Foto Lakukan 2 Hal Ini Saat Memakai Kontak Lensa Jika Tidak Ingin Merusak Kornea Matamu!

Lakukan 2 Hal Ini Saat Memakai Kontak Lensa Jika Tidak Ingin Merusak Kornea Matamu!

Foto Meydiana Widyaningsih
Banyak wanita yang sering memakain lensa kontak supaya mata terlihat lebih indah sehingga menjadi salah satu tren kecantikan. Berikut kesalahan dengan lensa kontak yang luput dari perhatianmu.

Lensa kontak biasanya digunakan oleh wanita yang mengalami gangguan penglihatan namun tidak ingin menggunakan kacamata. Tetapi, saat ini penggunaan lensa kontak mengalami pergeseran sehingga wanita yang matanya masih dalam keadaan baik atau sehat, ikut membeli dan memakai lensa kontak sebagai salah satu penunjang penampilan sehari-hari. Padahal, lensa kontak itu sendiri tidak boleh dibeli dan dipakai sembarangan, harus ada konsultasi dan saran dari dokter terlebih dahulu. 

Akibat kebiasaan yang sudah menjadi tren ini, ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan para pengguna kontak lensa. Contohnya, memakai kontak lensa tetapi jarang sekali dicuci di dalam cairan khusus kontak lensa atau terlalu lama memakai dari jangka waktu yang diperbolehkan. Jika kesalahan-kesalahan ini sering kamu lakukan, maka bisa menimbulkan masalah pada alat penglihatanmu. 

Dalam suatu penelitian terdapat hasil yang mengejutkan bahwa mereka yang memakai kontak lensa terlalu sering ternyata memiliki resiko terinfeksi bakteri Lactobacillus, Acinetobacter, Methylobacterium, dan Pseudomonas, bakteri ini sering dikaitkan dengan bagian ulkus kornea. Lalu, bagaimana caranya agar mata terhindar dari infeksi bakteri akibat penggunaan lensa kontak?

Bersihkan Tanganmu, Kemudian Kontak Lensamu

Hal yang paling utama untuk dilakukan adalah cuci tanganmu dengan sabun sebelum melepas dan membersihkan lensa kontakmu. Kalau tanganmu sudah bersih, kamu boleh melanjutkan untuk melepaskan lensa kontak dari mata kemudian cucilah ke dalam larutan pembersih khusus secara lembut dan perlahan agar semua bakteri yang sebelumnya menempel bisa hilang. Jangan lupa untuk sering mengganti lensa kontak yang kamu gunakan secara berkala.

Biarkan Matamu Istirahat

Yang terpenting dalam penggunaan kontak lensa adalah biarkan matamu istirahat. Segera lepaskan kontak lensamu jika kamu sudah selesai beraktifitas. Kalau mata terlalu sering menempel dengan lensa kontak, akan menimbulkan iritasi mata yang cukup parah. Jadi, jika kamu sedang berlibur di rumah sebaiknya tidak perlu memakai lensa kontak supaya mata lebih leluasa dan terhindar dari bahaya infeksi. 


TIdak mau kan pengelihatanmu malah jadi semakin bermasalah? Apalagi sampai-sampai korneamu terinfeksi bakteri. Jangan sampai ini terjadi padamu, ladies! Yuk, gunakan kontak lensa sesuai dengan anjurannya!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2022 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini