Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Hati-Hati! Terlalu Sering Cuci Tangan Ternyata Bikin Tangan Cepat Keriput!

Tak mau kan kulit tanganmu cepat keriput? Ternyata cuci tangan adalah salah satu faktor yang bikin kulitmu cepat keriput, lho. Simak 3 faktor lainnya, di sini!

Melisa

Bisa tampil awet muda kendati usia terus bertambah memang menyenangkan ya, ladies. Kamu pasti jadi percaya diri dan bisa membuat orang takjub dengan usiamu yang sebenarnya. Demi awet muda, banyak sekali wanita yang rela merogoh kocek untuk melakukan perawatan kulit yang mahal.

Bukan hanya kulit wajah saja yang harus dijaga elastisitasnya. Kulit tangan pun patut diperhatikan dengan seksama. Kulit tangan yang sehat dan lembap jadi tak mudah keriput seiring bertambahnya usia.

Nah, jika kamu tak mau tangan mu cepat keriput, yuk segera hindari 4 kebiasaan berikut ini :

Terlalu Sering Cuci Tangan

Rajin mencuci tangan memang kebiasaan yang baik. Apalagi jka dilakukan sebelum makan atau memegang bagian tubuh lainnya. Akan tetapi terlalu sering mencuci tangan juga berpotensi membuat kulit tangan jadi mudah kering lho, ladies.

Zat kimia dalam sabun yang akan berhubungan langsung dengan kulit tangan rupanya bisa menyebabkan hilangnya elastisitas kulit. Supaya tanganmu tak mudah kering, kamu juga bisa menggunakan pelembap kulit secara teratur, ya.

Menggunakan Sabun Cuci Tangan yang Komposisinya Keras

Seorang dokter kulit bernama Mona Gohara menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun ber-pH netral. Di samping itu, sabun cuci tangan cair biasanya juga memiliki kandungan yang lebih lembut daripada sabun berbentuk batangan.

Usahakan untuk tidak mencuci tangan dengan sabun batangan atau deterjen untuk menjaga kelembutan kulit tangan.

Tidak Menggunakan Tabir Surya

Dokter kulit Trevor Crates menyatakan kalau wajah dan tangan adalah bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari. Menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah memang sudah biasa. Tetapi menggunakannya untuk tangan mungkin masih terbilang jarang.

Menggunakan tabir surya pada tangan secara teratur akan meminimalkan efek buruk sinar matahari terhadap kulit tangan.

Sering Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer (produk pembersih tangan) adalah salah satu produk kebersihan praktis yang mulai banyak digunakan. Meskipun ampuh melawan kuman pada tangan, kandungan alkohol pada hand sanitizer ternyata kurang berdampak baik pada tangan. Sebab, kandungan alkohol dalam hand sanitizer berpotensi membuat tangan jadi kering dan cepat keriput.

Wah, ternyata banyak juga ya kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan kulit tanganmu. Dari keempat kebiasaan tersebut, manakah yang paling sering kamu lakukan, ladies?

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait