Foto 4 Mitos yang Salah Mengenai Pori-Pori Kamu

4 Mitos yang Salah Mengenai Pori-Pori Kamu

Foto Yenni Octavia
Kamu sering mendengar mitos seputar pori-pori wajah? Jika ingin tau bagaimana fakta tentang pori-pori wajah, yuk baca artikel ini!

Di dalam masyarakat pasti ada saja perkataan orang dulu yang disimpan karena dikira benar. Perkataan itu disebut mitos, kan? Tetapi, ternyata dengan semakin majunya penelitian, banyak mitos-mitos yang kemudian terbukti salah. Berikut ini adalah 4 mitos yang salah mengenai pori-pori:

Mitos 1: Pori-pori yang Sudah Terlanjur Lebar, Sulit dan Bahkan Tidak Dapat Diatasi

Fakta: Pada dasarnya setiap orang dilahirkan dengan kondisi kulit yang bagus. Masalah yang timbul pada kulit, termasuk pori-pori besar, terjadi karena kosmetik dan perawatan yang salah. Pori-pori menjadi besar disebabkan karena kadar air dan minyak pada jaringan kulit tidak seimbang. Mencuci muka terlalu sering akan membuat muka menjadi kering dan secara otomatis wajah akan memproduksi minyak lebih banyak untuk melindungi wajah dari kekeringan. Jadi, jika kadar keduanya sudah normal, tekstur pori pun akan kembali halus.

Mitos 2: Facial Akan Membuat Pori-Pori Melebar

Fakta: Perawatan facial pada wajah kita tidak akan membuat pori-pori menjadi lebar, karena proses ekstraksi pada salah satu tahapannya. Terjadinya pori-pori yang melebar atau justru scar muncul akibat teknik facial yang salah, karena pada tahap akhir tidak dilakukan penutupan kembali dengan masker atau alat yang tidak memadai.

Mitos 3: Pori-pori Besar Berpotensi Menyebabkan Jerawat

Fakta: Munculnya jerawat pada wajah bukan karena ukuran pori-pori yang lebar dan kecenderungan kulit wajah berminyak. Jerawat lebih disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh. Hanya, jika ketidakseimbangan hormon ini terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit kering, dapat berefek pada kekusaman kulit.

Mitos 4: Pori-pori Bertambah Besar Seiring Pertambahan Usia

Fakta: Besar kecilnya pori-pori tidak tergantung pada bertambahnya usia. Pelebaran pori hanya dikarenakan kadar air dan minyak dalam kulit yang tidak seimbang. Hal yang memungkinkan adalah kulit menjadi lebih kering saat usia bertambah karena penyerapan nutrisi yang tidak maksimal karena sel-sel tubuh sudah tidak bekerja dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan moisturizer yang melembapkan kulit sehingga pori-pori tidak menjadi lebar.

Nah, apa ada mitos yang sempat kamu percaya dari empat mitos di atas?

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini