Foto Hindari 7 Hal Ini Kalau Tidak Ingin Bibir Cantikmu Rusak

Hindari 7 Hal Ini Kalau Tidak Ingin Bibir Cantikmu Rusak

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Kita seringkali tidak sadar bahwa beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan ternyata dapat merusak kesehatan bibir. Aktivitas apa sajakah itu? Simak artikel berikut!

Kecantikan bibir tentunya merupakan salah satu hal tidak terlewatkan oleh para wanita, tapi lain halnya dengan kesehatan bibir. Bagi beberapa wanita, bibir cukup diberi pemulas seperti lipstik agar menjadi indah. Padahal, merekapun harus tahu bahwa keindahan bibir tidak hanya sekedar menutupinya dengan warna lipstik, tapi juga merawatnya agar tetap lembab, tidak pecah-pecah dan kasar.

Saat usia bertambah, bibirpun akan menjadi lebih kering, serta kehilangan warnanya. Ditambah lagi, bibir merupakan tempat masuknya makanan serta minuman tiap harinya. Bisa saja makanan atau minuman yang kita konsumsi tersebut mengandung zat yang dapat merusak bibir. Berikut adalah 7 hal yang merusak bibirmu:

1. Kurang Minum

Bibir kering merupakan salah satu dari efek kurangnya minum. Banyak orang yang saat bibirnya kering, justru membasahinya dengan air liur, menggigitnya atau berusaha mengelupasi kulitnya yang pecah. Melakukan hal-hal tersebut akan memperparah kondisi bibirmu, ladies! Selain kurang minum, ternyata mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam atau asin juga bisa membuat bibir pecah-pecah.

BACA JUGA: 6 Langkah Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

2. Rokok dan Alkohol

Kebanyakan para penggila rokok memiliki bibir yang cenderung menghitam. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan nikotin pada rokok. Selain merusak bibir, nikotin ini juga merusak kulit kita. Di samping kebiasaan merokok, seringnya minum alkohol juga dapat membuat bibir kering, karena alkohol membuat kita dehidrasi.

​​3. Kurangnya Konsumsi Buah dan Sayur

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi buah dan sayur juga berfungsi untuk membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA: Mau Sehat? Inilah 7 Sayuran Paling Bernutrisi Yang Perlu Kamu Coba!

​​4. Penggunaan Kosmetik yang Salah

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang dapat merusak bibir. Maka dari itu, berhati-hatilah, ladies! Perthatikan dengan cermat apakah kosmetik itu sudah kadaluarsa atau belum, dan apakah mengandung bahan kimia yang berbahaya atau tidak.

BACA JUGA: Ini Dia Daftar 68 Kosmetik Berbahaya dari BPOM

5. Perubahan Suhu Udara dan Polusi

Perubahan suhu udara membuat bibir kita tidak dapat beradaptasi. Kondisi ruangan yang dingin atau cuaca yang panas dan terik dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Polusi udara serta sinar UV juga memiliki peran dalam memengaruhi kondisi bibir. Selain itu, mengonsumsi makanan atau minuman yang masih panas juga dapat merusak bibirmu.

6. Pasta Gigi Detergen

Seringnya memakai pasta gigi yang banyak mengandung detergen juga menjadi salah satu pencetus bibir pecah-pecah. Karena itu, cermatilah apakah pasta gigi yang kamu gunakan mengandung detergen atau tidak.

7. Lip Balm Mentol

Lip balm memang bagus untuk melindungi kulit bibir dari kekeringan. Akan tetapi, ternyata lip balm tidak benar-benar bisa diserap ke dalam bibir untuk menambah kelembaban. Bahkan, jika mengandung mentol atau camphor justru akan menambah iritasi dan kering pada bibir.

BACA JUGA: Inilah Mengapa Kamu Harus Memakai Lip Balm Sebelum Tidur


Nah, menjaga kesehatan bibir tentunya sangat penting ya, ladies! Yuk hindari 7 hal di atas agar bibirmu selalu terjaga kesehatannya.

BACA JUGA: Dapatkan Bibir Sehat Merah Alami dengan 4 Langkah Sederhana Ini!

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini