Foto 5 Cara Merawat Kulit dengan Tepat untuk Kamu yang Berusia 30-an

5 Cara Merawat Kulit dengan Tepat untuk Kamu yang Berusia 30-an

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Di usia 30an tahun, wanita biasanya mulai mengalami tanda-tanda penuaan, sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda daripada ketika berusia muda.

Tahukah kamu bahwa penampilan seorang wanita di usianya yang ke 30an tahun merupakan hasil dari cara merawat kulit yang sudah mulai dia lakukan semenjak usianya 20 an. Sejak dini membiasakan membersihkan muka sebelum tidur, menjaga cairan tubuh, dan menghindari sinar UV matahari akan sangat terasa dampaknya ketika kamu berusia 30 tahun.

Kebiasaan merawat kulit tersebut dapat mengurangi garis-garis halus dan kulit kering yang terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, tak ada kata terlambat. Jika kamu adalah salah satu wanita berusia 30an tahun dan malas merawat kulitmu ketika kamu remaja dulu, kamu masih bisa mengejarnya dengan melakukan hal-hal berikut ini: 

5 Cara Merawat Kulit dengan Tepat untuk Kamu yang Berusia 30-an

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, kamu bisa memperlambatnya dengan 5 cara ini:

1. Minta Resep Retinoid

Retinoid

Retinoid adalah salah satu resep yang sering dikeluarkan oleh dokter kecantikan untuk mengatasi penuaan. Sebenarnya baik retinoid yang diresepkan oleh dokter, maupun retinol yang dijual umum sama-sama memiliki khasiat anti-penuaan. Namun, retinoid dari dokter tetap saja lebih kuat dan efektif. Gunakan dalam dosis rendah di awal-awal penggunaan untuk melihat bagaimana reaksi kulit terhadap krim tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu memakai tabir surya karena retinoid meningkatkan kesensitifan terhadap cahaya. Setelah memakainya secara rutin, kamu akan mendapati kulitmu yang lebih bersinar dan halus, serta bebas jerawat dan noda-noda.

2. Rajin Peeling

Peeling

Sebagai alternatif masker wajah, cobalah peeling wajah yang dapat membuat kulitmu semakin cerah, halus, dan kencang. Peeling cukup bermanfaat jika kamu bermasalah dengan kulit yang mulai menunjukkan keriput, berpori-pori llebar, dan kemerahan. Lakukan secara teratur bersama dokter kulitmu. Atau kamu bisa juga melakukannya sendiri di rumah dengan produk-produk peeling yang sekaligus memiliki kandungan anti-penuaan, seperti glycolic acid dan retinol.

3. Gunakan Chemical Exfoliator Secara Teratur

Eksfoliator

Sumber: Cosmopolitan

Chemical exfoliator  sangat ideal untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membuang kulit mati tanpa menyebabkan luka dan iritasi, seperti yang sering terjadi ketika kita melakukan pengelupasan secara fisik. Chemical exfoliator terdiri dari 2 jenis, yaitu AHAs (alpha hydroxy acids), seperti glycolic acid, dan BHAs (beta hydroxy acids), seperti salicylic acid. AHAs cocok untuk kulit sensitif, sedangkan BHAs lebih dianjurkan untuk kulit berminyak dan pori-pori tersumbat. Ada produk-produk 2-in-1 yang mengkombinasikan 2 jenis di atas. Namun, hati-hati dan selalu lindungi kulitmu dari sinar matahari karena AHAs meningkatkan fotosensitifitas kamu,

4. Perawatan Laser

Laser

Tak perlu takut dengan prosedur sinar laser di wajahmu. Cara ini bisa dilakukan dengan cepat dan tidak sakit, dan yang paling penting adalah hasilnya yang sangat bagus. Laser mampu menstimulasi kolagen yang terletak di bawah kulit, sehingga kulit menjadi lembut dan kenyal. Kulit yang sudah tua dan rusak akan kembali muda dan bercahaya.

5. Selalu Aplikasikan Pelembap

Pelembap

Akibat usia yang semakin bertambah, kulit kita juga semakin kering. Oleh sebab itu, penting sekali untuk selalu menjaga kelembapannya. Salah satu caranya adalah dengan selalu memakai pelembap setiap hari dengan kandungan SPF 30 untuk melindungimu dari sinar matahari.


Jangan terlalu sayang memakai pelembap. Pakailah pelembap setiap malam sebelum tidur, bukan hanya di bagian wajah, namun juga tangan, leher, dan lain-lain. Kulitmu pasti akan berterimakasih nantinya.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani