Foto 5 Manfaat Alpukat untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Alpukat untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ternyata buah alpukat memiliki manfaat ini lho, ladies!

Alpukat bisa dikatakan sebagai salah satu buah terlezat dan bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara. Selain itu, buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan serta merawat kecantikan, baik dari dalam maupun luar. Kamu mungkin sering mendengar alpukat dapat dipakai untuk smoothies atau masker. Tapi pernahkan kamu mendengar beberapa manfaat alpukat belum kamu ketahui ini? Yuk, simak!

5 Manfaat Alpukat untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

5 manfaat alpukat ini memang jarang diketahui orang, namun manfaat-manfaat tersebut benar-benar sudah terbukti ampuh.

Menumbuhkan Rambut dan Kulit Kepala

Minyak alpukat

Mungkin kamu berpikir bahwa khasiat kesehatan dan kecantikan dari alpukat terletak pada buahnya. Padahal keajaiban alpukat juga bisa didapatkan dari minyaknya. Keajaiban buah yang satu ini pada umumnya diambil dari kandungan gizinya yang sangat tinggi serta lemak sehatnya. Sehingga, minyak yang diturunkan dari alpukat juga bisa melembutkan dan melembabkan kulit kepala yang kering atau berketombe. Teteskan sedikit minyak alpukat di telapak tanganmu dan pijat kulit kepala, serta rambut sampai ke ujungnya. Minyak ini mudah diserap, jadi lebih mudah untuk membilasnya, tidak seperti minyak kelapa.

Menyegarkan Mulut

Membuat mulut segar

Meski terdengar tidak biasa, namun alpukat merupakan cara alami yang paling efektif untuk melawan bau mulut kronis. Tekstur yang tebal dan lembut bisa membersihkan mulutmu ketika kamu mengunyahnya. Bahkan enzim kaya nutrisi yang terkandung di dalamnya juga bagus untuk perut dan usus. Masalah bau mulut kronis seringkali lebih disebabkan oleh peradangan di sistem percernaan, bukan karena apa-apa yang kamu makan. Jadi, alpukat mengatasi masalah bau mulut langsung ke sasarannya.  

Meredakan Sunburn

Meredakan sunburn

Kulit yang terbakar sinar matahari akan terasa perih dan mengalami iritasi. Alpukat yang merupakan salah satu superfood dengan kandungan gizi sangat tinggi bisa menjadi solusi untuk meredakan sunburn. Oleskan pasta alpukat yang kaya lemak dan creamy pada suhu ruangan ke bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Hal itu akan merehidrasi kulit dan mempercepat proses pemulihan. Ketika terkena sunburn, kulit sesungguhnya dalam keadaan yang paling sensitif. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menggunakan bahan yang lembut dalam perawatannya, dan alpukat adalah bahan yang paling lembut di antara bahan-bahan lainnya. Berdasarkan penelitian baru-baru ini, lemak dan minyak dari alpukat terbukti bisa mengurangi peradangan dan kerusakan sel-sel akibat sunburn.   

Pengganti Krim Cukur

Menggunakan krim cukur

Satu lagi manfaat alpukat yang jarang diketahui adalah buah yang satu ini bisa menggantikan krim cukurmu. Daging alpukat atau minyak alpukat sama-sama bagus untuk digunakan sebagai lubrikan seperti krim cukur. Lagi-lagi tekstur yang lembut dan kaya nutrisi sangat berguna untuk mencegah iritasi ketika bercukur. Jadi, kalau kamu kehabisan krim cukurmu, coba saja buah yang satu ini atau, kalau kamu adalah salah satu orang yang memilih bahan-bahan alami untuk kecantikanmu, sepertinya cara ini tepat sekali untukmu.

Mengatasi Psoriasis

Kulit gatal

Psoriasis adalah kondisi di mana sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat dan menyebabkan rasa perih dan gatal. Daripada memakai krim steroid, cobalah solusi yang lebih alami menggunakan alpukat. Riset menunjukkan bahwa banyak orang yang berhasil mengatasi masalah kulit yang satu ini dengan alpukat. Terlebih lagi, kandungan pelembab dalam alpukat juga sangat bermanfaat untuk mengurangi efek bersisik dan pecah-pecah pada kulit akibat psoriasis.


Jadi, tidak ada salahnya kamu selalu menyediakan alpukat di dapur kamu. Siapa tahu kamu membutuhkannya sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat, ladies!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini