Foto 5 Kebiasaan Sehat yang Ternyata Salah

5 Kebiasaan Sehat yang Ternyata Salah

Foto Me Siang
Me Siang
Contributor
Wah, tidak sangka ya, kebiasaan sehat yang biasa kita lakukan ternyata kebiasaan yang salah. Apa sajakah itu?

Semua orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari menu makanan dengan gizi yang seimbang dan gaya hidup yang baik. Mungkin kamu menyangka selama ini kamu telah menjalani gaya hidup yang menyehatkan. Tapi, tahukah kamu ada beberapa kebiasaan yang terkesan menyehatkan padahal sebenarnya tidak. Apa sajakah itu? Jangan-jangan salah satunya adalah kebiasaan yang rutin kamu lakukan tiap hari. Yuk, klik NEXT untuk mengetahui 5 kebiasaan sehat yang ternyata salah!

1. Berapa Kali Kamu Menggosok Gigi Dalam Sehari?

Ketika pertanyaan ini di tanyakan terdapat 3 jawaban :

  • Sehari sekali : 28%
  • Setiap setelah makan : 6%
  • 2 kali dalam sehari (pagi dan malam) : 66%

Umumnya kita menggosok gigi pada pagi dan malam hari saja. Tapi ada juga orang yang menggosok giginya setelah makan siang. Ternyata hal tersebut tidak dianjurkan, lho! Hal ini disebabkan karena menggosok gigi terlalu sering dapat merusak email gigi. Apalagi jika saat makan siang kita mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau manis. Ternyata hal tersebut akan membuat gigi lebih rentan terhadap gigi berlubang, penyakit gusi, dan pembusukan. Sikat gigi 3 kali dalam sehari itu terlalu banyak, semantara 1 kali juga tidak cukup.  Jadi, pilihan yang tepat adalah menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan gigimu setelah makan siang, kamu cukup meluangkan 2 menit setelah makan siang untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi dengan menggunakan benang (floss). Dengan begitu, kebersihan gigi dan mulut akan terjaga.

BACA JUGA: Ini Dia Manfaat Tusuk Gigi Selain Membersihkan Sela Gigi

2. Apa yang Kamu Lakukan Ketika Demam?

  • Meminum obat demam :  44%
  • Mengompres dengan air dingin : 6%
  • Membiarkannya saja : 50%

Demam sebenarnya bukan selalu menjadi tanda bahwa kamu sedang sakit. Demam merupakan penanda bahwa tubuh sedang berada di masa pemulihan. Suhu tubuh meningkat 1-2 derajat saat sel kekebalan tubuh aktif melawan infeksi. Bila kalian termasuk orang yang meminum obat demam atau mengompresnya, bisa jadi kalian justru membela para infeksi. Saat kamu demam, bila tubuhmu menggigil, tandanya tubuh memberi sinyal untuk pindah ke tempat yang lebih hangat seperti di bawah selimut. Jika demammu masih di bawah 39 derajat celcius, cobalah untuk tidak melawannya.

BACA JUGA: Obat Antibiotik Saat Sakit, Perlukah?

3. Bagaimana Caramu Membersihkan dan Mengobati Luka?

  • Bilas dengan air, lalu diplester : 29%
  • Membiarkan luka mengering dengan sendirinya : 40%
  • Bersihkan dengan hidrogen peroksida : 31%

Ketiga hal diatas merupakan cara yang salah, ladies! Membiarkan luka mengering dengan sendirinya  atau hanya membilas dengan air lalu diplester cenderung menyebabkan peradangan. Hal tersebut justru memperpanjang waktu penyembuhan dan dapat mengakibatkan bekas luka yang tidak diinginkan. 

Sementara itu, mungkin kamu pikir bahwa semprotan hidrogen peroksida ampuh untuk menyembuhkan lukamu. Ternyata tidak! Cara yang tepat untuk membersihkan luka adalah mencucinya dengan air bersih lalu oleskan petroleum jelly, kemudian tutup dengan perban kasa agar luka tetap mendapat sirkulasi udara.

BACA JUGA: Jengkel dengan Bekas Luka yang Tak Kunjung Memudar? Ini Solusinya!

4. Bagaimana Caramu Mengatasi Nyeri Punggung?

  • Menempelkan koyo dan berharap bisa reda rasa nyerinya : 12%
  • Mengompres dengan handuk yang direndam air dingin atau hangat hingga rasa nyeri hilang : 14%
  • Mengabaikan rasa nyeri dan tetap beraktivitas seperti biasa : 74%

Mungkin kamu berpikir bahwa mengonsumsi obat pereda sakit untuk nyeri punggung adalah solusi yang tepat. Ups, ternyata kamu salah! Mengompres punggung dengan handuk yang direndam air hangat atau memanaskan dengan alat penghangat hanya dapat menolong untuk sementara waktu saja.  Jika rasa nyeri masih ringan, hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menghindari gerakan yang terlalu cepat dan keras. Mulailah dengan berjalan santai di sekitar komplek rumah secara rutin.

BACA JUGA: Jangan Anggap Sepele Nyeri Di Punggung, Segeralah Periksakan Ke Dokter!

5. Apa yang Kamu Lakukan Agar Tetap Terhidrasi Sepanjang Hari?

  • Minum 8 gelas air : 54%
  • Minum ketika terasa sudah haus saja : 20%
  • Minum apa pun yang membuat saya terus buang air kecil : 26%

Air mineral memang bagus untuk tubuh. Namun, bagi orang-orang yang tidak suka minum, meminum 8 gelas air dalam sehari merasa itu seperti dilema tersendiri. Minum 8 gelas dalam sehari merupakan aturan yang tidak benar. Menurut seorang profesor di University of Arkansas, Stavros Kavouras, PhD yang mempelajari tentang hidrasi, sebenarnya aturan yang tepat tergantung pada tingkat aktivitas, diet, usia dan iklim. Kamu bisa saja membutuhkan lebih atau kurang dari 8 gelas perharinya.

Daripada menghitung berapa kali dalam sehari kamu bolak-balik buang air kecil untuk mengetahui apakah sudah terhidrasi atau belum, ceklah warna air senimu. Jika warnanya seperti limun atau ringan (kuning tidak pekat), maka kamu sudah cukup terhidrasi!

BACA JUGA: Tak Disangka! Ternyata Minum Satu Gelas Wine Setara dengan Satu Jam Berolahraga!


Bagaimana, ladies? Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menyangka 5 kegiatan sehat di atas benar? Yuk, jalani gaya hidup sehat dengan benar untuk tubuh yang lebih bugar lagi!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani