Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Bergadang Efektif dan Tidak Mengganggu Kesehatan, Ini Caranya!

Ada kalanya kita harus bergadang karena harus menyelesaikan tugas yang sudah ditunggu deadline. Langkah-langkah ini akan membantumu tetap konsentrasi, tidak mengantuk dan tidak mengganggu kesehatan

Santi Berlinawati

Kurang tidur sebenarnya sangat tidak dianjurkan karena dapat berefek tidak baik bagi tubuh, termasuk merusak mood, fungsi otak yang menurun, obesitas, diabetes, serta mengganggu metabolime tubuh. Namun, apa daya jika tugas kantor menumpuk dan harus diselesaikan malam ini juga?  

Jika kamu memang terpaksa bergadang, maka ikuti langkah-langkah berikut ini agar bergadangmu efektif dan tidak sia-sia. 

Menabung Tidur Sebelumnya

Meskipun kamu tidak bisa selalu tahu pasti kapan harus bergadang, namun sebenarnya kamu dapat sedikit memprediksinya. Misalnya saja kamu bisa melihat kapan deadline laporan, jadwal perjalanan dinas, dan lain-lain. Kalau kamu sudah sering tidur larut malam dan kemudian harus bergadang sampai pagi, efek sampingnya akan semakin besar.

Sebaliknya, jika malam-malam sebelumnya kamu tidur selama 7 – 9 jam seperti yang direkomendasikan, maka efek sampingnya akan lebih ringan. Jika memungkinkan, tidur siang selama 20 menit juga sangat membantu. Pilihlah tidur siang singkat (kurang dari 20 menit) atau yang lebih lama (60 – 90 menit).

Nyalakan Lampu

Salah satu penyebab kantuk adalah aktifnya hormon melatonin akibat ruangan yang gelap. Jadi kalau kamu mau terjaga semalaman, gunakan lampu yang cukup terang. Khususnya lampu yang dekat dengan mata, seperti lampu meja atau layar komputermu. Cahaya lampu atau monitor tersebut akan membuat otakmu lebih siaga.  

Jaga Temperatur Ruangan

Penelitian menunjukkan bahwa ruang yang dingin adalah tempat terbaik untuk tidur. Sehingga, kalau kamu berencana untuk tidak tidur, solusinya adalah berada di ruangan atau area yang tidak terlalu dingin ataupun tidak terlalu panas. So, atur temperatur ruanganmu atau kenakan beberapa lapis baju agar tubuh terasa hangat dan bisa terjaga.

Hindari Gula Dan Makan Protein Dan Karbo

Mengkonsumsi gula, seperti permen, tidak akan memberimu energi dalam waktu yang lama. Memang gula akan menaikkan tingkat energimu secara drastis. Namun tak lama kemudian, energi tersebut akan drop juga. Oleh sebab itu, fokuslah pada makanan yang bisa memberimu stok energi dalam waktu lama. Misalnya saja makanan yang tinggi protein, seperti kombinasi greek yogurt dan buah beri atau apel serta selai kacang. Hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi, seperti  ayam goreng karena terlalu berat. Jangan makan semuanya sekaligus, namun makanlah sedikit demi sedikit sepanjang malam.

Minumlah Sedikit Kopi dan Lebih Banyak Air Putih

Bagi orang dewasa, jumlah konsumsi kafein yang diperbolehkan setiap hari adalah 400 mg atau 4 cangkir kopi. Kalau kamu akan bergadang, minumlah kopi sebanyak 100-200 mg atau 1-2 cangkir kopi saja dan berikan jeda setiap kali kamu meminumnya. Minum kopi sembari makan camilan dapat memperlambat pelepasan kafein ke dalam sistem di dalam tubuhmu. Yang harus diingat adalah jangan sampai overdosis karena bisa membuatmu jadi gelisah dan menurunkan konsentrasimu. Setelah minum kopi, minumlah air agar konsentrasimu kembali dan sistem imun di tubuhmu bekerja dengan lebih baik.

Kunyah Permen Karet

Ada studi-studi yang menunjukkan hubungan antara mengunyah permen karet dengan meningkatnya kewaspadaan. Pilihlah rasa mint karena dapat meningkatkan aktifitas otak. Selain itu, mencium aroma peppermint akan menambah memori.

Bangun Dan Berjalan-jalan

Agar tidak kalah dengan rasa kantukmu, beristirahatlah setiap 45 menit dengan berjalan-jalan. Kalau kamu banyak minum air putih, maka kamu akan sering beranjak dengan sendirinya. Jika kamu bekerja dengan komputer, penting juga untuk mengistirahatkan matamu sesekali. Alihkan pandanganmu dari monitor dan lihatlah sesuatu di kejauhan agar otot mata lebih rileks.  

Usai bergadang, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk istirahat. Hindari aktifitas menyupir karena bisa berbahaya. Konsumsi makanan bergizi, buah, dan sayuran, serta cukup minum akan membantu fisikmu segera pulih dari rasa lelah. Selamat berjuang ladies!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy