Foto Mungkin Kamu Lelah, Karena Terlalu Banyak Melakukan 7 Hal Ini

Mungkin Kamu Lelah, Karena Terlalu Banyak Melakukan 7 Hal Ini

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Apakah kamu sering merasa lelah padahal tidak mengerjakan pekerjaan yang berat? Mungkin kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang membuatmu selalu lelah.

Rasa lelah dan lesu pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-harimu, ladies! Mungkin terkesan sepele, tapi kamu tidak boleh mengabaikannya. Jika sampai berlarut-larut, rasa lelah tersebut pastinya akan menurunkan performa kerja dan produktivitasmu. Mulai sekarang perhatikanlah kebiasaanmu setiap hari. Jangan-jangan kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menjadi sebab rasa lelahmu, seperti yang berikut ini.

Hentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Agar Kamu Tidak Merasa Lelah

Klik NEXT untuk mengetahui 7 kebiasaan buruk yang membuatmu terus lelah. Dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, rasa lelah yang terus-menerus akan dapat kamu atasi.

Kamu Melewatkan Olahraga Ketika Lelah

Mungkin kamu mengira bahwa kamu tidak perlu berolahraga ketika lelah agar energimu tetap tersimpan. Padahal realitanya justru sebaliknya. Sebuah studi yang dilakukan di University of Georgia menunjukkan bahwa orang dewasa yang melakukan latihan ringan sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 20 tidak merasa lelah dan lebih berenergi setelah 6 minggu latihan. Olahraga secara teratur meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien, serta mengirimkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. Jadi, mulailah rutin berolahraga!   

Kamu Tidak Cukup Minum

Dehidrasi dapat menyebabkan tubuhmu kekurangan energi. Dehidrasi akan menurunkan volume darah, yang membuat darah lebih kental. Kondisi tersebut mengakibatkan jantung tidak bisa memompa secara efisien, sehingga menurunkan kecepatan oksigen dan nutrisi untuk sampai ke otot dan organ tubuh. Hal inilah yang membuat kita merasa lelah. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu mengkonsumsi cukup cairan.

Kamu Kurang Mengonsumsi Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa membuat seseorang lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus. Kamu akan merasa lelah karena oksigen yang dikirim ke otot dan sel-sel tubuhmu lebih sedikit. Perbanyak asupan zat besi untuk mencegah anemia. Konsumsilah daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tofu, telur, sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, dan selai kacang. Kombinasikan makanan tersebut dengan makanan tinggi vitamin C, karena vitamin C akan mempercepat penyerapan zat besi ketika dimakan bersamaan. Selain karena pola makan yang kurang tepat, kekurangan zat besi juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit tertentu.

Kamu Perfeksionis

Berusaha untuk menjadi sempurna adalah hal yang mustahil. Hal itu justru akan membuatmu bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang seharusnya. Orang perfeksionis memasang target yang tidak realistis dan tidak mungkin dicapai. Dan pada akhirnya, dia tidak akan pernah merasa puas. Kalau kamu salah satu dari si perfeksionis itu, sebaiknya kamu membuat batasan waktu untuk pekerjaanmu, dan belajarlah untuk mengabaikannya. Suatu saat nanti, kamu akan menyadari bahwa waktu ekstra yang sudah kamu habiskan sebenarnya tidak benar-benar meningkatkan performa kerjamu.

Kamu Suka Membesar-besarkan Masalah

‘Catastrophizing’ adalah sindrom yang membuat orang selalu berpikir bahwa hal-hal buruk akan terjadi. Misalnya saja, ketika atasanmu tiba-tiba memanggil, kamu berpikir bahwa kamu akan segera dipecat. Atau kamu takut mengendari sepeda karena takut mengalami kecelakaan. Kecemasan seperti ini bisa membuat mental dan fisikmu sangat lelah. Ketika kamu mengalaminya, segera tarik napas panjang dan tanyakan lagi kepada dirimu sendiri, seberapa besar kemungkinan hal-hal terburuk itu akan terjadi. Lakukan meditasi, olahraga, atau bercerita kepada teman untuk membantumu lebih realistis.

Kamu Tidak Sarapan

Makanan yang kamu konsumsi adalah bahan bakar bagi tubuhmu. Dan ketika kamu tidur, tubuhmu ternyata tetap menggunakannya untuk menjaga darah tetap terpompa dan oksigen tetap mengalir. Tak heran jika kita sering merasa lapar ketika bangun tidur. oleh karenanya, kamu memerlukan sarapan. Melewatkan sarapan akan membuatmu lesu. Makanlah makanan yang mengandung whole-grain, protein tanpa lemak, dan lemak baik.

Kamu Suka Makan Junk Food

Junk food biasanya mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana yang dapat mempercepat kenaikan gula darah. Lonjakan gula darah yang kemudian turun secara drastis menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Jagalah agar gula darah stabil dengan asupan protein tanpa lemak dan whole-grain setiap kali makan. Misalnya saja daging ayam (panggang) dan beras merah, salmon dan ubi, atau salad dengan ayam dan buah.


So ladies, sudah tahu kan alasan kenapa kamu sering merasa lelah?

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Jakarta x Beauty Kembali Hadir!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Menikmati Nasi Campur Khas Bali di Jakarta Fair

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Jakarta Fair 2019 Resmi Dibuka

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Herborist, Kembali ke Alam bersama Prilly Latuconsina

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani