Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Atasi Stres dengan Makanan, Why Not?

Girls, pekerjaan menumpuk, dimarahi bos, ditambah lagi jalanan Jakarta yang macet sering kali membuat kita merasa stres. Apa yang biasa kalian lakukan saat stres? Makan mungkin?

Kasih Elia Lg

Ya, mungkin kita akan mencari es krim sebagai obat stres.  Atasi stres dengan makanan, why not?

Mungkin kamu sering berpikir, bahwa makan es krim bisa mendinginkan kepala atau hati yang sedang ‘berapi-api’. Padahal belum ada bukti klinis yang menyatakan bahwa es krim dapat membangkitkan mood kita. Malah es krim akan membuat tubuhmu semakin melar.

Kamu bisa mencoba memilih makanan lain yang benar-benar bisa membangkitkan mood. Berikut ini beberapa kandungan makanan yang mampu bekerja secara medis pada tubuhmu dan merangsang mood:

Vitamin B12 dan Asam Folat

Vitamin B12 dan folat mampu mencegah gangguan pada sistem saraf pusat, gangguan mood, dan dementia. Asam folat bisa ditemukan pada kacang-kacangan dan sayuran. Sedangkan vitamin B12 bisa kamu dapatkan pada ikan, unggas, daging, dan susu.

Buah dan Sayur

Buah dan sayuran memiliki banyak nutrisi penting dan zat antioksidan, yang akan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup. Sebuah penelitian mengatakan, mengkonsumsi dua porsi atau lebih buah dan sayur dalam sehari, dapat meningkatkan kesehatan sebesar 11%.

BACA JUGA: Infused Water: Alternatif Sehat dan Cantik dengan Buah

Selenium

Selenium merupakan mineral yang bekerja seperti antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian menngatakan, orang-orang dewasa yang melakukan diet dengan mengkonsumsi selenium, memiliki tingkat selenium dalam darah dan mampu menurunkan tingkat depresi secara signifikan. Kamu bisa mengkonsumsi biji-bijian sebagai sumber selenium terbaik. Seperti oatmeal, roti gandum, beras merah, susu rendah lemak, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, ikan, kepiting, tiram, dan sarden.

Ikan

Berdasarkan penelitian, orang yang mengkonsumsi lebih banyak ikan, terutama yang mengandung lemak omega 3, memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Jay Whelan, PhD, dekan Department of Nutrition dari University of Tennessee mengatakan, omega 3 memiliki efek positif dalam menaikkan mood, termasuk mengurangi depresi setelah melahirkan. Omega 3 juga banyak terdapat pada sarden dan tuna.

BACA JUGA: Mengapa Kamu Harus Mengonsumsi Ikan

Vitamin D

Dengan mengonsumsi Vitamin D setiap hari, dipercaya akan mampu membuat kamu memiliki mood yang baik. Kamu bisa mendapatkannya pada hati sapi, tuna, salmon, keju, kuning telur, suplemen dan sinar matahari.

Cokelat

Tentu sebagian besar dari kalian menyukai coklat bukan? Tapi ingat, perhatikan coklat yang kalian makan agar tidak membuatmu gemuk atau jerawatan. Pilihlah dark chocolate untuk menaikan hormon endorfin di otak, yang akhirnya membuat kamu merasa lebih bahagia.

BACA JUGA: Hindari Kulit Hitam Dengan Konsumsi Coklat

Yuk berlangganan Kawaii Beauty Japan Newsletter!

Tagged in:
Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy