Foto Jajanan Lezat Ini Ternyata Kandungan Kalorinya Tinggi

Jajanan Lezat Ini Ternyata Kandungan Kalorinya Tinggi

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Saat senggang memang paling enak menyantap jajanan ya. Tapi, sudahkah kamu tahu jajanan apa saja yang membuat tubuhmu jadi menimbun banyak kalori?

Hal apa saja yang sering kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang? Salah satunya pastilah menyantap aneka jajanan ya, ladies. Membeli jajanan favorit memang bisa membuatmu senang. Sayangnya, menyantap jajanan bersama sahabat-sahabatmu dirasa kurang ampuh mendatangkan rasa kenyang.

“Belum makan namanya kalau belum makan nasi.”

Itulah mengapa banyak orang yang gemar jajan tetap merasa ada yang kurang kalau belum makan nasi. Padahal jajanan yang biasa kamu santap itu juga mengandung kalori yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi harianmu.

Jadi, jajanan apa saja sih yang lezat dan tinggi kandungan kalori? Klik NEXT untuk tahu selengkapnya!

Siomay

Betapa nikmatnya menyantap sepiring siomay hangat yang dilengkapi dengan guyuran bumbu kacang pekat. Namun ada kabar buruk hari ini untuk kamu para pecinta siomay. Siomay yang dibuat dengan bahan dasar utama berupa tepung sagu dan sedikit lemak ayam atau sedikit daging ikan ternyata tinggi kandungan kalori namun minim jenis gizi lainnya.

Kandungan kalori dalam siomay juga turut diperkaya dengan bumbu kacang yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah goreng. Solusi sehat untuk makan siomay adalah membuat siomay yang banyak mengandung ikan atau ayam, melengkapinya dengan kol dan pare rebus, serta mengurangi jumlah penggunaan bumbu kacang.

BACA JUGA: Ini Dia 3 Bahan Berbahaya dalam Makanan yang Harus Kamu Waspadai!

Martabak Manis

Martabak manis yang jadi kesukaan hampir setiap orang juga masuk ke dalam daftar jajanan lezat yang tinggi kalori. Jajanan yang tersedia di malam hari ini menggunakan bahan dasar berupa tepung terigu, mentega atau margarin, gula, kacang, dan cokelat yang melimpah.

Semakin banyak kandungan gula dan coklatnya, maka semakin tinggi pula kandungan kalorinya. Apalagi sekarang tren martabak manis juga kian variatif dengan tambahan selai cokelat, biskuit rasa teh hijau, atau potongan cokelat susu.

Jika kamu mau menyantap martabak manis yang kandungan kalorinya lebih rendah, cobalah pilih jenis topping yang lebih sehat seperti pisang, irisan buah strawberry atau jenis buah-buahan lainnya.

BACA JUGA: Makan Gorengan Menyebabkan Kanker, Bener Gak Sih?

Pempek dan Batagor

Bila kedua jenis makanan ini menggunakan banyak bahan dasar ikan, tentu saja kandungan proteinnya cukup tinggi. Tetapi jangan lupa kalau kandungan kalori pada pempek dan batagor juga cukup tinggi karena harus dimatangkan dengan cara digoreng.

Kandungan kalori bumbu kacang pada batagor juga sama tingginya dengan bumbu kacang pada siomay. Sementara kuah cuka yang digunakan untuk melengkapi sajian pempek harus diminimalkan jumlahnya agar tak berisiko menimbulkan gangguan lambung.


Selain ketiga jenis jajanan enak tersebut, tentu masih banyak sekali jenis jajanan lainnya yang kaya akan kandungan kalori. Kalau kamu ingin makan enak namun tetap sehat, kamu bisa menyantap jajanan dan mengurangi porsi makan siang atau makan malammu.

Tubuh sehat dan berat badan proporsional, lidahmu pun tetap dimanjakan dengan aneka jajanan lezat khas Indonesia. Selamat menjalani pola hidup sehat, ladies !

BACA JUGA: 5 Cemilan Alternatif Enak dan Sehat Untuk Diet Sukses

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini