Foto 9 Buah Ini Ternyata Penyebab Perut Kembung

9 Buah Ini Ternyata Penyebab Perut Kembung

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Pernahkah perutmu terasa penuh usai menyantap buah-buahan tertentu? Buah memang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun buah ternyata juga bisa membuat perutmu kembung.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi buah-buahan sangat penting untuk kesehatan. Buah-buahan juga merupakan salah satu makanan favorit untuk diet karena tinggi serat sehingga dapat mencegah rasa lapar. Namun, bukan berarti pula bahwa jenis makanan ini bebas efek tidak menyenangkan. Meski sehat, buah dapat memicu terjadinya perut kembung. 

9 Jenis Buah Yang Dapat Membuat Perut Kembung  

Jenis buah-buahan ini membuat perutmu kembung. Yuk cari tahu apa saja dan cara mengatasinya!

Apel

Kandungan antioksidan buah apel sangatlah tinggi, bahkan apel hijau memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah beri. Meskipun demikian, buah yang satu ini mungkin tidak cukup bersahabat bagi sebagian orang. Selain antioksidan, apel juga tinggi fruktosa atau gula buah yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Pada saat tubuh memproses gula tersebut, perut jadi terasa kembung.

Kalau mengalaminya, makanlah apel secara bertahap. Jangan makan semuanya sekaligus, serta kunyah perlahan-lahan agar tubuhmu memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna buah yang kaya serat ini.  

BACA JUGA: 4 Manfaat Baik Apel Hijau untuk Kecantikanmu

Pir

Salah satu kelebihan buah pir bagi kesehatan adalah kandungan pektinnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan membuat perut terasa kenyang. Sayangnya, pir juga mengandung sorbitol, yaitu alkohol gula yang terbentuk secara alami, dan sering ditambahkan sebagai bahan pembuat permen karet. Dalam jumlah sedikit, jenis gula ini berguna untuk membuat sistem pencernaan berjalan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping lain yang kurang nyaman, yaitu perut kembung karena sorbitol lebih sulit dicerna dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

Olahraga dapat membantu mengurangi efek kembung akibat buah ini. Dengan menggerakkan tubuh, maka gas yang ada di dalam tubuh akan bergerak dan lebih cepat keluar.

BACA JUGA: Jenis Gula Yang Baik Di Konsumsi Tubuh

Ceri, Anggur, Mangga, dan Nanas

Semua buah ini memang memiliki rasa yang lezat ya! Namun, semuanya juga mengandung gula yang terkadang menyebabkan masalah pencernaan, termasuk perut kembung. Hal ini terjadi karena gula tersebut tidak tercerna dengan sempurna di dalam usus kecil sehingga akan terperangkap di usus besar dan membuat gas menumpuk di sana.

Untuk mencegahnya, sebaiknya kunyah buah-buahan tersebut sampai selembut mungkin. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengurangi asupan karbohidrat dan gula untuk mengurangi efek gas semacam ini.    

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Nanas yang Harus Kamu Ketahui

Aprikot Kering, Kismis, Dan Plum Kering

Buah-buahan kering memang mampu memperlancar pencernaan. Akan tetapi efek lainnya adalah perut terasa sangat bergas akibat saratnya kandungan gula dan serat dari buah-buahan kering tersebut. Bakteri di dalam usus besar pasti sangat menyukainya. Bakteri-bakteri tersebut akan memfermentasikan gula dan serat yang tidak bisa dicerna, dan memproduksi gas sehingga membuat perutmu terasa penuh dan tidak nyaman.

Agar tidak terjadi penumpukan gas yang berlebihan, konsumsilah buah-buahan manis ini bersama dengan air dalam jumlah ekstra. Hal tersebut dapat membuat ususmu terus bergerak dan mengurangi kembung.     


Meskipun menyebabkan kembung, buah-buahan ini merupakan sumber nutrisi yang sangat dianjurkan bagi tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah sewajarnya dan cegah dengan cara-cara seperti yang telah disebutkan.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Ini Kalau Tidak Mau Perut Kamu Semakin Buncit!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini