Foto 3 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan

3 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan

Apa yang tebersit di pikiranmu saat mendengar “rumput laut”? Mungkin langsung terbayang penganan sedap yang siap dilahap. Siapa sangka rumput laut bisa digunakan untuk merawat kulit?

Bagi sebagian orang, mungkin rumput laut hanya dikenal sebagai makanan yang lezat dan penuh gizi. Akan tetapi siapa sangka si hijau ini juga memiliki fungsi penyeimbang ekosistem laut dan juga mampu menyehatkan kulit? Ya, rumput laut ternyata mampu merawat kulit dengan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Apa saja sih manfaat si hijau rumput laut ini untuk kecantikan? Ini dia 3 manfaat rumput laut untuk kecantikan yang patut kamu ketahui!

Membasmi Jerawat

Kandungan komponen anti-inflamasi yang terkandung di dalam rumput laut ternyata memiliki dampak positif terhadap pengobatan jerawat. Seperti yang kita ketahui bersama, jerawat disebabkan oleh produksi sebum (minyak) yang sebenarnya mencegah kulit dari kekeringan. 

Nah, sementara itu, komedo adalah pembengkakan pada pori-pori kulit yang memerangkap minyak sehingga muncul blackhead atau whitehead hingga jerawat batu (cystic acne). 

Efek anti-inflamasi yang terkandung dalam rumput laut mampu meredakan bengkak pada jerawat. Selain itu, rumput laut juga dapat digunakan sebagai scrub alami (eksfoliasi) yang berfungsi mengangkat sel kulit mati yang sering menjadi penyebab pori-pori tersumbat.

BACA JUGA: 7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Detoksifikasi dan Meningkatkan Kinerja Kelenjar Tiroid

Bagi kamu para penggemar spa pastinya tahu bahwa mandi rumput laut sudah cukup umum dilakukan guna membersihkan dan mengangkat sel kulit mati pada kulit. Faktanya, ketika diaplikasikan pada tubuh, rumput laut mampu menarik kelebihan dan residu dari produk (sabun, losion, dll.) pada kulit. 

Rumput laut pun mampu berperan sebagai bahan pembersih sel kulit mati dan kotoran lainnya pada permukaan kulit. Hal ini karena rumput laut kaya akan Iodin, yang ternyata mampu meningkatkan kinerja fungsi kelenjar Tiroid. Kelenjar Tiroid selain memproduksi asam amino yang menyerap Iodin, ternyata juga menghasilkan senyawa kimia yang mengatur metabolisme dalam aliran darah. Senyawa kimia tersebut pun mampu meremajakan kulit.

Memperkuat Kulit Kepala

​Arame, atau lebih dikenal sebagai rumput laut cokelat, ternyata berfungsi memperkuat kulit kepala. Arame sendiri merupakan rumput laut yang sering digunakan pada masakan khas Jepang. 

Tidak hanya sedap disantap, Arame pun mampu memberi nutrisi pada kulit kepala dan helai rambut. Hal ini karena kandungan mineralnya yang mampu menutrisi helai rambut, serta saluran pada kulit kepala sehingga menguatkan rambut dan menyehatkannya.

BACA JUGA: Stop Rambut Rontok Sekarang Juga Dengan 3 Bahan Alami Ini!

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini