Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

7 Perawatan Wajah dan Tubuh Pria yang Perlu Kamu Ikuti!

Wanita juga perlu mencukur wajah? Tidak salah? Ya, ternyata ada perawatan-perawatan pria yang juga perlu dilakukan oleh wanita. Misalnya saja 7 perawatan pria ini.

Santi Berlinawati

Pria memiliki kebiasaan sendiri dalam merawat tubuh dan wajah mereka. Tapi tahukah kamu kalau beberapa perawatan wajah dan tubuh yang dilakukan para pria tersebut, sebenarnya bermanfaat juga jika dilakukan oleh wanita? Berikut ini adalah 7 Perawatan wajah dan tubuh pria yang juga harus dilakukan oleh para wanita: 

Mencukur Wajah

Tidak salah? Tidak, mencukur wajah berguna untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah dan juga merupakan cara exfoliation atau pengelupasan yang efektif. Di samping itu, permukaan kulit wajah juga semakin halus sehingga lebih memudahkan pemakaian makeup dengan hasil yang lebih bagus dan rata.

Pisau cukur pria mungkin terlalu kasar, jadi pilihlah pisau cukur wanita yang lebih lembut. Bercukurlah usai mandi, pada saat kulit masih lembab. Kamu tidak perlu memakai krim cukur, cukup sapukan pisau cukur tanpa menekannya terlalu keras dan lakukanlah seminggu sekali.  

Memotong Rambut Secara Teratur

Karena umumnya pria berambut pendek, biasanya mereka merapikan rambut setiap 4 minggu sekali. Kalau kamu juga memiliki potongan rambut pendek, kamu bisa mengikuti jadwal tersebut agar bentuk rambutmu tetap cantik. Untuk potongan rambut yang lebih panjang, lakukan setiap 4 sampai 6 minggu untuk memotong ujung rambut yang bercabang. Memotong rambut secara rutin bukan hanya untuk menjaga bentuk rambut tetap indah, namun juga untuk mencegah kerusakan rambut.

Menggunakan Alat Cukur Elektrik Untuk Merapikan Area Intim

Alat cukur elektrik dapat mengurangi resiko iritasi dan rasa terbakar yang sering terjadi ketika menggunakan alat cukur manual. Jika rambut di area intimmu sudah panjang (lebih dari 1 inch), potong terlebih dahulu menggunakan gunting. Setelah itu baru cukur dengan alat cukur elektrik.

Memotong Bulu Hidung

Rambut hidung berfungsi untuk menyaring kotoran dan polusi dari luar, namun akan mengganggu jika dibiarkan terlalu panjang. Biasanya rambut hidung pria memang lebih panjang sehingga mereka rutin memotongnya. Namun, tidak ada salahnya wanita juga melakukan kebiasaan ini, terutama jika kamu merasa terganggu dengan rambut hidungmu. Sebaiknya mencukur daripada mencabut rambut-rambut hidung karena rambut-rambut tersebut bermanfaat untuk pernapasan kita. 

Mandi Cepat

Kalau kamu termasuk orang yang sibuk, ikuti cara mandi pria yang biasanya lebih cepat. Gunakan produk-produk multitasking yang memiliki beberapa fungsi sekaligus. Misalnya saja, shampo 2-in-1 yang sudah mengandung kondisioner. Produk ini juga sangat cocok untuk rambut rapuh karena formulanya yang lebih ringan.

Investasi Perlengkapan Cukur

Bercukur merupakan sebuah ritual bagi pria, tak heran jika mereka rela berinvestasi pada alat-alat dan perlengkapan cukur yang bagus. Namun, tidak demikian dengan wanita. Kebanyakan wanita mencukur bulu ketiak atau bulu kakinya dengan perlengkapan ala kadarnya.

Mulai sekarang, ubah kebiasaan itu dan tiru ritual bercukur pria. Mulai dengan minyak yang dapat melembutkan kulit dan mempermudah penggunaan alat cukur. Setelah selesai, lembabkan kulitmu dengan lotion.

Hindari Iritasi dengan Menggunakan Bedak Tabur

Pria tahu bahwa sedikit taburan bedak merupakan cara yang efektif untuk mengatasi lecet. Hal yang sama  pun sebenarnya juga berlaku bagi wanita. Gunakan bedak tabur untuk mengatasi iritasi di tempat-tempat di mana sering terjadi gesekan kulit, seperti ketiak, paha bagian dalam, dan area di bawah payudara. Bawalah saat kamu berolahraga, dan gunakan di bawah sports bra-mu dan di antara kakimu yang lebih riskan iritasi karena gerakan-gerakan selama latihan.

Ternyata menarikdan bermanfaat juga ya meniru perawatan wajah dan tubuh yang biasa mereka lakukan!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait