Foto Manfaat Teh Hijau yang Akan Membuatmu Ingin Mengonsumsinya Setiap Hari

Manfaat Teh Hijau yang Akan Membuatmu Ingin Mengonsumsinya Setiap Hari

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Teh hijau ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa untuk tubuhmu. Dengan mengetahui manfaat ini, kamu akan ingin mengonsumsinya setiap hari

Merupakan suatu kenikmatan sendiri saat menikmati secangkir teh pada pagi atau sore hari. Dengan menikmati secangkir teh, tubuh akan merasa rileks tanpa harus menghabiskan waktu yang lama di spa. Tentunya hal ini merupakan salah satu cara yang sederhana untuk mengurangi stres, terutama bagi para pekerja yang memiliki waktu yang sempit.

Menurut sebuah legenda yang terkenal saat Zaman Kaisar Shen Nung, minuman teh berasal dari Kaisar Shen Nung yang hendak minum air mendidih. Kemudian beberapa daun dari pohon yang tertiup angin jatuh ke panci berisi air mendidih tersebut. Sang kaisar yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tersebut memutuskan untuk mencicipi air rebusan yang sudah kejatuhan daun tersebut. Ternyata, air rebusan tersebut menjadi lebih sedap dan menyegarkan tubuh, sehingga sang kaisar meminumnya sampai habis. Teh kemudian dibawa oleh pedagang Belanda dan Portugis, lalu tersebar ke berbagai daerah di Eropa pada awal abad ke-17.

Sejak saat itu, teh mulai dinikmati oleh masyarakat luas dan ditemukan berbagai manfaatnya, khususnya teh hijau. Teh hijau memiliki banyak manfaat, mulai dengan menjadi sahabat diet sampai dengan untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi teh hijau? Klik NEXT untuk mengetahui manfaat teh hijau untuk diet, kesehatan dan kecantikanmu!

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet

Teh hijau dikenal sebagai minuman herbal alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung polifenol yang sangat baik untuk penyerapan lemak tubuh. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu membakar ekstra kalori. Satu cangkir teh hijau (sekitar 150ml) dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250ml dapat membakar 40 kalori. Hasil dari mengonsumsi teh hijau akan maksimal jika diimbangi dengan olahraga.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga dapat membantumu menjaga kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke - Orang yang minum 2-4 cangkir teh hijau memiliki kemungkinan stroke 20% lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi kopi. Dalam teh hijau terdapat zat antioksidan katekin yang memiliki khasiat luar biasa untuk melindungi tubuh, termasuk jantung.
  • Melindungi sel otak - Kandungan katekin dalam teh hijau juga memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel otak dari pembentukan protein yang merusak. Selain itu, mengonsumsi teh hijau juga dapat menjaga kemampuan kognitif otak.
  • Menangkal sakit kepala serta kelelahan - Kandungan protein alami theanine dalam teh dapat membantu melawan efek peningkatan tekanan darah, sakit kepala, dan kelelahan. Theanine juga merupakan kandungan yang membuat kita merasa lebih tenang saat minum teh.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut:

  • Kecantikan gigi - Teh hijau memiliki manfaat untuk mempercantik gigimu, lho! Teh hijau mengandung fluoride yang dapat menyehatkan gigimu dan tidak mudah berlubang.
  • Mengatasi jerawat dan kulit berminyak - Teh hijau bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat. Caranya adalah dengan menuangkan teh hijau pada cetakan es batu, lalu simpan ke dalam kulkas. Setelah membeku, usapkan teh beku tersebut pada daerah wajah. Lakukan setiap hari secara perlahan dan merata.
  • Menghilangkan kantung mata - Seduhlah teh hijau murni dengan air panas selama 10 menit. Lalu sisihkan dan simpan ke dalam lemari es. Kemudian, celupkan sepotong kapas ke dalam larutan teh tersebut dan tempelkan pada kelopak mata selama 10 menit. 
  • Melindungi kulit dari sinar matahari - Seduh 2 sdm daun teh, lalu diamkan hingga dingin. Setelah dingin, saring air teh dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian kulit yang akan terkena sinar matahari, diamkan hingga mengering. Sebaiknya lakukan pengompresan ini sekitar 30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah.
Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani