Foto Cara Mudah Merawat Kulit Kering Hingga Sensitif Tetap Sehat dan Terlindungi

Cara Mudah Merawat Kulit Kering Hingga Sensitif Tetap Sehat dan Terlindungi

Foto hanna anindhita
Ritual perawatan wajah sudah menjadi hal wajib bagi banyak wanita saat ini, namun mereka juga sering melupakan kulit lainnya. Yuk lihat cara merawat kulit kering atau sensitif-mu agar tetap sehat!

Seiring dengan perkembangan zaman, kesehatan kulit sudah menjadi topik yang banyak dibahas luas. Bagi para wanita, penggunaan produk perawatan wajah sudah sangat melekat dan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Padahal bukan hanya kesehatan kulit wajah saja yang harus diperhatikan, tapi juga kesehatan kulit tubuh.

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh yang mencakup hingga 15% dari berat tubuh.  Sebagai lapisan terluar tubuh, kulit bertanggung jawab melindungi tubuh dari berbagai macam bakteri, kuman, dan zat berbahaya yang ada di lingkungan sekitar kita. Tidak hanya itu, kulit juga memiliki peran penting sebagai thermoregulator yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, melindungi tubuh dari dehidrasi, melindungi dari paparan sinar matahari, tempat keluarnya keringat dan berfungsi dalam pembentukan vitamin!

Mengingat fungsi kulit yang sangat banyak dan penting maka sudah sewajarnya kamu harus memperhatikan kondisi kulitmu. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para wanita saja, tapi juga harus dilakukan oleh pria, remaja, bahkan anak-anak sekalipun.

Berikut ini beberapa tips mudah merawat kulit kering hingga kulit sensitif agar tetap sehat dan terlindungi. Let’s check this out!

1. Merawat Kulit dengan Memenuhi Kebutuhan Air dan Nutrisi bagi Kulit

Merawat Kulit Konsumsi Air Putih

Tentu kamu sudah sering mendengar hal yang satu ini, tapi apakah kamu sudah melakukannya? Air merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh dan berfungsi mengatur struktur serta fungsi kulit.

Sedangkan untuk menutrisi kulit, tidak cukup hanya dengan menggunakan berbagai macam krim perawatan kulit saja. Perhatikan juga konsumsi makananmu setiap harinya. Berbagai macam buah dan sayur memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan kulit. Contohnya wortel dengan kandungan betakaroten yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, vitamin C dalam buah dan sayur yang dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan sebagai antioksidan. Sedangkan alpukat mengandung vitamin E tinggi yang berfungsi memerangi radikal bebas dan merangsang pembentukan sel baru, serta banyak lagi sumber nutrisi yang dapat kita konsumsi untuk meningkatkan kesehatan kulit.

2. Menjaga Kebersihan Kulit = Merawat Kulit Tetap Sehat

Merawat Kulit, Tidak Menggunakan Handuk Bergantian

Saran ini terdengar mudah tetapi pada prakteknya tidak semua orang mampu (dan mau) melaksanakannya. Mandi dua kali sehari dengan bersih merupakan hal yang wajib dilakukan. Mandi tidak hanya cukup dengan membasahi tubuh saja, tapi pastikan juga semua bagian tubuh telah tuntas disabuni dan dibilas dengan bersih. Jangan lewatkan bagian punggung, sela jari dan telapak kaki.

Perhatikan juga penggunaan handuk, jangan menggunakan handuk bersamaan dengan orang lain. Jemur handuk setelah digunakan, jangan biarkan handuk disimpan dalam keadaan lembab dan pastikan juga pakaian yang akan kamu gunakan dalam keadaan bersih karena banyak sekali penyakit kulit yang dapat ditularkan melalui penggunaan baju atau handuk secara bergantian.

3. Merawat Kulit dengan Produk yang Sesuai Kebutuhan Kulit

Merawat Kulit dengan Produk yang Tepat

Baik sabun, shampoo, pelembab tubuh maupun produk lain yang kita gunakan sebaiknya harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang hipoalergik, bebas pewangi dan bahan iritant lain. Lotion dan sabun dari Physiogel bisa jadi pilihan tepat untul kamu yang memiliki kulit sensitif.

 

Lotion dari Physiogel memiliki teknologi biomimic yang efektif menjaga dan melembabkan kulitmu, serta tidak mudah larut di air dan tidak meninggalkan rasa lengket, sehingga sangat nyaman digunakan untuk beraktivitas seharian.

Sedangkan sabun dari Physiogel bebas dari kandungan deterjen, sangat cocok untuk kamu yang berkulit kering sekalipun sensitif. Ajaibnya sabun ini bisa kamu gunakan dengan atau tanpa menggunakan air lho!

Untuk kamu yang memiliki bayi, kamu tidak perlu khawatir karena produk-produk dari Physiogel bisa digunakan oleh berbagai usia bahkan aman untuk kulit bayi sekalipun.

Untuk mengetahui kondisi kulitmu, cukup goreskan kuku ke daerah tulang kering di kaki, lalu lihat apakah ada sisik yang seperti terkelupas atau tidak. Jika iya, kemungkinan kamu memiliki kulit yang cenderung kering. Kulit pada bagian tulang kering adalah bagian yang paling kering pada tubuh, sehingga bagian tersebut bisa dijadikan sebagai indikator kelembaban kulit secara umum.

4. Merawat Kulit dengan Melindunginya

Merawat Kulit dengan Melindunginya

Sebagai benteng terluar tubuh tentu kulit kita cukup sering terpapar oleh bermacam-macam zat berbahaya. Mulai dari polutan, zat kimia hingga radiasi sinar UV. Untuk menghidari efek buruk dari sinar matahari gunakanlah tabir surya setiap hari sebePlum beraktivitas. 

Gunakanlah tabir surya yang broad spectrum yaitu tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi UV A dan UV B. Faktor perlindungan terhadap UV A biasanya dinyatakan dalam persen atau dalam PAA sedangkan untuk UV B dinyatakan dalam angka SPF (sun protection factor).

Besarnya SPF yang dibutuhkan tergantung kepada aktivitas si pemilik kulit sendiri, kalau kamu menghabiskan banyak waktu kamu di ruangan terbuka maka tentu kamu membutuhkan tabir surya dengan angka SPF yang tinggi. Efek sinar UV tidak hanya menggelapkan kulit saja, namun juga dapat menyebabkan penuaan kulit, kerutan, flek hitam dan bahkan kanker.

Bagaimana kalau kita jarang menghabiskan waktu diluar ruangan? Penelitian membuktikan bahwa sinar UV A dapat menembus kaca mobil sekalipun saat berkendara, sehingga kita tetap membutuhkan perlindungan tabir surya. Dengan Indonesia yang beriklim tropis, idealnya kita membutuhkan minimal SPF 30 pada tabir surya kita. Penggunaan tabir surya sebaiknya dilakukan 15-30 menit sebelum keluar rumah. 


Selain beberapa hal yang telah disebutkan diatas, kamu juga harus menjaga kulit dari zat berbahaya lainnya seperti debu dan asap polusi yang dapat membentuk radikal bebas yang menghambat produksi kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi kasar, kusam, berjerawat sampai proses penuaan dini. Bahkan di dalam rumah sekalipun, banyak sekali hal-hal yang mempengaruhi kesehatan kulitmu.

Sayangnya, hampir tidak mungkin rasanya menghindari hal-hal tersebut. Satu-satu cara adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Jangan lupa gunakan produk-produk yang sesuai dengan kulitmu, seperti produk Physiogel yang cocok untuk kulit kering dan sensitif sekalipun.

Artikel Selanjutnya

Foto hanna anindhita

hanna anindhita

blogging since 2010, love makeup and everything about beauty, recently spent my time as a young doctor, a wife and a mother.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani