil berjalan sangat berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian!

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa smartphone merupakan salah satu alat penting yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Memang banyak hal yang bisa kita lakukan dengan smartphone, mulai dari chatting, browsing di internet, belanja online, sampai dengan bermain game. Tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk lepas dari smartphonenya, termasuk orang Jepang. Bahkan, sambil berjalanpun mereka menggunakan smartphone.

Di Jepang, rata-rata waktu orang berjalan kaki adalah 60 menit. Itu berarti, 60 menit tersebut adalah waktu yang sangat berbahaya bagi nyawa mereka masing-masing. Smartphone membuat 60 menit perjalanan menjadi sangat berbahaya karena sebagian besar terlalu berkonsentrasi dengan smartphonenya tanpa memedulikan keadaan sekitar. Di Jepang sendiri, jumlah kasus meninggal atau kecelakaan diakibatkan smartphone meningkat dengan drastis.

Docomo, sebuah perusahaan provider dan ponsel di Jepang, membuat iklan layanan masyarkat dengan pesan untuk tidak bermain smartphone selama berjalan. Ikan yang diberi judul Samurai Smartphone Parade ini mengisahkan para daimyo (panglima perang) zaman Edo yang dipaksa untuk memindahkan seluruh kekuasaannya ke daerah pusat setiap tahunnya. Cerita ini dimulai dengan seluruh daimyo berbaris dan berjalan sambil bermain smartphone, begitu juga dengan pemimpin mereka yang terus asyik mendengarkan musik dengan smartphone.

Salah satu daimyo, terlalu asyik menggunakan smartphone dan tidak memerhatikan sekeliling saat berjalan. Ketika berbelok, ia menabrak seseorang yang sedang berlari ke arah yang sama dan terjatuh. Muncul pesan bahwa 66% orang saling bertabrakan satu sama lain saat menggunakan smartphone dan tidak memperhatikan sekeliling.

Kemudian salah satu daimyo terlihat benar-benar keluar dari jalur perjalanannya dan akhirnya terjatuh ke dalam kali. Ada juga yang terpeleset kulit pisang karena tidak memperhatikan jalan. Pesan yang muncul kemudian adalah 18% orang biasanya akan tersandung apa yang ada di depannya dan juga 3.6% orang akan terjatuh ke dalam rel kereta saat sedang bermain dengan smartphonenya pada saat berjalan ke stasiun.

Dalam video diperlihatkan lagi beberapa akibat yang bisa terjadi jika bermain smartphone saat sedang berjalan. Seluruh cerita dan pesan dikemas dengan lucu. Bahkan ada yang diceritakan terkena pukul karena kedua yang sedang berjalan dan juga yang sedang memukul keduanya bermain smartphone.

Video ditutup dengan fakta bahwa 99% orang mengetahui resiko dan bahaya jika berjalan sambil bermain smartphone namun 73%nya tetap menggunakan smartphone saat berjalan. Penduduk diingatkan untuk terakhir kalinya agar selalu melihat jalan dan sekelilingnya saat sedang berjalan.

Sebagai tambahan di akhir video diceritakan bahwa pemimpin daimyo yang asik mendengarkan lagu ternyata berada di tengah-tengah sawah yang tidak diketahui keberadaannya. Tentunya karena para daimyo yang membawanya terlalu asyik dengan smartphonenya, sehingga mengambil jalan yang salah dan terpisah dari rombongan.

Fenomena berjalan sambil menggunakan smartphone tentunya tidak hanya terjadi di Jepang, tapi sudah di seluruh dunia termasuk Indonesia. Nah, untuk kamu yang suka menggunakan smartphone sambil berjalan ingat untuk berhenti melakukannya mulai sekarang. Tidak ada salahnya untuk menyimpan smartphonemu sebentar di dalam tas saat kamu sedang berjalan. Percayalah, apapun yang kamu kerjakan di smartphonemu tidak akan lebih penting dibandingkan dengan nyawamu. Jadi, tetap berhati-hati ya, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini