Foto 6 Manfaat Garam Yang Harus Kamu Coba

6 Manfaat Garam Yang Harus Kamu Coba

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Garam ternyata bukan hanya bumbu wajib yang harus ada di semua makanan. Si asin ini bisa juga dipakai untuk merawat kesehatan dan kecantikan, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Terlalu banyak mengonsumsi garam memang tidak dianjurkan karena dapat memicu kegemukan dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya. Akan tetapi, bukan berarti garam tidak memiliki manfaat sama sekali. Garam ternyata bisa dimanfaatkan tanpa harus mengonsumsinya, seperti 6 manfaat garam ini yang bisa kamu coba sendiri di rumah kapan saja. Yuk, klik NEXT untuk mengetahui 6 manfaat garam bagi kesehatan dan kecantikanmu!

Mengatasi Jerawat

Banyak sekali faktor yang bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Bahkan ketika sudah berhati-hati pun jerawat tetap tak bisa dihindari. Namun sebenarnya cukup banyak bahan-bahan rumah tangga yang bisa digunakan untuk memerangi jerawat. Salah satunya adalah garam. Sejumput garam ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi wajah kita.

Cara membuat:

  • Campurkan ¼ sdt garam dengan 1 cangkir air hangat,
  • Celupkan kapas, dan letakkan pada bagian yang berjerawat, 
  • Tekan-tekan perlahan selama 1 menit ke bagian yang berjerawat, 
  • Garam akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Sebagai Toner

Gunakan garam dan air hangat yang dicampurkan jadi satu sebagai toner wajah. Masukkan ke dalam botol, dan semprot ringan pada wajahmu. Tepuk-tepuk menggunakan handuk kering.

Membuat Scrub

Untuk wajah, garam juga dapat dipakai sebagai scrub dengan mencampurkan garam dan facial oil, kemudian gunakan untuk memijat wajah dengan gerakan melingkar dan lembut. Bilas seperti biasa. Garam laut bisa membantu melembutkan kulit dan membuatnya lebih kenyal, serta mengurangi kerutan. Selain itu, garam juga mampu mengatasi pori-pori yang tersumbat tumpukan minyak dan mempercepat penyembuhan bekas luka. Untuk scrub badan, campurkan garam, minyak zaitun, dan minyak esensial.

Melepas Racun

Terapi garam kering, atau yang sering disebut dengan halotherapy, dilakukan melalui sodium chloride murni yang dihaluskan dengan alat halogenerator dan disebarkan ke dalam ruangan tertutup. Partikel-partikel garam di dalam ruangan tersebut kemudian digunakan untuk melepaskan racun-racun di dalam tubuh dengan menyerapnya melalui kulit. Hal ini juga bisa mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

Ingin membuatnya sendiri? Berikut adalah caranya:

  • Masukkan 1 cangkir garam ke dalam air hangat, 
  • Gunakan untuk berendam selama setengah jam untuk mendetoks tubuhmu.

Mengatasi Bau Mulut Dan Bibir Pecah-pecah

Campuran garam, baking soda, dan air merupakan ramuan yang sangat tepat dan mudah untuk mengatasi bau mulut. Gunakan sebagai obat kumur secara teratur.

Sedangkan untuk bibir kering dan pecah-pecah, ikuti cara berikut: 

  • Gunakan 3 sdm garam Epsom dengan 1 sdm body lotion, 
  • Oleskan pada bibir dan pijat lembut untuk menghilangkan lapisan kulit matinya, 
  • Bersihkan dengan kain basah, kemudian pakailah lip balm,
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum memakai lipstik.  

Menyegarkan Kembali Mata Sembab

Kurang tidur dan kelelahan bisa menimbulkan lingkaran hitam di sekitar mata. Untuk mengatasinya, campurkan garam dan air panas. Kemudian celupkan kapas dan gunakan pada area mata yang sembab. Matamu akan terlihat lebih segar dalam sekejap.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini