Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Kenapa Antioksidan Harus Ada di Dalam Produk Kecantikan?

Ladies, sudah tidak asing kan dengan antioksidan? Kamu pasti sudah sering mendengar pentingnya antioksidan dalam produk kecantikan bagi kita. Tapi, apakah kamu tahu apa sebenarnya antioksidan itu?

Santi Berlinawati

Meskipun istilah antioksidan sudah sering kita temui di mana-mana, tapi faktanya belum banyak yang benar-benar tahu mengenai antioksidan. Yuk simak informasi mengenai antioksidan di bawah ini dan temukan alasan kenapa penting sekali memilih produk kecantikan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan Berfungsi Melawan Oksidan. Apa Itu Oksidan?

Dari namanya, kita tahu bahwa antioksidan berfungsi untuk melawan oksidan. Namun, tahukan kamu apa itu oksidan? Oksidan adalah reaksi kimia yang bisa menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit, bahkan membunuhnya. Kamu bisa melihat potongan apel atau alpukat yang lama kelamaan berubah warna menjadi kecokelatan. Seperti itulah oksidasi.

Kulit pada dasarnya sudah memiliki antioksidan alami. Antioksidan tidak hanya mencegah terjadinya proses oksidasi, namun juga bisa memperbaiki kerusakan yang ditimbulkannya. Kulit yang masih muda dan sehat mengandung banyak sekali antioksidan. Akan tetapi semakin bertambahnya usia, antioksidan alami tersebut juga berkurang.

Tanpa kandungan antioksidan di dalam produk kecantikanmu, maka proses penuaan kulitmu akan semakin cepat. Sinar matahari, polusi udara, dan faktor-faktor lingkungan lainnya bisa menimbulkan masalah pada kulit jika tidak dilindungi dengan antioksidan.  

Sudah Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan, Perlukah Produk Kecantikan dengan Antioksidan?

Produk kecantikan dengan anti oksidan

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Namun meskipun begitu, bukan berarti juga mengkonsumsi makanan tinggi kandungan antioksidan bisa menggantikan peran kandungan antioksidan di dalam produk kecantikan. Tetap gunakan produk kecantikan yang mengandung antioksidan, karena produk kecantikan tersebut lebih cepat mengatasi faktor-faktor lingkungan yang harus kamu hadapi setiap hari secara langsung.

Antioksidan membantu pencegahan rusaknya kolagen, yang akan membuat kulit terlihat lebih muda. Bahan ini melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan, bahkan meningkatkan fungsi tabir surya.      

Produk Apa Saja yang Mengandung Antioksidan?

Meskipun sering ditemukan pada produk-produk anti-aging, antioksidan sebenarnya diperlukan oleh semua jenis kulit. Antioksidan bisa diperoleh dari vitamin C dan E, retinol, flavonoid (seperti yang terdapat dalam green tea), atau polyphenol. Kini juga ada teknologi nano yang memungkinkan antioksidan langsung dapat diserap oleh kulit sehingga dapat mengatasi kerusakan kulit dengan lebih cepat.

Saat ini cukup banyak produk kecantikan yang mengklaim mengandung antioksidan. Namun, sebaiknya berhati-hati dengan memilih produk kecantikan yang telah terdaftar BPOM. Sesuaikan juga dengan jenis kulitmu karena tetap saja pemakaian produk-produk tersebut masih bisa berpotensi menimbulkan efek samping jika dipakai berlebihan. Misalnya saja pemakaian vitamin C yang terlalu sering dapat menimbulkan kulit iritasi pada kulit sensitif. Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter kulitmu terutama jika kulitmu adalah jenis kulit yang sensitif.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait