Foto 10 Penyebab Utama Kematian di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui!

10 Penyebab Utama Kematian di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Stroke ternyata menjadi penyebab kematian nomor 1 di Indonesia. Penyakit ini sering terjadi tiba-tiba dan bisa berakibat fatal. Apalagi penyebab kematian di Indonesia lainnya? Simak info berikut ini.

Sebuah survei berjudul Sample Registration Survei 2014 meneliti penyebab kematian di Indonesia. Survei tersebut merangkum 10 penyebab utama kematian di Indonesia dan dan telah dirilis oleh Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Sebanyak 41.590 kematian selama tahun 2014 dijadikan sebagai sampel survei yang dilakukan sesuai dengan standar WHO.

10 Peringkat Utama Penyebab Kematian Di Indonesia

Klik NEXT untuk mengetahui 10 peringkat utama penyebab kematian di indonesia:

# 1: Stroke

Penyakit stroke kali ini menempati urutan pertama penyebab kematian di Indonesia. Penyakit yang juga sering disebut dengan cerebrovascular disease ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah dan oksigen ke otak yang terjadi karena penyumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah yang menuju otak. Akibatnya, sel-sel otak rusak dan mati. Sebanyak 21,1% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit ini. Angka ini semakin meningkat dibandingkan dengan survei di tahun 1990-an yang menempatkan stroke di peringkat ke 4.

# 2: Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

Dua penyakit ini baru masuk di urutan kedua penyebab kematian di Indonesia sejak tahun 2014, dengan persentase sebesar 12,9%. Resiko terkena penyakit ini semakin besar dengan bertambahnya usia seseorang, terutama pada usia 65 sampai 74 tahun. Bahkan pada wanita, penyakit jantung lebih sering menyerang dibandingkan pada pria.

# 3: Komplikasi Diabetes Mellitus

Sebanyak 6,7% orang Indonesia meninggal karena penyakit ini, dan membuatnya bertengger di peringkat 3 sebagai penyebab utama kematian di Indonesia. Jumlah penderita diabetes saat ini sekitar 9,1 juta, dan diperkirakan akan terus merambat naik hingga mencapai angka 14,1 juta orang.

# 4: Tuberkulosis

5,7% kematian di Indonesia terjadi karena penyakit tuberkulosis atau TBC. Penyakit ini adalah penyakit yang dapat ditularkan secara langsung melalui cairan di mulut. Area yang memiliki penduduk dan pemukiman padat lebih riskan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab TBC.  

# 5: Komplikasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi menjadi urutan ke 5 dengan persentase 5,3%, hanya terpaut sedikit dari penyakit TBC. Komplikasi penyakit ini dapat berakibat fatal pada organ-organ lain, termasuk pembuluh darah ke otak, ginjal, perdarahan pada retina mata, dan bisa menyebabkan kelumpuhan.  

# 6: Penyakit Paru Kronik

Di peringkat 6 penyebab kematian di Indonesia adalah penyakit paru kronik dengan angka sebesar 4,9%. Yang termasuk di dalam penyakit ini antara adalah bronkitis kronik, emphysema, dan asma. Penyakit-penyakit tersebut sering ditemui pada perokok.

# 7: Penyakit Hati

Penyebab kematian di Indonesia yang berikutnya adalah penyakit hati atau sering disebut juga liver, dengan persentase sebanyak 2,7%. Diperkirakan jumlah penderita penyakit hepatitis di Indonesia adalah 28 juta orang, baik itu hepatitis B atau C.

# 8: Kecelakaan Lalu Lintas

Berbeda tipis dengan penyakit hati, kecelakaan lalu lintas berada di posisi ke 8 dengan angka 2,6% sebagai penyebab kematian di Indonesia saat ini.

# 9: Pneumonia

Dengan persentase 2,1%, pneumoia atau paru-paru basah menjadi penyebab kematian di Indonesia yang ke 9. Penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada paru-paru. Beberapa gejalanya adalah demam, batuk, pilek, napas pendek, nyeri dada, dahak, dan menggigil.

# 10: Diare Dan Gastroentritis

Meski terdengar sepele, diare dan gastroentritis terbukti bisa berakibat parah bila diabaikan. Penyakit ini bertengger di urutan ke 10 penyebab kematian di Indonesia dengan persentase 1,9%. Gejalanya adalah muntah, diare, dan kram perut.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini