Kawaii Beauty Japan

Food

Turkish Delight : Aneka Permen Lezat Khas Tanah Turki

Suka nonton drama serial Turki? Sudah kenalan dengan camilan turkish delight-nya belum?

Melisa

Beberapa waktu belakangan ini drama serial Turki memang sedang menjadi salah satu jenis tayangan televisi yang menjadi tren di tanah air ya, ladies. Pesona keindahan kota Turki yang disempurnakan oleh penampilan apik para aktor dan aktrisnya membuat keindahan drama serial Turki jadi selalu menarik untuk disaksikan.

Sebenarnya, kamu bukan hanya bisa melihat keindahan kota atau ketampanan dan kecantikan selebritinya saja. Sebab kamu juga jadi bisa mengenal ragam budaya maupun hidangan khas Turki yang tampak menggugah selera. Salah satunya adalah aneka turkish delight yang rasanya lezat dan tampilannya sangat menarik. So yummy!

Apa itu Turkish Delight?

Turkish delight adalah sejenis permen yang terbuat dari campuran jus buah dan gelatin. Biasanya turkish delight akan dipotong berbentuk dadu kecil kemudian dilapisi dengan gula pasir. Kebiasaan yang dilakukan masyarakat Turki kuno dalam menambahkan aneka bahan ke dalam campuran turkish delight membuat camilan yang satu ini jadi makin kaya rasa.

Ragam jenis rempah-rempah, madu, atau varian kacang-kacangan biasa ditambahkan ke dalam turkish delight untuk membuat rasanya menjadi lebih variatif. Cita rasa turkish delight yang manis dan lembut membuat makanan ini biasanya disajikan untuk menemani secangkir kopi.

Konon kabarnya, permen jeli modern awalnya berasal dari turkish delight lho, ladies! Karena bentuk dan teksturnya yang kenyal memang sangat mirip dengan karakter turkish delight.

Ragam Cerita Dibalik Turkish Delight

Ada beberapa versi cerita menarik yang diduga kuat menjadi latar belakang terciptanya turkish delight. Salah satunya adalah kisah mengenai sang raja yang ingin memikat hati wanita melalui cita rasa makanan yang istimewa. Demi menarik hati pujaannya, sang raja memerintahkan koki istana untuk membuat menu hidangan penutup yang baru. Sehingga lahirlah turkish delight sebagai salah satu hidangan penutup yang begitu manis dan kaya rasa.

Versi cerita lainnya adalah tentang pria bernama Bekir yang hijrah ke Istanbul pada tahun 1776 dan mendirikan toko manisan di kota tersebut. Ide-ide kreatif Bekir sebagai ahli pembuat manisan mendorongnya untuk menciptakan turkish delight. Karena masyarakat Turki menyukai rasa manis, tak heran kalau turkish delight menjadi salah satu penganan yang sangat populer dan selalu diburu oleh masyarakat.

Di Turki, membungkus aneka turkish delight dengan saputangan yang cantik kemudian memberikannya pada lawan jenis yang kita sukai menjadi sebuah simbol cinta yang sangat istimewa.

Nah, kalau kamu berkesempatan untuk berlibur ke Turki, jangan lupa sempatkan untuk membawa turkish delight sebagai oleh-oleh ya, ladies. Bagikan cinta dengan pasangan, orangtua, sahabat, dan saudara lewat lembut dan gurihnya turkish delight yang begitu lezat.

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait