Kawaii Beauty Japan

Diet

Tips Menurunkan Berat Badan untuk Pemula (1)

Ketika baju sudah mulai sempit, ini dia saatnya diet! Simak yuk bagaimana caranya diet yang cocok bagi pemula!

Yenni Octavia

Celana jeans lama mu sudah tidak bisa dipakai lagi? Apa yang terjadi? Mungkin kamu mengalami kenaikan berat badan, jeansmu tentu tidak akan berbohong. Sayang juga kan, jeans yang masih bagus tidak bisa dipakai lagi. Mungkin kamu memerlukan yang namanya diet. Untuk para pemula, jangan takut, kamu bisa mencoba melakukan beberapa tips menurunkan berat badan untuk pemula sebagai berikut:

Jumlah Kalori Harian

Kamu bisa menurunkan berat badan dengan menciptakan ‘defisit’ kalori. 1 pon sama dengan 3.500 kalori, lakukanlah olahraga ringan untuk memotong hingga 500 kalori per hari, sehingga kamu akan berhasil menurunkan 1 pon dalam waktu 1 minggu. Mungkin kamu bisa menemui ahli gizi untuk mengetahu jumlah kalori harian yang lebih spesifik, tapi ingat jangan sampai konsumsi harianmu dibawah 1.200 kalori, karena akan memperlambat metabolisme tubuhmu.

Keep Track

Monitor kalori anda seakurat mungkin. Cari tau jumlah kalori yang kamu konsumsi dan tuliskan dalam jurnalmu, atau gunakan aplikasi penurun berat badan. Tulis segala sesuatu yang kamu masukkan kedalam mulut, walaupun itu coklat atau permen yang kamu ambil dari atas meja temanmu. Penambahan kalori sekecil apapun akan mempengaruhi berat badamu. Jangan lupa untuk menimbang 1-2 kali seminggu untuk mengetahui kemajuan dietmu.

Measure and Repeat

Kamu perlu memastikan apakah cangkir, sendok, atau skala pengukur makanan yang lain sudah tepat untuk mengukur porsi yang benar. Untuk beberapa bulan pertama, kamu akan perlu mengukur segala sesuatu dengan sangat teliti, tapi setelah beberapa saat  kamu akan terbiasa dengan porsi yang benar.

Makan 5 Kali Sehari

Tenang ladies, ini tidak akan membuatmu menjadi gemuk jika dilakukan dengan benar. Untuk mencegah rasa lapar yang mendorong kita untuk makan berlebihan. Susunlah jadwal dengan 3 kali makan 2 kali camilan, sehingga kamu akan makan setiap 3 kali sehari.

-          07.00 a.m     : Sarapan

-          09.30 a.m     : Snack

-          12.30 P.m    : Makan siang

-          03:00p.m     : Snack

-          06:30 p.m    : Makan malam

Jangan lewatkan waktu makan dan snack untuk menyimpan kalori, karena akan memperlambat metabolisme dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika kamu terjaga hingga larut malam dan merasa lapar, pastikan kamu menyelesaikannya 1 – 2 jam sebelum kamu tidur, agar masalah perncernaan tidak mengganggumu. Ingat ya, tidur yang cukup akan membantumu menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Sarapan Jika Ingin Turunkan Berat Badan

Apa yang Kamu Makan

Saat kamu lapar, pastikan untuk menyertakan protein untuk memuaskan rasa lapar, serat untuk mengisi rasa lapar, dan karbohodrat untuk mempertahankan energi mu. Untuk makan pagi, siang dan malam konsumsi masing – masing 300 – 500 kalori, dan 150 kalori untuk masing  - masing snack.

Cobalah lakukan tips diet diatas secara rutin, agar dietmu semakin berhasil, kamu bisa lanjutkan membaca Tips Menurunkan Berat Badan untuk Pemula (2)

 

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait