Foto Sadari dan Deteksi Penyakit Kanker Sejak Usia Muda

Sadari dan Deteksi Penyakit Kanker Sejak Usia Muda

Kanker payudara dan kanker rahim memang salah satu penyakit yang ditakuti para wanita. Lalu bagaimana cara mendeteksi dan menghindari kanker sejak usia muda?

Kanker payudara dan kanker rahim memang menjadi momok menyeramkan bagi setiap wanita. berbagai penelitian di bidang kesehatan telah berupaya untuk menemukan obat bagi kedua penyakit ini. Namun meski berbagai penelitian telah berkembang, nyatanya masih banyak wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara dan kanker rahim.

Hal tersebut tentunya dipengaruhi berbagai macam faktor, mulai dari gaya hidup sampai pengobatan yang telambat. Inilah mengapa mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan bantuan berbagai teknologi, sekarang pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker sudah mudah didapat, bahkan dari rumah kita sendiri lho!

Berikut ini beberapa cara mudah melakukan pencegahan terhadap kanker yang sudah bisa kamu lakukan dari sekarang! Tekan tombol 'NEXT' dibawah ya.

USG Payudara

Dengan teknologi USG ini dokter bisa melihat kondisi permukaan dalam kulit payudara kita. Saat USG Payudara, pastikan kamu sedang tidak mendekati menstruasi ya! Waktu paling tepat USG payudara adalah 10 hari sebelum menstruasi dan lima hari sesudah menstruasi. Teknik deteksi dini kanker payudara dengan ultrasonografi ini bisa kamu coba di rumah sakit atau klinik kanker terdekat.

Papsmear

Papsmear adalah salah satu metode deteksi dini kanker mulut rahim dengan cara meneliti cairan yang ada di dalam vagina. Saat papsmear, biasanya dokter akan mengambil cairan di leher rahim untuk diteliti di laboratorium. Namun beberapa rumah sakit hanya memperbolehkan wanita yang sudah menikah untuk melakukan papsmear. Jadi buat kamu yang belum menikah sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter, apakah kamu bisa melakukan papsmear atau tidak. Deteksi dini untuk kanker rahim ini bisa kamu lakukan di rumah sakit atau klinik kanker terdekat

Vaksin kanker mulut rahim

Vaksin kanker rahim harus dilakukan di dokter. Biasanya vaksin cerviks bisa kamu dapatkan di rumah sakit ataupun pusat pengobatan kanker. Caranya, dokter akan memasukkan kuman hpv yang sudah dilemahkan kedalam jarum suntik, dan kamu akan disuntik dibagian lengan atas. Biasanya sih merk yang digunakan adalah gardasil atau cervarix, harga vaksin sendiri berkisar antara 800.000 sampai 1jt rupiah.

Mencegah Kanker dengan Gaya Hidup Sehat

Cegahjkaker dengan gaya hidup sehat

Pencegahan dengan memulai hidup sehat adalah langkah pencegahan paling tepat utuk penyakit kanker lho! Diantaranya dengan cara:

  • Hindari junkfood dan makanan instan. Junkfood dan makanan instan mengandung banyak pengawet dan senyawa kimia yang bisa membentuk kanker
  • Hindari penggunaan pakaian dalam ataupun pakaian renang bersamaan. Jadi dilarang pinjam underwear atau baju renang punya teman yah!
  • Mulai konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah beri, teh hijau dan dark chocolate.
  • Coba olahraga untuk mengencangkan payudara. Lemak yang menumpuk di payudara bisa menjadi bibit bagi kanker payudara lho! Jadi cobalah untuk olahraga daerah dada agar terhindar dari kanker dan payudaramu bisa lebih kencang.

Itu dia beberapa langkah pencegahan dini yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri. Kamu juga bisa mebagikan informasi ini ke orang-orang di sekitarmu ladies. SADARI dan lakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari.  

PerikSA PayuDAra SendiRI (SADARI)

Deteksi SADARI, bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan tanganmu sendiri. Teknik ini memang teknik termudah untuk mendeteksi kanker payudara. Lakukan deteksi setidaknya seminggu sekali.

Caranya:

Cara Periksa payudara sendiri (SADARI)

  1. Angkat tanganmu keatas hingga lengan merapat ke kepala.
  2. Tekan lembut dari payudara atas dekat ketiak ke arah bawah.
  3. Buat gerakan memutar (circular motion) dari arah terluar payudara ke dalam payudara (dekat puting)
  4. Lakukan teknik ini pada kedua payudara sambil melihat cermin agar kamu juga bisa melihat permukaan payudaramu.

Tips!

Kamu bisa SADARI sembari memijat payudara kamu juga lho! Caranya, oleskan minyak zaitun secukupnya ke payudara, lalu pijat payudara dengan kedua tangan. Pijat payudara ini bisa memperlancar peredarah darah di daerah payudara sekaligus mengencangkan payudara.

Foto Meylisa Agustina

Meylisa Agustina

Lady on Duty. Suka banget hal yang berkaitan dengan Jepang, tapi tetep cinta Indonesia. Hobi sama dunia fotografi dan tulis menulis.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani