Foto 10 Kesalahan Dalam Menggunakan Sunblock

10 Kesalahan Dalam Menggunakan Sunblock

Foto Atisatya Arifin
Sunblock wajib dipakai setiap hari. Tapi apakah kamu yakin sudah menggunakan sunblock secara tepat? Ini dia 10 kesalahan yang sering kita lakukan saat menggunakan sunblock

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? Kulit sehat tentunya tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan. Kamu harus menggunakan berbagai produk perawatan kulit, termasuk melindungi kulit dari paparan sinar matahri langsung dengan menggunakan sublock. Sayangnya masih banyak orang yang malas menggunakan sublock dengan atau bahkan salah. 

Agar sublock bisa melindugi kulit kamu dengan maksimal, hindari 10 kesalahan dalam menggunakan sublock yang paling sering terjadi berikut ini! 

Overcast Weather

Kesalahan 1: Tidak Menggunakan Sublock Saat Cuaca Mendung

"Cuacanya sedang mendung kok, jadi nggak perlu pakai sublock."

Oh my... Ladies, mau matahari bersinar terik, berawan, atau mendung sekalipun, jangan sampai kamu tidak menggunakan sublock ya. Meskipun cuaca mendung,40% dari sinar UV tetap bisa menembus awan dan membahayakan kulit kamu.

Kesalahan 2: Sedikit Saja Sudah Cukup

"Pakai sunblock-nya sedikit aja biar irit."

Ketika kita hanya menggunakan sublock tipis-tipis, perlindungan dari sublock pun bisa berkurang 1/3 dari angka SPF yang tertera pada label. Untuk wajah sendiri, kamu membutuhkan sublock dalam jumlah kurang lebih sebesar uang logam 100 rupiah. Sedangkan untuk seluruh badan (kaki, tangan, punggung dan perut), kamu membutuhkan sublock sebanyak 1 gelas sloki. Jadi, jangan pelit dalam mengaplikasikan sublock-mu ya.

BACA JUGA: Masih Males Pakai Sunscreen? Duh, Cek Deh Manfaatnya!

Kesalahan 3: Beraktivitas di Ruang Tertutup

"Aku cuma di dalam rumah aja, jadi nggak perlu pakai sunblock kan?"

Meskipun kamu di dalam rumah atau kantor yang notabene tidak terkena sinar matahari langsung, bukan berarti kamu sudah benar-benar terlindungi. Sinar UVB, sinar matahari yang dianggap paling berbahaya, masih bisa mengenai kulit kamu secara tidak langsung. Sinar UVB, meskipun sudah terpecah-pecah oleh awan dan elemen lainnya di atmosfer, masih bisa memantul kembali dari permukaan yang memantulkannya misalnya pasir atau aspal.

Kesalahan 4: Menggunakan Sunblock Sesaat Sebelum Keluar Rumah

"Aku ke luar rumahnya masih setengah jam lagi kok, nanti aja pakenya."

Kulit membutuhkan waktu setidaknya 30 menit untuk menyerap sublock. Jadi kalau kamu baru menggunakan sublock beberapa saat sebelum beraktivitas atau saat berada di bawah sinar matahari, kulit kamu tidak akan mendapatkan perlindungan apapun dan beresiko terbakar atau bahkan kanker kulit!

Kesalahan 5: Tidak Mengaplikasikan Ulang

"Sunblock aku kan sweat-proof dan waterproof, jadi nggak perlu re-apply dong."

Meskipun sublock kamu mengklaim anti air dan anti keringat, bukan berarti sublock mu tidak akan luntur bukan? sublock waterproof hanya bisa melindungi kulit selama 40 menit di dalam air. Kamu tidak berkeringat atau tidak berenang? Tetap saja sublock kamu tidak akan melindungi kamu seharian penuh, ladies!

Untung memaksimalkannya, ulangi pemakaian sunblock setiap 2 jam sekali sepanjang hari dan setelah berenang, berkeringat, atau mengeringkan bagian tubuh dengan handuk.

Kesalahan 6: Foundation Ber-SPF Saja, Cukup!

"Pelembab dan alas bedak aku kan udah ber-SPF, buat apa pakai sunblock lagi?"

Hampir sebagian besar produk perawatan kulit dan makeup kini sudah dilengkapi dengan perlindungan SPF, tetapi ini tidak menjamin kulit wajah kamu terlindung dari radiasi buruk sinar matahari. Apalagi kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dan berkeringat. Kembali lagi ke poin nomor 2 dan 5, tentu tidak mungkin kamu menggunakan terus bedak dan foundation kamu bukan? So, tetap gunakan sunblock dalam ritual skincare kamu ya, cantik. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari ya!

BACA JUGA: Apa Itu SPF? Yuk Kenali Lebih Jelas Agar Tidak Salah Pilih!​

Lipbalm SPF

Kesalahan 7: Memilih Sunblock yang Tinggi SPF

"Sunblock aku SPF-nya tinggi lho, jadi pasti sudah terlindung maksimal."

Hmm, sebetulnya besarnya angka SPF pada sublock tidak berbanding lurus dengan kemampuannya melindungi dari sinar UV lho. Dengan SPF 30, sublock kamu sudah bisa memberikan perlindungan terhadap sinar matahari sebanyak 97%.  Perbedaannya sangat kecil dengan SPF 50 yang menghalangi 98 persen dan 99 persen pada SPF 75.

So, nggak ada SPF yang 100% menghalangi radiasi sinar UV. Ketika membeli sublock, pastikan kamu memilih produk yang memiliki 'broad spectrum'. Broad spectrum ini menandakan bahwa sublock akan melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. 

Kesalahan 8: Tidak Menggunakan di Bagian Biibir

"Sunblock itu hanya untuk wajah dan badan aja, buat apa dipakai di bibir?" 

Sama hal-nya dengan kulit di bagian tubuh lainnya, kulit bibir juga memerlukan perlindungan dari sinar matahari. Ketika bibir terpapar sinar matahari tanpa ada proteksi, bibir juga bisa menghitam lho. Jadi selalu gunakan lip balm atau lipstick yang mengandung SPF yaa. 

BACA JUGA: Bibir Keringku Sayang, Bibir Keringku Malang​

Sunbathing

Kesalahan 9: Berjemur di Bawah Sinar Matahari

"Aku udah pakai sunblock, berarti aku nggak perlu kuatir panas-panasan di bawah sinar matahari."

Meskipun kamu sudah menggunakan sublock, bukan berarti kamu bisa berjemur di bawah terik matahari sepuasnya. Bahaya dari sinar UV tetap mengancam lho. Jadi, kalau memang kamu terpaksa harus panas-panasan, usahakan tetap memberikan perlindungan ekstra seperti menggunakan payung, topi, kaus kaki, atau jaket. 

Kesalahan 10: Selalu Menyamaratakan

"Yang namanya sunblock itu semua sama. Nggak ada bedanya."

Jangan salah pilih sublock. Alih-alih ingin terlindungi dari bahaya sinar matahari, yang ada kamu malah mengalami breakout hanya karena menggunakan sunblock yang tidak cocok dengan kulit kamu. Seperti hal-nya skincare, memilih sublock juga tidak bisa sembarangan.

Apabila kamu memiliki kulit berminyak dan acne-prone, carilah sublock yang water-based dan oil-free. Sedangkan untuk kamu yang memiliki jenis kulut kering, pilihlah sublock yang memiliki kandungan melembabkan seperti aloe vera atau glycerin. 


Apakah ada di antara kesepuluh kesalahan ini yang kamu lakukan, ladies? Kalau iya, yuk segera diubah agar kulit kita terlindung secara maksimal dari bahaya sinar UV matahari. 

BACA JUGA: Perbedaan Sunblock dan Suncreen yang Perlu Kamu Ketahui!​

Foto Atisatya Arifin

Atisatya Arifin

A beauty blogger wannabe - An EFL teacher - A multi-tasking mom

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani