Kawaii Beauty Japan

Health

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Terhindar Dari Cedera Tulang Belakang Akibat Tas

5 tips ini akan membuatmu untuk tetap bisa bergaya dengan tas kesayangan tanpa takut dengan cidera tulang belakang!

Melisa

Wanita masa kini memang tak kalah tangguh dengan kaum lelaki, karena dapat menjaga kebugarannya di sela-sela padatnya rutinitas. Lihat saja bagaimana kaum wanita bisa berdiri puluhan menit di dalam bus Trans Jakarta atau angkutan umum lainnya sambil menyandang tas di pundak. Dan mungkin saja selama ini kamu juga jadi salah satu di antaranya.

Menggunakan tas pundak dalam waktu yang lama ternyata berisiko menimbulkan cidera pada tulang belakangmu. Hal ini dapat terjadi karena otot pundakmu hanya menahan beban tas di salah satu sisinya saja. Ketidakseimbangan beban pada otot pundak akan berpengaruh pada kondisi tulang belakang yang secara langsung berhubungan dengan otot pundak. Hasilnya, variasi gangguan tulang belakang mulai dari rasa nyeri ringan hingga cedera serius bisa mengintai kesehatanmu.

Lantas bagaimana caranya agar tas pundak kesayanganmu tak menimbulkan risiko cidera tulang belakang?

Kurangi Isi Tasmu

Menurut dokter ahli tulang, dr. Ericksons, aturan pertama dalam mengangkat sesuatu adalah jangan pernah membawa sesuatu yang beratnya lebih dari 10% berat tubuhmu. Sementara untk tas pundak, persentasenya justru lebih kecil yaitu sekitar 5% dari berat tubuhmu.

Aturan ini tentu sangat penting untuk dipahami supaya tubuhmu tak merasa terbebani dengan beratnya isi tas yang sedang kamu bawa. Apalagi jika kamu akan bepergian atau membawa tas tersebut dalam waktu yang lama.

Gunakan Tas dengan Ukuran Tali yang Lebih Lebar

Semakin lebar tali tasmu, maka itu akan semakin baik.

Hal ini bisa terjadi karena bentuk tali yang lebih lebar akan membuat beban tas didistribusikan pada area bahu secara lebih luas. Sehingga otot bahumu tidak harus memikul beban yang sangat berat pada salah satu bagiannya saja.

BACA JUGA: Waspada Cidera Nervus Ulnaris pada Kaum Muda!

Letakkan Tas pada Bahu Secara Bergantian

Jangan hanya terpaku pada salah satu bahu yang sudah nyaman digunakan untuk membawa tas. Selama beberapa menit sekali, sebaiknya kamu memindahkan tas pundakmu pada sisi bahu yang lain supaya kedua bahumu bisa membawa beban yang bobotnya sama.

Akan Lebih Baik Lagi Kalau Kamu Memilih Variasi Tas yang Lain

Biasanya tas pundak juga dilengkapi dengan tali yang panjang supaya kamu bisa menyandangnya di pundakmu kemudian menempatkannya di bagian belakang tubuh. Alternatif bentuk tas seperti ini juga baik untuk mendukung kesehatan tulang belakangmu.

BACA JUGA: Tips Mudah Untuk Menguatkan Tulangmu

Jika Memungkinkan, Gunakan Tas yang Ukurannya Lebih Kecil

Bila tas pundak berukuran besar membuatmu jadi selalu tertarik untuk membawa banyak barang, maka mulai sekarang cobalah menggunakan tas yang ukurannya lebih kecil. Tas pundak yang lebih kecil akan lebih praktis dan tidak akan memberikan beban yang terlalu besar bagi otot pundakmu.

Bergaya dengan aneka tas pundak cantik sesuai seleramu memang menyenangkan.

Tetapi akan lebih menyenangkan lagi kalau kamu senantiasa sehat karena bisa menggunakan tas pundak dengan cara yang benar. Selamat berburu tas pundak yang mendukung kesehatan tulang belakangmu, ladies !

BACA JUGA: Ini Dia 5 Makanan yang Kaya akan Vitamin D buat Tulang Sehatmu!

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait