Foto Belajar Merapikan Barang-barang dari Sosok Marie Kondo

Belajar Merapikan Barang-barang dari Sosok Marie Kondo

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Tak ada kata terlambat untuk merapikan rumah. Marie Kondo bahkan mampu mempengaruhi hidup banyak orang dengan metode merapikan barang yang diterapkannya.

Apakah kamu suka menata barang-barang hingga rapi?

Bagi sebagian orang, kegiatan membereskan barang-barang dianggap sangat menjengkelkan. Tidak herankan jika banyak orang yang membiarkan rumahnya terlihat berantakan karena barang-barang yang berserakan.

Seharusnya sekarang tak ada lagi halangan untuk menata barang secara apik. Sebab keberadaan internet memudahkan kamu mencari inspirasi tentang cara menata barang. Bahkan kamu juga bisa belajar dari keterampilan Marie Kondo, wanita asal Jepang yang populer dengan keahliannya menata barang-barang.

Mengenal Sosok Marie Kondo

Marie Kondo adalah seorang penulis buku asal Jepang sekaligus konsultan untuk bidang penataan barang. Awalnya Marie Kondo hanyalah seorang gadis biasa. Namun sejak kecil ia sudah memiliki kegemaran merapikan barang-barang di rumahnya. Semua jenis barang bisa disimpan secara apik hingga hemat tempat.

Maklum saja, Jepang memang salah satu negara dengan ukuran rumah yang relatif kecil karena keterbatasan lahan. Hal ini pun mendorong Marie kecil untuk lebih piawai menata barang. Sejak bekerja di kuil Shinto, kemampuan Marie dalam menata barang-barang pun kian terlatih.

Tentang Konmari Method

Setelah bertahun-tahun menata barang, Marie akhirnya menemukan suatu metode penataan barang yang diberi nama Konmari Method. Metode tersebut kemudian ia tuangkan dalam sebuah buku berjudul The Life- Changing Magic of Tidying Up. Buku tersebut mengisahkan tentang metode penyimpanan barang-barang yang masih digunakan atau dibutuhkan.

 

Marie menyebutkan bahwa menyimpan dan menata barang harus memberikan rasa bahagia. Barang-barang yang tidak dibutuhkan sebaiknya dibuang atau didonasikan kepada orang yang membutuhkan. Sedangkan barang yang masih digunakan lebih baik diletakkan pada kotak-kotak tertutup agar mudah ditemukan saat dicari.

Uniknya, sebelum meyingkirkan atau memberikan barang-barang kepada orang lain, Marie Kondo akan memeganginya sambil mengucapkan terima kasih pada barang tersebut. Unik sekali ya, ladies?

Perubahan Besar yang Berhasil Dilakukan Marie Kondo

 

Teknik merapikan barang tentu terdengar sepele ya, ladies. Namun berkat kemunculan buku karya Marie Kondo yang jadi best seller, banyak orang yang tergerak merapikan barang-barang di rumahnya. Sebagian dari mereka yang berhasil merapikan rumah pun mengirimkan foto-foto rumahnya yang rapi kepada Marie. Kepiawaian Marie dalam menata barang dan memberikan pengaruh positif pada orang lain membuat ia dinobatkan sebagai salah satu bagian dari the most 100 influential people tahun 2015 versi majalah Time.

Sesungguhnya belum terlambat untuk membuat rumah jadi tampak lebih rapi dan nyaman. Perilaku konsumtif memang sering membuat masyarakat modern tergiur membeli banyak barang. Tetapi penggunaan metode penataan barang yang tepat membuat rumah kesayanganmu tetap rapi setiap saat.

Kalau Marie Kondo saja bisa membuat perubahan besar dari kegemarannya menata barang-barang, mengapa kamu tidak?

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini