Foto Waspada Penggunaan Tato Henna yang Bisa Melukai Kulit!

Waspada Penggunaan Tato Henna yang Bisa Melukai Kulit!

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Demi terhindar dari bahaya tato banyak orang memilih menggunakan tato sementara yang terbuat dari henna. Tapi ternyata tato henna juga memiliki efek samping yang berbahaya lho!

Ladies pernah menggunakan henna?

Produk kecantikan yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu pewarna alami yang aman bagi rambut. Terbuat dari tanaman Lawsonia inermis, henna juga serig digunakan untuk membuat temporary tattoo.

Karena sifatnya yang alami dan aman bagi kulit, tidak heran kalau kini banyak wanita yang tertarik membuat tato dari bahan dasar henna. Dulu, tradisi penggunaan henna hanya untuk wanita dewasa demi kepentingan suatu perayaan seperti, seperti pernikahan. Tetapi kini penggunaannya sudah semakin populer dan lebih bebas, terutama untuk membuat tato sementara. Tapi apa benar penggunaan tato henna tidak membahayakan bagi kulit?

Waspada Kandungan Tambahan Berbahaya pada Henna

Henna yang alami memang tidak memiliki efek samping jika digunakan untuk membuat tato. Namun kini penggunaan henna mulai dicampurkan dengan bahan kimia lainnya untuk menghasilkan tato secara lebih cepat. Tak hanya bisa menghasilkan tato secara cepat, warna tato yang diperoleh pun jadi lebih nyata daripada penggunaan henna alami.

Sayangnya, penggunaan henna yang dicampur bahan kimia ini justru berbahaya bagi kesehatan lho. Badan administrasi obat dan makanan Amerika Serikat (US Food and Drugs Administration) mencatat beberapa laporan efek samping dari penggunaan henna campuran untuk tato. Rupanya penambahan zat p-phenylenediamine (PPD) pada henna bisa membawa dampak buruk bagi kulit.

Tanda-tanda Kulit Rusak Akibat PPD pada Henna

Penambahan PPD pada henna untuk mewarnai rambut memang diizinkan dengan kadar maksimal 6%. Tetapi ternyata untuk kebutuhan tato, penambahan PPD bisa mencapai angka 60%. Hal ini yang membuat kulit jadi berisiko rusak karena efek samping penggunaan PPD.

Kerusakan yang terjadi sangat beragam. Mulai dari gejala yang agak ringan seperti bercak kemerahan, bengkak mengandung air, dan kondisi melepuh hingga gejala yang lebih berat seperti hilangnya pigmen atau timbulnya jaringan parut di kulit. Jaringan parut yang timbul menyerupai bentuk keloid dan bersifat permanen.

Hindari bahaya Tato Henna Mengandung Zat Kimia

Agar Tak Jadi Korban Efek Samping PPD

Efek samping PPD tentu membuatmu ngeri saat ingin memiliki temporary tattoo. Sebenarnya tak masalah kalau ingin membuat temporary tattoo. Namun pastinya kamu harus memilih tempat pembuatan tato yang berkualitas dan terjamin keamanannya. Usahakan untuk tidak membuat temporary tattoo di kios-kios kecil atau tempat destinasi liburan yang sedang kamu kunjungi, ya. Sebab banyak di antara mereka yang tidak memiliki lisensi bisnis tato secara resmi.

Jangan lupa tanyakan pada sang tattoo artist, apakah henna yang digunakan diberi campuran PPD atau tidak. Teliti sebelum mempercantik diri akan membuat kesehatanmu jadi tetap terjaga. Yuk ekspresikan dirimu melalui tato henna yang begitu menawan dan bebas zat kimia berbahaya!

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini