Foto 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Produk dengan Kandungan Tea Tree Oil

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Produk dengan Kandungan Tea Tree Oil

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Kandungan alami ini sudah banyak ditemukan pada produk-produk perawatan kulit, khususnya untuk kulit berjerawat dan berminyak. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak artikel ini!

Tea tree oil diekstrak dari tanaman Melaleuca alternifolia ayau yang lebih dikenal dengan istilah Narrow-leaved Tea Tree. Tanaman ini mulanya dipakai oleh sebuah suku di Australia sebagai bahan racikan obat herbal untuk meredakan batuk, demam dan mencegah infeksi pada luka di kulit. Tea tree oil juga digunakan saat Perang Dunia II karena khasiatnya untuk merawat infeksi pada luka yang dialami para prajurit saat itu.

Kini, sudah banyak produk perawatan yang memiliki kandungan tea tree oil, mulai dari perawatan kulit sampai dengan rambut. Sebenarnya, apa saja sih manfaat tea tree oil ini? Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Apabila kamu memiliki masalah kulit kering, coba gunakan produk dengan kandungan tea tree oil! Selain untuk menjaga kelembapan kulit, tea tree oil juga bisa membuat kulitmu terasa lebih lembut dan kenyal. Beberapa orang juga mencampurnya dengan minyak zaitun atau jojoba untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Melawan Infeksi Kulit

Seperti yang telah dipaparkan sbelumnya, tea tree oil memiliki manfaat untuk menyembuhkan infeksi pada kulit. Tea tree oil memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit akibat infeksi, seperti kutil, kurap atau luka.

3. Mengatasi Ketombe

Jika kamu memliki masalah kulit kepala berketombe, kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk membantu mengatasinya, ladies! Campurkan tea tree oil pada sampo, dan gunakan untuk keramas secara rutin selama beberapa minggu. Lihatlah hasil yang memuaskan dari tea tree oil tersebut setelah beberapa minggu melakukannya!

4. Mencegah Rambut Rontok

Gunakan tea tree oil sebagai minyak pijat pada rambut dan kulit kepala yang mengalami kerontokkan. Kamu bisa mencampur tea tree oil dengan telur, yogurt dan madu untuk dijadikan masker rambut. Aplikasikan pada rambut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini seminggu sekali. Jika kamu melakukannya secara rutin, rambutpun akan menjadi lebih sehat dan kuat.

5.  Mengurangi Jerawat

Tea tree oil dapat melawan jerawat dan mengurangi produksi sebum kulit yang menyebabkan kulit berminyak. Selain itu, tea tree oil juga dapat membantu mengobati jerawat serta mencegah kondisinya menjadi semakin parah akibat peradangan. Kamu tinddal mengoleskan tea tree oil pada area yang berjerawat untuk membunuh bakterinya atau mencampurnya dengan lidah buaya dan menjadikannya masker. 

6. Menghilangkan keputihan

Dengan kandungan anti bakteri dan anti jamur, tea tree oil ini ternyata juga bisa digunakan untuk mencegah keputihan dan bau tak sedap pada daerah Miss V. Caranya, masukkan 2 sdm tea tree oil dan oleskan ke daerah Miss. Lakukan setiap hari sebanyak 1-2 kali. Selain itu, pastikan kebersihan dan kelembapan area Miss V untuk hasil yang maksimal.

7. Mencegah Bau Mulut dan Sakit Tenggorokan

Campurkan 2-3 tetes tea tree oil ke dalam air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari akan membantu menyembuhkan penyakit tenggorokan. Larutan obat kumur tea tree oil juga bisa mengatasi bau mulut. Kumurlah setelah sikat gigi, maka bakteri penyebab bau mulut serta plak gigi akan hilang.


Wah, ternyata banyak ya manfaat tea tree oil! Semoga informasi ini dapat bermanfaat untukmu ya, ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini