Kawaii Beauty Japan

Makeup

Ingin Mencoba Makeup Permanen? Ketahui Dulu Pro dan Kontranya!

Sulam alis dan bibir sekarang ini termasuk makeup permanen dan merupakan prosedur kecantikan yang sedang tren. Sebenarnya apa itu makeup permanen dan apa saja pro dan kontra-nya?

Santi Berlinawati

Seorang ahli dermatologi dari Manhattan Dermatology & Cosmetic Surgery di New York bernama Dendy Engelmen, mengatakan bahwa makeup permanen merupakan seni menanamkan pewarna atau pigmen ke dalam lapisan dermis pertama pada kulit. Tujuannya adalah untuk memperbaiki bentuk area tertentu, seperti alis, bibir, dan garis bulu mata.

Belakangan ini, tentu kamu sering mendengar soal sulam alis, eyeliner ataupun lip liner. Tidak sedikit wanita yang telah menjalani prosedur yang menuai pro dan kontra ini. Prosedur ini dilakukan mirip dengan pembuatan tato yang biasanya menggunakan bius lokal sehingga tidak terasa sakit. Selain itu, prosedur semacam ini juga bisa digunakan untuk menutupi noda-noda pada kulit, seperti karena stretch mark dan bekas luka operasi.

Pro Makeup Permanen

1. Hemat Waktu

Alasan wanita memilih makeup permanen biasanya untuk menghemat waktu. Misalnya saja membuat garis bibir permanen lebih lebar dengan tujuan agar bibir terlihat lebih penuh dan sensual. Cara ini cukup membantu, terutama bagi wanita dengan kesibukan tinggi sehingga tidak perlu lagi terburu-buru memakai lip liner.

2. Lebih Halus 

Hasil dari makeup permanen seharusnya halus, dan tidak mengubah penampilan seseorang secara drastis. Seperti yang dikatakan oleh Linda Dixon, M.D, presiden The American Academy Of Micropigmentation, “Kami ingin wanita tetap terlihat seperti diri mereka sendiri, hanya tampak lebih baik.”

3.Cocok Untuk yang Tidak Mahir Mengaplikasikan Makeup

Keuntungan menjalani prosedur ini juga sangat cocok untuk mereka yang tidak mahir mengaplikasikan makeup. Bahkan seorang model sekalipun tidak menjamin bisa menggunakan makeup dengan baik. Oleh sebab itulah, Anne Klein dari Aspen, CO, yang dulunya berprofesi sebagai model memilih membuat eyeliner permanen. Dia yang dulunya selalu terlihat seperti badut sirkus dengan eyeliner berantakan, kini bisa tampil dengan mata indah tanpa harus bersusah payah.

4. Anti-Alergi

Satu lagi yang bisa menjadi alasan bagus kenapa makeup permanen lebih baik untukmu adalah jika kamu memiliki alergi terhadap kosmetik. Prosedur ini akan sangat membantu membuatmu terlihat menawan meskipun tanpa makeup atau hanya dengan makeup minimalis.

Kontra Makeup Permanen

1. Mengandung Risiko

Makeup permanen, seperti halnya prosedur-prosedur kecantikan lainnya, masih mengandung risiko. Seperti yang dialami Liza Cocuzza dari Citrus County, Amerika. Wanita ini merasa kesulitan dengan eyeliner yang sering meleleh dan merusak riasannya. Oleh sebab itulah dia menjalani pembuatan eyeliner permanen di spa tempat saudara iparnya menjadi manajer. Sayangnya, pada saat proses pemberian obat mati rasa, hal tersebut justru membakar kornea matanya. Cocuzza harus merasakan sakit pada matanya selama 3 bulan. Dan dia berkata tidak akan pernah mencobanya lagi.

2. Salah Sedikit Bisa Berakibat Fatal

Dixon mengatakan bahwa teknisi yang sudah terlatih harusnya mampu mengaplikasikan anastesi lokal untuk mematikan rasa sakit. Apalagi untuk area-area sensitif seperti bibir dan mata, di mana sedikit saja salah melakukan gerakan, akan berakibat fatal. Bibir merupakan area paling rawan masalah karena bisa melepuh usai menjalani prosedur.

3. Rasa Sakit Usai Prosedur

Engelmen menjelaskan bahwa selain rasa sakit sedikit usai prosedur dilakukan, hampir tidak ada efek samping lain jika dilakukan oleh teknisi atau dokter yang benar-benar ahli. Risiko terbesar biasanya berupa rasa kurang puas dengan hasil yang didapat.

4. Tawaran Menarik dari yang Belum Ahli

Selain itu, dengan kepopulerannya yang semakin menanjak, semakin banyak pula teknisi yang belum begitu ahli dan tidak memiliki banyak pengalaman ikut menawarkan prosedur ini. Padahal, prosedur makeup permanen tidak hanya membutuhkan keahlian dokter kecantikan, namun juga memerlukan keahlian seorang seniman untuk membuat warna dan bentuk yang tepat. Tidak sedikit wanita yang tergiur oleh penawaran menarik dari teknisi yang belum ahli ini dan terkena dampak yang fatal.

Oleh sebab itulah penting sekali untuk memilih ahli atau dokter yang sudah bersertifikat atau memiliki izin agar keselamatanmu tetap terjaga, serta hasilnya pun cantik sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait