Foto 10 Cara Merawat Wajah Terbaik Untuk Menghindari Kerutan dan Kerusakan

10 Cara Merawat Wajah Terbaik Untuk Menghindari Kerutan dan Kerusakan

Mau kulit wajah terhindar dari kerutan dan kerusakan? Mulai dengan 10 cara merawat wajah yang benar ini!

Kulit wajah yang indah dan awet muda memang dambaan setiap wanita. Tapi tanpa kita sadari, sebenarnya kita sendiri yang membuat kulit kita menjadi rusak dan cepat tua. Hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari dapat menjadi penentu bagi keindahan kulit. Cara merawat wajah yang salah dapat membuat wajahmu terkena banyak masalah dan bisa menjadi lebih tua dari usiamu, lho!

10 Cara Merawat Wajah yang Benar

Agar kulitmu dapat terhindar dari kerutan dan kerusakan dini, coba 10 cara merawat wajah ini! Klik NEXT untuk mengetahui cara merawat wajah yang benar selengkapnya ya, ladies!

 

1. Stop Gonta-ganti Produk

Cara merawat wajah yang benar #1: Stop gonta-ganti produk

Apa skin care-mu masih terdiri dari berpuluh-puluh botol facial wash, serum, pelembab dan sebagainya yang baru setengah digunakan? Tiap minggu mengganti skin care? Itu tandanya kamu harus mulai pintar memilih mana skin care yang penting bagimu dan membuang lainnya. Terkadang kita merasa suatu produk tidak cocok dan ingin mengganti dengan produk yang lain tanpa memberikan waktu pada suatu produk itu untuk bekerja. Oleh karena itu cukup bertahan pada beberapa produk yang kamu anggap baik dan coba hingga beberapa bulan sebelum kamu menentukan apakan produk itu cocok atau tidak.

2. Bersihkan Wajah dengan Benar

Cara merawat wajah yang benar #2: Bersihkan wajah dengan teliti

Pilihlah facial wash atau cleanser yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Hindari memilih facial wash yang membuat kulit mu terasa kering dan kesat, karena tandanya produk itu telah menghilangkan kelembapan alami kulitmu. Selain itu, pastikan kamu benar-benar bersih saat membersihkan wajah. Coba lakukan gerakan memutar saat membersihkan wajah karena hal ini juga dapat menstimulasi peredaran darah ke wajah yang membuatnya lebih cerah dan terlihat sehat.

3. Gunakan Scrub Lembut Sesekali

Cara merawat wajah yang benar #3: Gunakan scrub lembut

Cara merawat wajah yang benar selanjutnya adalah dengan melakukan scrubbing beberapa waktu sekali. Kita memiliki sekitar 50 juta sel kulit mati setiap harinya, oleh karena itu penting mengeksfoliasi wajah sesekali. Walaupun begitu, pilihlah produk eskfoliasi yang mengandung scrub yang lembut dan tidak kasar. Scrub yang kasar dapat membuat kulit kita menjadi iritasi dan rusak, sedangkan scrub lembut akan membantu membersihkan kulit dan juga pori-pori tanpa iritasi. Cukup lakukan eskfoliasi 2-3 kali seminggu atau cukup sekali seminggu.

4. Gunakan Pelembap

Cara merawat wajah yang tepat #4: Gunakan pelembap

Jangan terbuai dengan mitos 'kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembap'. Pasalnya kulit yang berminyak belum tentu lembab. Oleh karena itu bagi kamu yang kulitnya berminyak dan takut kulitmu tambah berminyak saat dipakaikan pelembab, pilihlah pelembab yang ringan atau gunakan serum. Jauhi krim pelembab yang terlalu kental karena hal ini lebih cocok untuk kulit normal atau kering. Maka dari itulah, cara merawat wajah yang tepat adalah menggunakan pelembap.

5. Gunakan Sunscreen

Cara merawat wajah yang tepat #5: Gunakan sunscreen

Cara merawat wajah yang tepat selanjutnya adalah rutin menggunakan sunscreen. Mungkin suncreen belum terlalu diperhatikan oleh wanita Indonesia karena kulit kita tidak sesensitif orang berkulit putih. Walaupun begitu, sebenarnya sunscreen sangat penting digunakan! Sunscreen dapat melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit, terutama kulit wajah! Tanpa kita sadari, flek hitam atau kerutan dapat muncul karena kita tidak melindungi kulit dari sinar UV! Oleh karena itu pastikan kamu menggunakan setidaknya produk ber-SPF 15 dengan PA yang tinggi setiap kali kamu keluar ruangan agar kulit terlindungi. Pastikan kamu mengolesinya berulang kali beberapa jam sekali.

6. Stop Memencet Jerawat

Cara merawat wajah yang tepat #6: Stop memencet jerawat

Memencet jerawat memang sangat menyenangkan bagi beberapa orang dan dapat menjadi kebiasaan yang tidak kita sadari. Tetapi sebenarnya memencet jerawat bukannya membuatnya cepat hilang tapi malah dapat membuat jerawat bertambah parah dan membuat kulitmu rusak. Oleh karena itu, atasi jerawat dengan produk jerawat dan hentikan memencet jerawat adalah bagian dari cara merawat wajah yang tepat.

7. Coba Gunakan Retinol

Cara merawat wajah yang tepat #7: Gunakan retinol

Retinol merupakan suatu bentuk dari vitamin A yang sering dijumpai di berbagai produk kosmetik yang biasanya dianggap sebagai anti-aging. Cara merawat wajah dengan retinol dipercaya dapat merangsang produksi kolagen dan membuat kulit lebih kencang. Walaupun kamu belum memiliki kerutan, tetapi saat memasuki usia 20 ada baiknya kita mulai menggunakan retinol. Karena selain merangsang kolagen, retinol juga dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit, serta mengurangi kerusakan kulit akibat serangan sinar UV.

8. Coba Lakukan Facial

Cara merawat wajah yang tepat #8: Lakukan facial

Cara merawat wajah yang tepat selanjutnya adalah dengan melakukan facial. Ternyata facial memang baik untuk kulit. Setidaknya lakukan perawatan facial sekali dalam dua atau tiga bulan karena hal ini dapat membantu kulit menjadi lebih sehat, lebih cerah dan juga lebih bersih. Tetapi, pastikan kamu memilih tempat facial yang bagus dan terpercaya, karena tidak sedikit facial yang kurang profesional yang malah menimbulkan masalah pada kulit.

9. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara merawat wajah yang tepat

Memang hal ini terdengar sepele, tetapi tidur yang cukup dan tepat waktu adalah salah satu cara merawat wajah yang benar dan akan membuat kulitmu lebih sehat dan terhindar dari kerusakan. Saat tidur seluruh sel dalam tubuh memperbaiki dirinya, begitu juga pada wajah. Tidur yang cukup dapat membuat seseorang terhindar dari kerutan dan juga dapat membuat kulit lebih sehat. Oleh karena itu pastikan tidurmu cukup dan hentikan tidur terlalu larut!

10. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan bagian dari cara merawat wajah yang benar

Cara merawat wajah terbaik yang terakhir adalah mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, makanan yang sehat juga dapat membuat kulit mu menjadi sehat. Coba konsumsi makanan-makanan yang mengandung omega-3 fatty acids yang tinggi, seperti kacang, salmon, makarel, tuna dan sebagainya, serta kurangi mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji.


Nah ladies, apa kamu mau mencoba 10 cara merawat wajah ini agar kulitmu tetap indah?

Artikel Selanjutnya

Foto Cut Auzola Azalia

Cut Auzola Azalia

A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani