Foto 9 Jenis Makanan yang Dapat Merusak Gigi Cantikmu

9 Jenis Makanan yang Dapat Merusak Gigi Cantikmu

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Kesehatan dan kebersihan gigi menjadi salah satu point utama dalam penampilan, untuk itu memerlukan perawatan yang cukup intens, namun ada beberapa jenis makanan yang bisa merusak kesehatan gigi :

Ketika tersenyum, gigimu akan langsung terlihat dan jadi perhatian lawan bicaramu. Bayangkan jika gigimu rusak atau nampak kuning, tentunya itu bisa mengurangi kecantikanmu, ladies! Salah satu faktor rusaknya gigi adalah makanan yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang dapat membuat gigimu rusak atau menguning. Apa sajakah itu? Berikut adalah 9 jenis makanan yang dapat merusak gigi!

1. Kopi

Kopi telah menjadi minuman favorit bagi kebanyakan orang. Seringkali kopi menjadi obat pengusir rasa kantuk, sehingga banyak orang yang ketagihan minum kopi. Namun, kopi ternyata memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Jika mengonsumsinya secara berlebihan, tidak hanya dapat membuat lambung menjadi sakit, gigipun bisa jadi rusak.

BACA JUGA: Ketahui Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

2. Buah-Buahan Asam

Ada beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan pH rendah atau kandungan asam yang tinggi. Buah-buahan asam ini dapat merusak lapisan email gigi yang berakibat timbulnya rasa ngilu dan sensitif pada gigi.

3. Minuman Soda

Minuman soda memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat merusak gigi. Selain itu, saat meminum dan menahannya didalam mulut beberapa saat, maka soda akan berokontraksi dengan gigi sehingga akan meningkatkan risiko kerusakan pada gigi.

BACA JUGA: Berhentilah Mengonsumsi Soda Jika Kamu Ingin Mendapatkan Keuntungan Ini!

4. Cuka dan Yogurt 

Cuka dan yogurt memiliki kandungan asam tinggi yang dapat merusak gigi. Karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi dua makanan tersebut secara berlebihan.

5. Roti, Biskuit, Keripik dan Buah kering

Roti, biskuit, keripik serta buah kering adalah makanan yang menjadi lengket di gigi setelah dikonsumsi. Karena itu, jika tidak lekas dibersihkan, bisa menimbulkan karang gigi. Selain itu, makanan-makanan tersebut merupakan karbohidrat olahan yang dapat memecah diri menjadi gula dengan cepat. Kemudian, bakteri memakan gula tersebut sehingga menghasilkan asam yang menyebabkan erosi enamel dan kerusakan gigi.

6. Es

Minuman yang terlalu dingin atau es dapat membuat gigi menjadi sensitif. Terlebih lagi bagi yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu, akan membuat gigi menjadi rentan goyah dan juga dapat merusak lapisan enamel gigi.

BACA JUGA: Es Batu Treatment Murah Penghilang Bulu!

7. Minuman Isotonik

Di samping manfaatnya untuk meningkatkan kebugaran tubuh, kadar gula yang tinggi pada minuman isotonik membuat gigimu lebih mudah rusak. Jadi, berhati-hatilah!

8. Wine

Saat mengonsumsi wine, gigi akan ternoda menjadi warna ungu. Anggur merah dan putih ternyata mengandung asam buah erosif yang menyebabkan zat lain menembus gigi lebih dalam, bahkan setelah selesai minum anggur.

BACA JUGA: Tak Disangka! Ternyata Minum Satu Gelas Wine Setara dengan Satu Jam Berolahraga!

9. Permen

Kadar gula pada permen tentunya sangatlah tinggi. Selain itu, permen kenyal akan lebih lama menempel pada gigi, membaur dengan bakteri dalam mulut, dan menghasilkan asam berbahaya. Tidak hanya permen kenyal permen keraspun juga dapat merusak gigi karena lama larut dalam mulut, sehingga memberi bakteri cukup waktu untuk menyatu dengan gula dan mengikis gigi.


Ladies, setelah mengetahui ini, kurangilah konsumsi 9 makanan dan minuman tersebut untuk kesehatan gigimu. Dengan gigi yang bersih dan sehat, kamu juga akan tampil lebih percaya diri!

BACA JUGA: Kulit Pisang Ternyata Bisa Memutihkan Gigi

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini