Foto 5 Resep Masker Alami Jitu Untuk Perawatan Kulit Sensitif

5 Resep Masker Alami Jitu Untuk Perawatan Kulit Sensitif

Foto Leonita Nerisa
Bingung cara merawat kulitmu yang sensitif? Pakai obat dari dokter, bukannya sembuh malah timbul masalah baru. Jika sudah begitu, coba gunakan bahan alami. Simak resep jitunya di sini!

Setiap orang dilahirkan dengan jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang berkulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Pada umumnya, kulit sensitif adalah kulit yang sangat kering dan dapat teriritasi dengan mudah. Pada beberapa bagian wajah, kulit ini berwarna sedikit kemerahan. 

Merawat kulit yang sensitif itu memang membingungkan. Alih-alih kulit menjadi halus, menggunakan produk yang tidak cocok dengan kulit sensitif malah membawa masalah baru. Untuk kulit yang sensitif tidak ada salahnya untuk kembali kepada bahan-bahan alami yang sudah disajikan oleh alam. Ada 5 resep masker alami yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Penasaran? Yuk, klik NEXT untuk mengetahui 5 resep masker alami yang cocok untuk kulit sensitif berikut ini!

Gel Aloe Vera

Gel aloe vera berguna untuk menenangkan kulit yang sensitif. Selain itu, gel aloe vera juga berfungsi untuk mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada kulit. Berikut adalah cara menggunakan gel aloe vera untuk kulit sensitif:

  1. Potong daun aloe vera, keluarkan gelnya,
  2. Aplikasikan pada daerah wajah yang bermasalah. Kamu juga bisa mengaplikasikannya ke seluruh wajah dan leher,
  3. Biarkan gel mengering semalaman dan cuci bersih dengan air keesokan harinya,

Jika kamu merasakan sedikit gatal saat mengaplikasikan masker gel, jangan khawatir, ladies! Ini merupakan hal yang normal. Namun, jika rasa gatal sudah terlalu berlebihan, hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter.

Madu

Madu selalu mempunyai berbagai jenis manfaat. Selain dapat menenangkan kulit, madu juga memiliki kandungan antibakterial alami yang cocok untuk kulit sensitif. Selain itu, dengan menggunakan masker madu secara rutin, kulit wajah akan terlihat lebih halus dan kencang. Simak cara membuat masker wajah madu berikut ini!

  1. Tuangkan 2 sdm madu ke dalam wadah kecil,
  2. Taburkan 2 sdm bubuk kayu manis dan aduk hingga merata,
  3. Aplikasikan masker alami ini ke seluruh wajah dan dan leher dan biarkan selama 15 menit,
  4. Cuci dengan air hingga bersih.

Pisang Yang Terlalu Matang

Seringkali kita membuang pisang yang sudah terlalu matang (bonyok). Ternyata, pisang yang terlalu matang ini berguna untuk kulit sensitif kita, lho!  Pisang dapat digunakan sebagai masker pelembap yang sekaligus dapat mengangkat sel kulit mati. Berikut ini adalah cara membuat masker alami berbahan dasar pisang yang terlalu matang.

  1. Tumbuk pisang di dalam wadah,
  2. Tambahkan 1 sdm madu, lalu aduk hingga merata,
  3. Aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan selama 15 menit,
  4. Cuci dengan air hingga bersih.

Kunyit

Ternyata kunyit tidak hanya berfungsi untuk menyedapkan masakanmu, ladies! Kunyit juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit wajah apabila digunakan sebagai masker. Kunyit memiliki kandungan antiseptik yang dapat menangkal terjadinya jerawat dan ruam pada kulit. Simak cara membuat masker kunyit berikut ini yuk, ladies!

  1. Tuangkan 1 sdm bubuk kunyit pada wadah,
  2. Tambahkan beberapa tetes madu dan 2 sdm susu mentah, aduk rata,
  3. Aplikasikan pada seluruh wajah dan leher, biarkan hingga mengering,
  4. Cuci dengan air hingga bersih.

Teh Hijau

Bahan yang satu ini memang sudah banyak diketahui manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Teh hijau memang selalu menjadi andalan untuk mengatasi masalah-masalah pada kulit, termasuk kulit sensitif. Berikut adalah cara menggunakan teh hijau sebagai bahan masker alamimu.

  1. Panaskan air dan masukan daun teh hijau hingga masak,
  2. Saring airnya dan biarkan mendingin,
  3. Tambahkan 2 tetes madu kedalam air teh hijau tersebut,
  4. Dengan menggunakan kapas, aplikasikan campuran air teh hijau dan madu ini ke seluruh wajah, lalu biarkan selama 10 menit,
  5. Cuci dengan air hingga bersih.

Wah, ternyata banyak cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit sensitifmu, ladies! Jika kamu cemas dengan efek samping obat-obatan yang mengandung bahan kimia, kamu selalu bisa kembali ke bahan-bahan alami ini. Selamat mencoba!

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini