Kawaii Beauty Japan

Makeup

Lakukan 5 Hal Ini Agar Mata Tetap Sehat Saat Memakai Kosmetik

Jika kamu melakukan 5 hal ini, niscaya matamu akan selalu tampil menawan dan sehat setiap saat.

Melisa

“Mata adalah jendela hati.”

Tentu rasanya sangat senang kalau bisa memiliki mata yang sehat setiap saat. Selain tak perlu direpotkan dengan konsumsi suplemen kesehatan mata dan penggunaan kacamata atau lensa kontak, mata yang sehat juga bisa membuat kamu tampil percaya diri di depan banyak orang.

Menjaga agar mata selalu sehat bukan hanya dengan cara mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan vitamin A, lho. Karena ternyata kamu juga harus memerhatikan proses penggunaan kosmetik yang sering kamu pakai untuk menyempurnakan bentuk mata.

Supaya kamu jadi semakin terampil menggunakan kosmetik untuk mata tanpa mengganggu kesehatan matamu, kamu bisa melakukan 5 hal berikut ini :

Menyimpan Kosmetik Di Tempat yang Sejuk

Agar kualitas kosmetik untuk mata tetap terjaga, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering seperti laci atau meja rias kamar. Usahakan untuk tidak menyimpan kosmetik di mobil atau kamar mandi yang lembap agar tak mempengaruhi kandungan kosmetik tersebut.

BACA JUGA: Berapa Lama Sih Umur Make up Kamu Sebenarnya?

Jangan Gunakan Maskara yang Sudah Mengering

Maskara yang sudah mengering tentu sudah mengalami penurunan kualitas dan komposisi bahannya pun sudah berubah. Sebaiknya kamu segera membuang maskara yang sudah mengering. Jangan memaksakan diri untuk menggunakannya apalagi membasahinya dengan air liurmu lho.

Cuci Tangan Sebelum Berdandan

Tangan yang bersih akan meminimalkan resiko penyakit atau iritasi mata yang mungkin saja terjadi ketika kamu sedang menggunakan kosmetik. So, pastikan selalu kondisi tanganmu dalam keadaan bersih. Cucilah tanganmu dengan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir untuk memastikan kehigienisannya. 

BACA JUGA: Bersihkan Peralatan Makeup-mu Sekarang Juga!

Sebaiknya Tak Menggunakan Kosmetik Mata Saat Di Mobil

Saat aktivitasmu begitu padat, mungkin kamu kerap kali memanfaatkan waktu luang di mobil untuk mengenakan maskara atau kosmetik mata lainnya. Padahal sebaiknya hal ini dihindari, lho, ladies.

Mengenakan kosmetik mata di atas kendaraan yang bergerak bisa memperbesar resiko kosmetik tersebut malah meleset ke bagian mata yang lain, bahkan bagian dalam mata. Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan matamu bisa mengalami iritasi atau kerusakan kornea.

Hindari Berbagi Kosmetik dengan Orang Lain

Sebenarnya hal ini bukan hanya berlaku untuk kosmetik mata saja, melainkan untuk semua jenis kosmetik yang kamu gunakan. Berbagi penggunaan kosmetik dengan orang lain bisa meningkatkan risiko perpindahan bakteri atau kotoran lainnya melalui perantaraan kosmetik tersebut.

Demi alasan kesehatan, gunakanlah kosmetikmu secara pribadi dan jangan pernah meminjamkannya pada orang lain sekalipun itu keluarga atau sahabatmu.

BACA JUGA: 5 Barang ini Tidak Boleh Dipakai Bersama dengan Orang Lain!

Kosmetik mata seperti apa yang paling sering kamu gunakan hampir setiap hari?

Memperindah bentuk mata memang sah-sah saja, tetapi jangan lupa pula untuk selalu menjaga kesehatan matamu setiap saat ya, ladies. Karena mata yang sehat akan menunjang kelancaran rutinitas harianmu.

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait