Foto 5 Jenis Kacang yang Baik Dikonsumsi Bagi Kesehatan

5 Jenis Kacang yang Baik Dikonsumsi Bagi Kesehatan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kacang sering kali menjadi makanan yang dihindari oleh beberapa orang, alasannya takut jerawatan atau gemuk. Padahal 5 jenis kacang ini justru bisa mengurangi resiko penyakit berbahaya lho!

Kacang dikenal sebagai sumber protein nabati yang cukup baik. Selain gurih dan lezat sebagai camilan, kacang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan ada jenis-jenis kacang tertentu yang dapat menghindarkan kita dari resiko terserang penyakit-penyakit berbahaya. Contohnya 5 jenis kacang ini yang dipercaya sebagai kacang paling sehat di dunia.

Kacang Brazil: Mengurangi Resiko Kanker

5 Jenis Kacang yang baik Untuk kesehatan (resiko kanker) - kacang Brazil

Mengkonsumsi kacang Brazil dapat menaikkan selenium di dalam tubuh. Kadar selenium yang sehat masih berhubungan dengan menurunnya resiko kanker, penyakit kardiovaskular, ketidaksuburan, dan gangguan kesehatan lainnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 2 butir kacang Brazil setiap hari selama 12 minggu mengalami kenaikan kadar selenium di dalam darahnya sebanyak 60%. Berdasarkan penelitian, 1 porsi kecil kacang Brazil merupakan suplemen yang efektif untuk meningkatkan kadar mineral tersebut.

Kacang Kenari: Meningkatkan Ingatan

Bukan tanpa alasan kacang kenari berbentuk seperti otak mini. Berdasarkan hasil studi UCLA, ternyata kacang ini dapat meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan kecepatan mengolah informasi. Hasil tes peserta yang mengkonsumsi kacang kenari paling banyak, jauh lebih baik dibandingkan dengan peserta yang paling sedikit mengkonsumsinya. 1 ons kacang kenari dapat memberimu lebih dari kebutuhan harianmu akan alpha-lineolic acid (ALA) yang berfungsi untuk menjaga daya ingatmu. Selain itu, kacang ini juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.  

Kacang Almond: Menurunkan Berat Badan

Seporsi almond per hari dapat membantu menghilangkan lemak perut, serta menurunkan kolesterol jahat secara signifikan bila dibandingkan dengan mengkonsumsi muffin dengan jumlah kolesterol yang sama. Almond sangat cocok untuk mereka yang sedang diet karena mengandung protein tinggi yang dapat menahan rasa lapar.

Kacang Makadamia: Menjaga Kesehatan Jantung

5 Jenis kacang yang baik untuk kesehatan jantung - Kacang makadamia

Menurut Journal Of Nutrition, mengkonsumsi segenggam kecil kacang makadamia setiap hari selama 5 minggu, akan mengurangi kadar kolesterol hingga 9,4%, dan kadar kolesterol jahat hingga 9% yang tentu saja sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang Pecan: Mengurangi Resiko Gangguan Syaraf

Untuk menurunkan resiko terkena gangguan syaraf, termasuk Parkinson, kamu bisa memasukkan 1 porsi kacang pecan ke dalam menu harianmu. Dalam eksperimen yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa tikus yang tidak diberi pecan mengalami penurunan fungsi syaraf, sedangkan tikus yang diberi pecan terhindar dari gangguan tersebut. Pecan sangat kaya akan antioksidan dan vitamin E, yang penting untuk melindungi syaraf.  


Kacang memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus. Konsumsi dalam porsi yang tepat, dan rasakan manfaatnya yang menyehatkan!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini