Foto Hati-Hati! Jika Kamu Pikir 6 Kebiasaan Tidur Ini Sepele, Kamu Salah Besar!

Hati-Hati! Jika Kamu Pikir 6 Kebiasaan Tidur Ini Sepele, Kamu Salah Besar!

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
6 kebiasaan tidur ini seringkali dianggap sepele, padahal memiliki dampak yang besar, lho. Misalnya saja posisi tidur. Jika salah, kamu malah membebani jantung! Hati-hati, ladies!

Setelah seharian beraktivitas, tentunya kamu merasa sangat lelah dan mengantuk. Di saat seperti ini, biasanya kamu merasa 'bodo amat' dengan beberapa kebiasaan buruk. Mungkin kamu pikir kebiasaan buruk ini sepele dan tidak mengakibatkan hal-hal yang signifikan dalam hidup. Ups, jangan salah, ladies! 6 kebiasaan ini justru memberi dampak yang besar dalam hidupmu. Bahkan, posisi tidur yang salahpun dapat memengaruhi kinerja jantungmu, lho. Tidak ingin sampai jantungmu kenapa-kenapa kan? Yuk, klik NEXT untuk mengetahui 6 kebiasaan buruk saat tidur yang harus kamu hindari ini!

Tidak Membersihkan Wajah dengan Benar

Seharian beraktivitas tentu membuat wajahmu sudah dihinggapi debu dan polusi. Maka dari itu, wajib bagimu untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Saat tidur, kulit kita akan melakukan regenerasi sel kulit mati dengan yang baru, sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, bersih dan lembut. Akan tetapi, jika kamu tidak membersihkannya terlebih dahulu sebelum tidur, kulit wajah tidak akan dapat bernapas dan melakukan proses regenerasi. 

Ada langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan dalam membersihkan wajah. Pertama-tama, kamu perlu menggunakan headband atau kunciran, agar rambut tidak mengganggu wajah dan leher. Jangan lupa untuk pastikan bahwa kedua tanganmu sudah dalam keadaan yang bersih.

Selanjutnya, gunakan milk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Fungsi milk cleanser ini adalah untuk mengangkat debu serta menghapus riasan makeup. Gunakan juga makeup remover untuk menghapus riasan makeup dengan sempurna ya, ladies! Sambil membersihkan, pijat lembut wajahmu hingga ke bagian belakang leher.

Kemudian, basahi wajah dengan air hangat dan bersihkan wajah dengan sabun pembersih. Lakukan gerakan melingkar pada wajah sambil pijat lembut. Setelah itu, bilas sabun pada wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan cara ditepuk-tepuk memakai handuk. Saat wajah sudah kering, gunakanlah toner non-alkohol sambil memijat wajah dengan jari seperti sedang memainkan tuts piano. Pijat ke arah atas pada bagian dahi, pipi dan dagu. Pijatan ini dilakukan untuk melancarkan peredaran darah. Terakhir, gunakan krim malam 1-2 jam sebelum tidur.

Sprei dan Sarung Bantal yang Kotor

Bagi kamu yang tinggal sendirian seperti di kos, mungkin sering merasa malas untuk mengganti sprei dan sarung bantal yang kotor. Rutin mengganti sprei dan sarung bantal erat kaitannya dengan kebersihan serta kesehatan kulitmu, ladies. Bayangan saja kotoran, bakteri dan debu yang menumpuk pada sprei dan sarung bantal tersebut akan mengenai kulitmu.

Selain itu, hindarilah menggunakan sarung bantal yang kasar, karena dapat menjadi salah satu penyebab rambut kering dan kulit berkeriput. Pilihlah sarung bantal dengan bahan sutera atau satin untuk mempertahankan kelembapan wajah serta mencegah efek keriput pada wajah.

Biarkan Rambut Tergerai

Jangan menambah beban rambutmu saat tidur, ladies! Biarkanlah rambutmu dalam keadaan rileks agar tidak rusak. Sisirlah rambutmu sebelum tidur agar minyak alami rambut terdistribusi dengan rata hingga ke ujung rambut dan bebas kusut.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi bugar, meningkatkan daya konsentrasi, serta memulihkan jaringan otot untuk lebih rileks. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat menurunkan tekanan darah karena pikiran akan menjadi lebih tenang. Dengant tidur cukup, kulit akan lebih leluasa untuk beregenerasi. Metabolisme kulit akan lebih cepat dan kerusakan protein akan berkurang.

Posisi Tidur

Posisi tidur terbaik adalah miring ke kanan, karena tidur dengan posisi miring ke kiri akan membebani jantung, padahal jantung masih harus terus memompa darah ke seluruh tubuh. Terlalu banyak tidur dengan posisi miring ke kiri dapat mengakibatkan kelelahan jantung, yang memberi dampak buruk pada jangka waktu yang panjang. Posisi tidur dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada seperti bayi juga dianjurkan. Karena pada posisi ini tekanan pulang punggung akan berkurang, lebih mudah bernafas, serta membebaskan organ-organ tubuh lainnya.

Melepas Bra

Banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan dengan tidur sambil melepas bra. Selain membuat tidur lebih nyenyak karena dada tidak terasa sesak, aliran darahmu juga menjadi lancar. Tidak hanya itu, tidur dengan melepas bra juga membuatmu terbebas dari keringat dan iritasi akibat payudara yang tidak bisa bernafas dengan bebas. Hal yang terpenting adalah kamu juga dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker, ladies

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani