Foto Jika Kamu Pikir Aman-Aman Saja Untuk Mengonsumsi 6 Makanan Ini, Kamu Salah Besar!

Jika Kamu Pikir Aman-Aman Saja Untuk Mengonsumsi 6 Makanan Ini, Kamu Salah Besar!

Foto Meydiana Widyaningsih
Ada beberapa makanan yang ternyata sama sekali tidak boleh dimakan, lho! Kalau kamu pernah memakan beberapa makanan ini, hentikan sekarang juga!

Di dunia ini terdapat sangat banyak jenis makanan, mulai dari makanan sehat, makanan enak sampai makanan yang bahkan tidak boleh kita konsumsi sama sekali untuk alasan kesehatan. Pastinya ada kandungan unsur atau zat tertentu yang menjadi alasan mengapa beberapa makanan tidak boleh dimakan sama sekali. Bisa jadi makanan tersebut kurang memiliki kandungan gizi atau nutrisi sampai mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Lalu, apa sajakah makanan yang tidak boleh dimakan? Yuk, simak klik NEXT untuk mengetahui 6 makanan yang bahaya kamu konsumsi!

Pemanis Buatan

Pemanis buatan yang biasanya ditemukan didalam olahan makanan adalah gula jenis aspartam. Gula jenis ini bisa meningkatkan kadar tekanan gula darah kamu jika kamu sering mengonsumsinya dalam jumlah besar atau berlebihan. Selain itu, pemanis buatan ini juga berbahaya bagi kesehatan anda karena gula ini adalah jenis gula non-organik atau sulit disaring oleh sistem pencernaan anda sehingga akan mengendap dan menimbulkan penyakit ginjal dan lainnya. Mulai sekarang hindarilah penggunaan gula pemanis buatan dan gantilah menggunakaan gula alami atau gula non-kalori agar terhindar dari bahaya aspartam.

Kecambah

Sebenarnya kecambah merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Tetapi, selama 20 tahun terakhir kecambah yang dijual di pasaran ternyata mengandung bakteri salmonella, E-Coli dan bakteri berbahaya lainnya akibat adanya perubahan zat hara tanah yang mempengaruhi nilai gizi dalam kecambah yang dipanen. Selain itu, kondisi tanah yang akhir-akhir ini cenderung lembab dan hangat bisa menjadi faktor utama tumbuhnya bakteri tersebut dalam kecambah. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi kecambah seperti tauge atau rebung, sebaiknya rebus dalam air mendidih terlebih dahulu untuk membunuh bakteri berbahaya tersebut.

Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang sehat jika ditanam dengan cara tradisional yang baik tanpa penggunaan zat kimia tambahan. Namun, faktanya jagung yang beredar di pasaran saat ini lebih banyak dihasilkan dengan cara rekayasa genetika dan bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Sebaiknya pilihlah jagung yang ditanam secara organik untuk bahan olahan makanan karena jagung organik terbebas dari penggunaan pestisida secara rekayasa genetika sehingga aman untuk kamu konsumsi.

Cokelat Putih

Bagi penggemar cokelat, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis cokelat yang satu ini. Selain warna putihnya yang jauh lebih menarik untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue atau makanan manis lainnya, cokelat putih juga tidak kalah enak dengan cokelat hitam atau kokoa. Cokelat umumnya mengandung zat fitonutrien yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah ke otak. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata tidak ada kandungan gizi berarti yang terdapat di dalam cokelat putih? Sampai sekarang belum ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat putih boleh dikonsumsi dalam jangka panjang karena belum terbukti kandungan gizinya. Jadi, mulai sekarang hindarilah konsumsi cokelat putih dan lebih baik menggunakan cokelat biasa atau kokoa. 

Popcorn Mentega Microwave

Kamu pasti tahu mentega jenis ini, bukan? Mentega yang membuat rasa popcorn menjadi lebih enak ini ternyata berbahaya bagi kesehatan, lho! Karena mentega ini dibuat menggunakan berbagai zat-zat kimia dan tidak menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya digunakan untuk membuat mentega. Selain itu, terdapat banyak sekali zat aditif yang akan mengganggu kesehatan jika kamu konsumsi. Lebih baik gunakan mentega biasa untuk membuat popcorn dan pastikan kamu membuat popcorn sendiri dirumah agar terjamin kebersihan dan terbebas dari zat berbahaya. 

Pewarna Makanan

Ada beberapa jenis pewarna makanan yang masih diperbolehkan untuk digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan kamu, tentunya hanya pewarna yang berasal dari bahan alami yang aman digunakan. Pewarna makanan yang terbuat dari zat kimia buatan tidak disarankan untuk digunakan dalam jangga panjang atau rutin. Karena zat kimia pada pewarna makanan sudah terbukti mengandung zat karsinogen atau zat penyebab kanker. Apalagi jika kamu konsumsi makanan yang megandung pewarna makanan secara berlebihan, maka akan meningkatkan resiko terkena kanker. Coba deh mulai sekarang perhatikan label dan kandungan gizi serta komposisi yang terdapat dalam pewarna makanan yang biasanya dijual di supermarket atau pasar agar kamu terhindar dari pewarna makanan yang berbahaya. 


Apabila kamu sering mengonsumsi makanan-makanan di atas, sebaiknya kamu kurangi, atau bahkan berhenti mengonsumsinya. Yuk, mulai pola hidup sehat agar tubuhmu selalu bugar, ladies!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini