Foto Hati-hati! Beberapa Bahan Dalam Produk Kecantikan ini Justru Bisa Menyebabkan Jerawat

Hati-hati! Beberapa Bahan Dalam Produk Kecantikan ini Justru Bisa Menyebabkan Jerawat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ladies, jangan termakan iklan-iklan produk kecantikan meskipun terdengar sangat meyakinkan. Beberapa produk tersebut tanpa kamu sadari ternyata mengandung bahan-bahan yang jusru menyebabkan jerawat.

Sekarang ini rasanya penting sekali menjadi smart consumer.Sebelum berbelanja, sebaiknya periksa dan cari tahu lebih jauh mengenai produk-produk yang akan kamu pakai, terutama produk kecantikan. Tahukan kamu kalau beberapa kandungan bahan-bahan tertentu, sebenarnya justru menimbulkan masalah kulit seperti berjerawat. Untuk itu hindari beberapa bahan dalam produk kecantikan yang bisa menimbulkan jerawat, seperti 4 bahan penyebab jerawat yang sering terkandung dalam produk kecantikan berikut ini:

 

Bahan Penyebab Jerawat - Cocoa Butter

Cocoa Butter

Cocoa butter merupakan bahan yang bisa memicu komedo karena dapat menyumbat pori-pori kulit. Bahan ini memang solusi tepat untuk mengatasi kulit kering dengan kemampuannya untuk membuat pembatas yang dapat mencegah hilangnya kelembaban dari kulit. Akan tetapi bagi kulit yang cenderung berjerawat, hal tersebut tidak ada gunanya. Cocoa butter justru akan menahan kotoran dan racun di dalam pori-pori yang akan memicu timbulnya jerawat. Kalau kamu berjerawat dan memerlukan moisturizer, pilihlah shea butter. Shea butter bisa melembabkan kulit tanpa membuatnya ditumbuhi jerawat. 

Mengkonsumsi vegetable oil dapat menyebabkan jerawat. Begitu pula dengan penggunaannya pada kulit atau wajah. Vegetable oil, seperti minyak jagung dan minyak kedelai bisa membuat wajah berminyak, sehingga pori-pori tersumbat. Selain itu, tumbuhan penghasil vegetable oil rata-rata merupakan hasil rekayasa genetika, yang masih menggunakan pestisida. Banyak alternatif lain untuk menggantikan bahan ini jika kamu tidak mau jerawat menutupi kulit wajahmu yang cantik.

 

Bahan Penyebab Jerawat - Mineral Oil

Mineral Oil      

Saat ini, mineral oil cukup populer dan sering direkomendasikan sebagai bahan yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Hal itu memang benar, namun lantas tidak membuatnya lepas dari efek samping yang tidak diinginkan, terutama oleh mereka yang memiliki kulit berjerawat. Mineral oil bisa mengunci kulit dan mengganggu sistem kerja di dalamnya. Pori-pori tertutup sehingga komedo dan jerawat muncul, terutama di area-area rawan jerawat, seperti hidung dan dahi. Sekarang ini banyak sekali produk yang mengandung mineral oil. Kalau wajahmu terus menerus berjerawat, coba periksa daftar kandungan produk kecantikan yang kamu pakai. Siapa tahu, mineral oil-lah penyebabnya.

 

Bahan Penyebab Jerawat - Lanolin

Synthetic Lanolin  

Lanolin adalah bahan yang berasal dari kelenjar sebasea domba. Kelenjar ini mengeluarkan minyak yang berfungsi untuk melumasi bulu-bulu hewan tersebut. Tidak seperti pada manusia, lanolin alami dari domba memiliki tekstur yang tebal dan lembut untuk kulit. Bahan ini sebenarnya sangat bagus untuk kulit berminyak karena bisa menyeimbangkan dan mengendalikan produksi minyak. Namun sayangnya, lanolin yang banyak dipakai saat ini bukanlah lanolin alami, melainkan synthetic lanolin. Alih-alih mempercantik kulit, synthetic lanolin justru akan menyebabkan dan memperparah jerawat. Oleh sebab itu, gunakan produk yang hanya mengandung 100% lanolin alami.

Yuk, lebih teliti sebelum membeli produk kecantikanmu!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani