Foto Mau Tahu Cara Membuat Pembersih Wajah Alami dari Madu?

Mau Tahu Cara Membuat Pembersih Wajah Alami dari Madu?

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kehabisan pembersih wajahmu? Yuk, gunakan madu!

Jika kamu selama ini selalu menggunakan pembersih wajah yang berasal dari bahan kimia, sekali-kali kamu bisa lho membuat pembersih wajah alami dari madu. Madu cocok digunakan pada semua jenis kulit. Tak hanya sebagai pembersih alami, madu juga bisa berfungsi sebagai pelembab yang sangat bagus, sehingga kulitmu akan terasa halus dan lembut jika memakainya secara teratur. Selain itu, ada lagi manfaat madu yang pasti akan sangat membantu bagi kamu yang memiliki masalah wajah berjerawat. Madu adalah antiseptik alami, sehingga tepat sekali digunakan untuk membuang racun-racun dari wajah, serta membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Madu merupakan bahan exfoliant alami yang dapat dimanfaatkan sebagai pembersih wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut, tanpa melukai kulit akibat gesekan yang kasar. Tidak sulit kok untuk membuatnya. Mau tahu caranya? Yuk, simak!

Langkah-langkah Menggunakan Madu Sebagai Pembersih Wajah Alami

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan madu sebagai pembersih wajah:

1. Tutupi Rambut Dan Bajumu

Menutupi baju

Tidak mau kan rambut dan bajumu lengket terkena madu? Madu memang mudah menetes, dan kalau sudah mengenai rambut dan baju pasti repot sekali untuk membersihkannya. Oleh sebab itu, tutupi dadamu dengan handuk, serta tarik dan kuncir rambut ke belakang. Kalau rambutmu pendek, gunakan saja jepit atau shower cap untuk menahan rambut.

2. Basahi Wajah dengan Air

Cuci muka

Sebelum memakaikan madu ke permukaan wajah, basahi dulu dengan air. Gunakan air hangat agar madu lebih cepat larut sehingga dapat tersebar merata di seluruh permukaan wajah.

3. Tuangkan Madu Ke Telapak Tangan

Menuangkan madu

Siapkan madu mentah kurang lebih sebanyak ½ sendok teh. Aduk madu tersebut perlahan-lahan menggunakan jari agar lebih lembut dan hangat. Kalau madu yang kamu pakai terlalu pekat, tambahkan sedikit air untuk mengencerkannya sehingga lebih mudah digunakan.  

4. Pijat Wajah dengan Madu

Memijat wajah

Masih menggunakan jarimu, oleskan madu ke permukaan wajah hingga rata. Kemudian gosok wajah dengan gerakan memutar secara lembut agar kulit tidak terluka. Jangan lupa hindari daerah-daerah yang sensitif, seperti area sekitar mata. Pijat wajah untuk beberapa saat sehingga nutrisi yang ada di dalam madu dapat terserap ke dalam kulit.

5. Bilas dengan Air Hangat

Membilas wajah

Setelah kamu merasa wajahmu sudah cukup bersih, bilas madu yang masih menempel di wajah menggunakan air hangat. Pijat lagi seluruh permukaan wajah. Kali ini agar tidak ada madu yang tertinggal. Untuk kamu yang memiliki masalah komedo dan ingin menghilangkannya, biarkan dulu selama 5 hingga 10 menit sebelum membilas madu dari wajah.  

6. Keringkan Wajah

Mengeringkan wajah

Untuk mengeringkan wajah setelah membilasnya, pilihlah handuk yang benar-benar lembut dan bersih. Jangan menggosok-gosoknya terlalu keras, karena bisa menyebabkan iritasi dan kulit mengelupas. Tepuk-tepuk dengan lembut agar air meresap ke dalam handuk sampai kering.

7. Lanjutkan dengan Pelembap dan Toner

Menggunakan pelembap dan toner

Jangan berhenti dengan mengeringkan wajah saja. Lanjutkan dengan pemakaian pelembab dan toner. Pelembab akan membantu mengunci kelembaban kulit, sedangkan toner akan membantu menyeimbangkan pH kulit sekaligus mengencangkan pori-pori.


Bagaimana? Mudah kan, ladies? Namun sayangnya, jika kamu ingin membersihkan wajah dari make up, madu kurang cocok untuk tujuan ini. Mungkin kamu bisa menggantinya dengan bahan berjenis minyak. Selamat mencobanya!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini