Foto 8 Cara Ampuh Atasi Alergi Tanpa Obat-obatan

8 Cara Ampuh Atasi Alergi Tanpa Obat-obatan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Meski kebanyakan dari jenis alergi tidak mematikan, namun keberadaannya bisa sangat mengganggu. Ada cara yang bisa membantumu mengatasi alergi tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, seperti 8 cara ini.

Kepala pusing, mata berair, hidung pilek, dan bersin-bersin merupakan gejala yang terjadi pada saat seseorang mengalami alergi musiman. Apakah kamu pernah merasakan beberapa gejala alergi tersebut? Alergi ini sangat umum terjadi, namun tidak semua orang menyadarinya.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi gejala alergi, yaitu dengan pola makan dan olah tubuh. Simak terus artikel ini untuk lebih jelasnya ya! 

Mengatasi Alergi Melalui Pola Makan

Cara Mengatasi Alergi - Pola Makan Sehat

Ketika menemui gejala-gejala alergi, biasanya seseorang akan mengkonsumsi pil untuk meredakan gejalanya. Sayangnya, obat-obatan tersebut biasanya akan menyebabkan rasa kantuk dan membuatmu jadi kurang produktif. Padahal kamu hanya perlu mengatur pola makanmu untuk mengatasi alergimu, seperti beberapa hal berikut ini. 

Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Pola makan memiliki peran yang sangat penting dalam fungsi imunitas seseorang, karena sel-sel imun yang terletak di dalam usus. Konsumsilah banyak buah dan sayuran, terutama yang memiliki warna gelap, seperti beri, bayam, dan anggur merah yang sangat tinggi antioksidan sehingga dapat membantu kerusakan pada sel-sel akibat radikal bebas yang dapat melemahkan sistem imun tubuh. Vitamin C dan E dan beta-carotene, yang juga ditemukan pada buah dan sayur dengan warna cerah, memiliki khasiat anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Hindari Susu, Gula, Gandum, dan Makanan Dengan Zat Aditif

Jenis-jenis makanan ini dikenal dapat menambah produksi ingus, yang akan semakin memperparah hidung tersumbat dan menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, mengurangi makanan ini bisa membuatmu tidak terlalu sensitif dan mudah terserang alergi.

Makan Makanan Pedas

Makanan pedas bisa meningkatkan aliran darah, yang membawa oksigen ke saluran hidung dan membantu mengurangi lendir atau ingus.

Banyak Minum Air

Cairan akan membersihkan saluran udara, yaitu dengan menghidrasi membran mukosa. Semakin basah membran, semakin tipis lapisan lendirnya sehingga mudah untuk dibuang.

Pilih Makanan Yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Omega-3 dapat membantu mengurangi gejala gangguan pernapasan dengan mengurangi inflamasi. Kamu bisa menemukan asam lemak ini pada ikan, almond, dan lain-lain.

Melalui Olah Tubuh

Cara  Mengatasi Alergi - Olah Tubuh

Selain makanan dan minuman, kamu juga harus mengolah tubuhmu agar gejala-gejala alergi dapat berkurang. Tidak perlu melakukan latihan yang berat dan membuat tubuh merasa lelah, cukup lakukan latihan-latihan ringan seperti berikut: 

Latihan 30 Menit Setiap Hari

Apa yang terjadi ketika tubuhmu terpapar penyebab alergimu, seperti jamur, bulu binatang, serbuk sari, kutu, dan penyebab lainnya? Pada saat itu tubuhmu akan melepaskan histamine, yaitu zat yang dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi pada saluran perpasan, hidung, dan mata.

Olahraga aerobik ringan akan memperkuat sistem imunmu sehingga kamu tidak akan mudah terserang alergi. Olahraga juga bisa memperbaiki organ-organ yang terkena efek alergi, misalnya saja saluran hidung, paru-paru, dan sinus, agar dapat berfungsi secara optimal dengan meningkatkan aliran darah. Pada saat alergi musiman, usahakan berolahraga di dalam ruangan agar paru-paru tidak terekspos penyebab-penyebab alergi.

Pijat Kepala

Pijat pada kepala dapat membantumu membuka saluran hidung yang tersumbat dengan cara membukanya. Selain itu, pijat sangat bermanfaat untuk mengurangi stres fisik dan mental sehingga kekebalan tubuh pun dapat berfungsi dengan semakin baik, serta bisa menurunkan produksi histamine.

Uapi Wajah

Rebuslah beberapa cangkir air dan tuangkan ke dalam mangkuk besar dan lebar. Letakkan mangkuk pada permukaan datar, dan lakukan uapi mukamu selama 15 menit. Agar uap tidak berhamburan, kerudungi kepalamu dan mangkuk tersebut dengan handuk. Kamu juga bisa mandi air panas atau meletakkan kompres panas pada wajahmu. Setelah melakukan penguapan pada wajah, jangan lupa untuk menutup kembali pori-pori mu mu yaaa! 


Tidak ada yang bisa benar-benar mencegah seseorang untuk tidak terekspos penyebab alerginya. Oleh sebab itu, tingkatkan imunitas tubuhmu dengan pola hidup yang lebih sehat. Tetap jaga kesehatanmu ya Ladies! 

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani