Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Oops! Obat-obatan Ini Ternyata Malah Membuat Berat Badanmu Bertambah

Berat badan berlebih sering diasosiasikan dengan pola makan tidak sehat, serta kurang berolahraga. Namun, tahukah kamu kalau naiknya berat badan bisa juga akibat dari konsumsi obat tertentu?

Santi Berlinawati

Tidak banyak orang yang benar-benar mengetahui efek samping dari obat-obatan yang mereka konsumsi. Tak heran, jika banyak yang terkejut dengan perubahan-perubahan yang terjadi setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya saja perubahan berat badan yang naik secara signifikan setelah menjalani pengobatan. Apa saja sih jenis obat yang bisa menyebabkan berat badan naik?

Jenis Obat-obatan yang Bisa Menambah Berat Badanmu

Inilah beberapa jenis obat-obatan yang berdampak pada meningkatnya berat badanmu:

Antidepresan

Antidepresan terkadang diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan, terutama gangguan-gangguan psikis. Selain itu, obat ini juga sering diberikan kepada wanita berusia paruh baya yang mulai terganggu dengan gejala menopause akibat menurunnya hormon estrogen.

Sayangnya, meskipun antidepresan dapat meringankan masalah-masalah di atas, namun obat ini tetap memiliki efek samping yang kurang menguntungkan. Salah satunya adalah dapat membuat tubuh semakin gemuk. Efek berat badan yang bertambah bagi pemakai antidepresan ini terjadi pada kurang lebih 25% orang yang mengkonsumsi antidepresan dalam jangka panjang.

Jika kamu mengkonsumsi antidepresan, dan mendapati berat badanmu semakin bertambah dari hari ke hari, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan doktermu dan meminta ganti dengan jenis obat yang berbeda. Di samping menambah berat badan, antidepresan juga bisa meningkatkan resiko gangguan tulang terutama pada wanita-wanita dewasa.

Kortikosteroid

Obat-obatan dari jenis kortikosteroid pada umumnya digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang terjadi akibat inflamasi. Misalnya saja asma, lupus, rheumatoid arthritis, dan lain-lain.

Akan tetapi, keampuhan obat ini tidak lepas dari efek samping jangka pendek maupun jangka panjangnya. Mengkonsumsi obat-obatan kortikosteroid dapat menambah berat badanmu karena terjadi retensi cairan dan peningkatan nafsu makan.

Besarnya efek samping dari mengkonsumsi obat ini juga tergantung pada seberapa banyak dosis yang kamu konsumsi, serta berapa lama kamu mengkonsumsinya. Kalau kamu mengkonsumsi obat jenis ini, kamu bisa mengamati perubahan letak tumpukan lemak di dalam tubuh. Lemak akan lebih banyak tertimbun di bagian wajah, leher belakang, dan perut.

Efek samping lain yang mungkin terjadi dari mengkonsumsi kartikosteroid antara lain adalah tekanan darah tinggi, tulang rapuh, menstruasi tidak teratur, dan mudah terkena infeksi. Jika kamu tidak ingin terlihat semakin gemuk, diskusikan bersama doktermu untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.

Obat-obatan Lain

Selain antidepresan dan kartikosteroid, masih ada jenis-jenis obat-obatan lainnya yang bisa menyebabkan berat badan bertambah. Di antaranya adalah obat-obatan antipsikotik, obat-obatan untuk mengatasi migrain, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu, bertanyalah kepada doktermu dengan sejelas-jelasnya mengenai efek samping apa yang akan disebabkan oleh obat-obatan tersebut. Apalagi obat-obatan yang harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, kamu harus lebih teliti.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy